Ruangan
Jan10

3 Langkah Praktis Menata Kamar Tidur Nyaman

Apakah anda ingin mempunyai kamar tidur yang nyaman ditempati? Sebagai ruangan istirahat, peran kamar tidur di rumah sangat penting. Ruangan ini akan memastikan seluruh penghuni rumah dapat merasakan kenyamanan selama tinggal di rumah tersebut.

Akan tetapi, untuk menata kamar tidur yang nyaman memerlukan persyaratan penting yang harus ditepati. Berikut ini selengkapnya.

1. Pastikan Kamar Tidur Tidak Terasa Bising

menata-kamar-tidur-nyaman.jpg

Kamar tidur yang nyaman memiliki suasana yang menangkan. Jika kamar terasa bising, tentu aktifitas tidur pun menjadi sulit. Akibatnya kualitas tidur anda terganggu dan produktifitas sehari-hari pun menurun.

Kebisingan di kamar tidur umumnya terjadi jika rumah terletak di lingkungan yang kerapkali ramai, seperti di tepi jalan, di samping lapangan atau taman, serta di sebelah tetangga yang arogan. Salah menentukan posisi kamar tidur pada denah rumah juga bisa menjadi biang keladinya. Misal letak kamar yang seharusnya berada di sudut yang sepi malah bersebelahan persis dengan area rawan ramai.

Kebanyakan orang mengatasi kebisingan di rumahnya dengan membangun pagar di sekeliling rumah berketinggian minimal 2 meter. Meskipun terbilang sangat ampuh menghalau berisik, namun rumah dengan pagar terlalu tinggi seringkali terlihat kurang ramah. Jika anda memiliki anggaran yang cukup, anda bisa memasang peredam suara di dalam kamar. Bisa juga menerapkan trik-trik mencegah suara bising yang pernah kami ulas secara mendalam di sini.

2. Sediakan Lampu Khusus untuk Tidur di Dalam Kamar

tips-menata-kamar-tidur-nyaman.jpg

Memang benar aktifitas di dalam kamar tidur tidak hanya tidur saja. Anda bisa melakukan berbagai hal menarik di ruangan ini, seperti melanjutkan pekerjaan kantor, membaca buku, menjelajah internet, melakukan penelitian, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dibutuhkan cahaya yang cukup terang agar aktifitas-aktifitas tadi bisa berjalan dengan lancar.

Hanya saja ketika sudah tiba waktunya untuk beristirahat, anda akan sulit memejamkan mata karena cahaya lampu yang terang akan terlihat silau. Di sinilah anda perlu lampu tidur yang khusus menemani mimpi anda dengan sinarnya yang lembut. Posisikan lampu tidur ini di samping tubuh anda agar semburat cahayanya saja yang bisa mengenai anda.

Beberapa ahli desain interior menyebutkan, untuk mewujudkan kamar tidur yang nyaman, anda harus mengembalikan fungsi awal ruangan ini seutuhnya yakni sebagai tempat tidur. Sebisa mungkin hindarilah menaruh ruang kerja dan barang-barang hobi di dalam kamar. Anda membutuhkan ruangan tersendiri untuk kegiatan tersebut agar tidak merusak waktu istirahat yang dimiliki.

3. Buat Suasana di Kamar Tidur Terasa Rileks

cara-menata-kamar-tidur-rileks.jpg

Untuk bisa tertidur dengan nyaman, anda membutuhkan suatu kamar tidur yang memiliki suasana rileks. Suasana seperti ini akan membantu anda memasuki tahapan-tahapan tidur dengan normal.

Untuk menyediakan ini semua, cobalah menaruh wewangian alami yang menenangkan ke dalam kamar. Setel juga beberapa alunan musik yang lembut untuk membuat anda merasa santai. Meminum teh hangat sebelum tidur juga dipercaya mampu memperbaiki mood anda menjadi lebih tenang.