Ruangan
Oct11

3 Langkah Mudah Hadirkan Ruang Keluarga yang Nyaman

Menghadirkan ruang keluarga yang nyaman merupakan salah satu langkah kecil untuk menciptakan suasana rumah yang harmonis. Ruang keluarga yang menarik tentu akan membuat seluruh penghuni rumah betah berkumpul di ruangan ini. Semakin sering frekuensi berkumpul keluarga, memungkinkan seluruh penghuninya akrab satu sama lain. Rumah pun jadi terasa lebih hidup.

Berikut ini tips-tips menciptakan kenyamanan di ruang keluarga :

1. Atur Sofa Menghadap Pintu Masuk

ruang-keluarga-nyaman.jpg

Sofa yang menghadap ke pintu masuk menyebabkan area duduknya terlihat, sehingga lebih mengundang. Pengaturan seperti ini juga memungkinkan seluruh penghuni ruangan dapat dengan mudah melihat siapapun yang hendak memasuki ruang keluarga.

Namun, pengaturan sofa-sofa ini tidak harus benar-benar ditata rapi menghadap ke pintu. Anda bebas menata sofa, baik menempelkannya ke dinding, menempatkan di tengah ruangan, atau mungkin menaruh sofa-sofa ini di salah satu pojok interior ruangan. Hanya saja, usahakan setiap orang yang duduk bisa melihat pintu dengan leluasa tanpa memutar badannya.

2. Hadirkan Focal Point yang Menarik

tips-ruang-keluarga-nyaman.jpg

Adanya focal point berguna untuk menarik minat seseorang agar memasuki suatu ruangan. Di ruang keluarga, focal point yang biasa dipakai adalah televisi. Perkembangan teknologi saat ini membuat televisi hadir dalam berbagai pilihan desain yang futuristik. Tak terkecuali pada acaranya juga sangat menarik untuk ditonton bersama-sama.

Focal point juga bisa dihadirkan dalam bentuk foto keluarga. Cobalah memasang foto berukuran besar yang berisi seluruh potret anggota keluarga. Kemudian, tambahkan beberapa foto kecil dengan momen yang unik dan diatur sedemikian rupa agar tampak dinamis.

3. Pastikan Suasananya Nyaman

inspirasi-ruang-keluarga-nyaman.jpg

Dua poin di atas tidak akan berguna jika ruang keluarga di rumah anda tidak terasa nyaman. Paling sederhana, kenyamanan bisa diwujudkan dengan menambahkan karpet ke dalam ruangan. Karpet yang tebal menjadikan permukaan lantai terasa hangat sehingga anak-anak lebih senang bermain di sana.

Pastikan juga ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Buat jendela yang berukuran cukup lebar dengan pengaturan yang tepat. Jika memungkinkan, tambahkan AC ke dalam ruang keluarga. Yang tak kalah penting adalah pengaturan pencahayaan juga perlu diperhatikan agar ruangan terlihat bersinar. Panduan mengatur pencahayaan rumah bisa anda temukan di sini.