Ruangan
Jul20

3 Cara Menyulap Ruangan Kecil Terlihat Lebih Besar

Bagaimana cara menyulap ruangan kecil terlihat lebih besar? Salah satu kelebihan tinggal di rumah yang berukuran mungil adalah praktis. Kebersihan lingkungan menjadi gampang dijaga dan ruangan pun mudah sekali diatur. Akan tetapi, permasalahan tinggal di rumah yang kecil adalah ruangannya terasa sempit dan sesak.

cara-menyulap-ruangan-kecil-terlihat-besar.jpg

Ruangan yang Kecil

Untungnya, ada kiat-kiat tertentu yang dapat dilakukan supaya rumah sempit bisa terasa lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Kuncinya adalah memainkan warna, cahaya, dan komposisi ruangan. Bagaimana caranya? Berikut ini ide-ide dari Arafuru.com!

1. Aplikasikan Warna-warni yang Cerah

Warna-warni yang cerah merupakan teknik utama dari pengolahan desain ruangan berukuran kecil. Sifat warna cerah yang mampu memantulkan cahaya membuat interior rumah semakin terang. Pilihan warna seperti hijau pupus, kuning pastel, dan biru muda bisa menjadi salah satu pilihan untuk menciptakan kesan rumah yang terasa lebih luas.

2. Masukkan Furnitur yang Proporsional

Untuk ruangan yang berukuran kecil, anda bisa menyulapnya terasa luas dengan memasukkan furnitur-furnitur yang proporsional. Ketersediaan ruang kosong yang terlalu banyak malah akan menimbulkan ruangan begitu sempit. Sebaliknya, mebel yang proporsional sampai kebesaran akan menimbulkan efek ruang lebih besar dan bukan justru mempersempit ruangan dari sisi psikologis.

3. Terapkan Konsep Open Space

Pada rumah-rumah yang kecil, terutama apartemen, cobalah menerapkan konsep open space. Caranya hilangkanlah sekat di setiap ruangan. Jika anda tetap ingin membangun partisi, bangun partisi dengan ketinggian yang setengah. Opsi lain ganti partisi permanen tembok dengan partisi non-permanen seperti kaca, papan tulis, dan lemari.