Ruangan
Nov1

3 Langkah Ciptakan Ruang Makan yang Menyenangkan

Ingin memiliki ruang makan di rumah yang terasa menyenangkan? Pada hunian modern, fungsi ruang makan bukan hanya sekadar tempat untuk menyantap makanan saja, tetapi juga memiliki fungsi tambahan lainnya. Misalnya, sebagai tempat berdiskusi keluarga, baik obrolan yang bersifat santai maupun serius. Mengingat fungsinya yang sangat penting ini, anda perlu mendekorasi ruang makan yang bersifat fungsional, praktis, dan nyaman.

Berikut langkah-langkah menciptakan ruang makan yang terasa menyenangkan :

Langkah Pertama

ruang-makan-menyenangkan.jpg

Langkah pertama ini meliputi pemilihan meja makan dan kursi. Meja makan saat ini tersedia dalam beragam bentuk seperti persegi, persegi panjang, bundar, dan oval. Pada ruang makan yang dirancang untuk menitikberatkan kenyamanan, anda tidak perlu pusing memikirkan bentuk mana yang tepat. Hal terpenting justru terletak pada kapasitas meja tersebut. Pastikan meja mampu menampung seluruh hidangan yang tersaji, di mana semua anggota keluarga bisa mengitarinya. Hindari memilih meja dengan ornamen maupun menghias meja dengan centerpiece. Biarkan meja tampak alami apa adanya.

Sementara itu, kursi yang tepat untuk melengkapi meja sederhana adalah kursi dengan tampilan yang meriah agar terlihat mencolok. Kursi yang berwarna terang ini akan sangat serasi ketika disandingkan dengan meja makan anda. Pilihan lainnya, cobalah kursi berbahan akrilik. Permukaannya yang mengkilap membuat kursi ini tampak mewah dan mampu menghasilkan kesan ruangan yang lebih luas.

Langkah Kedua

desain-ruang-makan-menyenangkan.jpg

Pada langkah kedua ini, anda bisa mulai memilih warna cat dinding yang sesuai dengan tema ruang makan. Ingat, cat harus disesuaikan dengan warna perabotan, bukan malah sebaliknya.

Karena tujuan kita untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, maka cat bernuansa ceria akan sangat pas. Umumnya, cat ini dibentuk dari paduan warna dasar dengan warna netral. Anda bisa mengaplikasikan warna dasar pada satu bidang dinding, dan warna netral pada tiga dinding lainnya. Sebagai contoh, cobalah menerapkan jingga sebagai warna aksen dan krem sebagai warna dominasi.

Langkah Ketiga

inspirasi-ruang-makan-menyenangkan.jpg

Langkah terakhir ini adalah mengatur pencahayaan ruangan sehingga mampu menimbulkan suasana yang diinginkan. Hindari memakai hanya sebuah lampu saja yakni lampu utama, sebab area di bawahnya akan terlalu silau akibat anda memaksa lampu ini menyinari semua sudut ruangan. Sehingga suasana yang tercipta dari cahaya yang terlalu terang ini menjadi terasa memusingkan.

Cobalah lebih ekspresif dengan menambahkan lampu dinding dan lampu meja. Lampu kristal yang dipadu lampu dinding bercahaya temaram juga akan menghasilkan ruang makan yang sangat indah. Dengan cahaya yang tepat, suasana menyantap makanan dan berkumpul pun terasa menyenangkan.