Ruangan
Mar14

3 Ide Cara Menata Ruang Makan Secara Optimal

Bagaimana cara menata ruang makan secara optimal? Saat ini, ruang makan bukan hanya berfungsi sebagai ruangan untuk makan dan minum saja, tetapi juga sering menjadi ruangan untuk berkumpul keluarga. Oleh karena itu, suasana di dalamnya pun perlu diolah senyaman mungkin untuk mengoptimalkan peran tersebut. Lantas, bagaimakah cara menatanya?

cara-menata-ruang-makan.jpg

Ruang Makan di Rumah Mungil

Simak ide-ide mengoptimalkan fungsi ruang makan berikut ini :

  1. Untuk menata ruang makan yang menyatu dengan pantry, cobalah mendesain ruangan dengan prinsip pendekatan fungsi sehingga suasananya bisa mengalir dan lebih istimewa. Bayangkan, anda bisa berkumpul di meja makan sekaligus dapat melihat aktivitas di pantry dengan leluasa. Sebagai penyekat ruangan, kerapkali digunakan partisi berupa rak, mini bar, atau partisi visual seperti cat dan karpet.
  2. Untuk menata ruang makan di apartemen, anda bisa mengusung desain open plan. Hal ini bertujuan untuk mengatasi luas ruangan yang cukup terbatas, sehingga tidak diperlukan lagi partisi antar-ruang. Interior berkonsep open plan menolong anda dalam menciptakan ruang gerak yang cukup. Contohnya, anda bisa menyatukan ruang makan dengan dapur dan ruang tamu. Untuk mempertegas fungsi masing-masing ruangan, anda bisa memainkan tema yang berbeda-beda dari tiap ruang tersebut.
  3. Untuk menata ruang makan di rumah mungil, keterbatasan interior bisa diakali dengan menyatukan ruang makan dengan ruang keluarga. Furnitur bisa anda manfaatkan sebagai partisi ruangan. Sebagai contoh, sofa di ruang keluarga diletakkan menghadap ke televisi dan membelakangi ruang makan. Sebaliknya, kursi-kursi di ruang makan diatur sedemikian rupa agar tidak menghadap televisi. Dengan mengatur peletakan furnitur seperti ini, anda bisa mewujudkan ruangan yang berkesan luas dengan fungsinya masing-masing.

Mudah kan? Kini saatnya mencoba di rumah anda.