10 Ide Brilian Membuat Dapur yang Ramah Lingkungan

Tren dapur ramah lingkungan kini semakin digemari. Desain dapur seperti ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan sekitar, tetapi juga memungkinkan kesehatan di ruangan tersebut terjamin.

Ide-ide berikut akan membantu anda membangun dapur rumah yang lebih ramah lingkungan :

1. Perabotan Berbahan Kayu Asli

Yang dimaksud kayu asli adalah kayu solid yang alami langsung dari pohon, bukan bentukan manusia. Berbeda dengan particle board dan kayu lapis, kayu asli ini sangat aman digunakan. Sebaliknya, kayu yang dibuat dengan tambahan bahan kimia lebih berbahaya dan sulit didaur ulang. Jika memungkinkan, akan lebih baik lagi bila produsen kayu tersebut bisa menjamin kayunya didapatkan dari cara yang legal.

2. Perangkat dengan Efisiensi Energi Tinggi

Perangkat elektronik yang bekerja secara efisien, otomatis akan menghemat pemakaian listrik di rumah anda. Alhasil, anda pun tidak turut membuang-buang daya listrik dengan percuma. Perangkat elektronik ini pun lebih ramah di kantong.

3. Buat Ventilasi Dapur yang Baik

Ventilasi ruangan akan mempengaruhi kualitas udara dan cahaya di dalam dapur. Udara yang terus mengalir akan menciptakan ruangan yang sejuk dan segar. Sehingga anda tak perlu menggunakan kipas angin dan AC lagi. Begitu juga dengan ruangan yang terang, dapur tidak membutuhkan sinar tambahan di siang hari.

4. Manfaatkan Pembersih Alami

Baking soda, lemon, dan cuka merupakan bahan pembersih alami yang ramah lingkungan. Kemampuan bahan-bahan ini dalam mengkilapkan dapur juga sudah terbukti. Jika ada kotoran yang membandel, jangan langsung membeli pembersih kimia, cukup gunakan bahan-bahan ini.

5. Perbaiki Sesegera Mungkin

Jika keran air di dapur anda mengalami kebocoran, perbaikilah segera. Jangan biarkan air tersebut menetes terus dan terbuang percuma. Jika dihitung-hitung, berapa banyak air yang akan anda buang setiap harinya?

6. Hindari Penggunaan Lantai Vinyl

Lantai vinyl dibuat dari campuran bijih plastik dan serat-serat yang tidak alami. Itu sebabnya, pemakaian lantai ini harus dihindari. Jika anda ingin tampilan desain yang mirip, cobalah lantai linoleum. Bedanya dengan lantai vinyl, lantai linoleum ini justru dibuat dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan.

7. Ganti dengan Lampu LED

Jika dapur anda masih menggunakan lampu konvensional biasa, kini saat yang tepat untuk menggantinya dengan lampu ramah lingkungan. Yap, lampu LED! Lampu LED ini bisa dikatakan ramah lingkungan karena mampu menggunakan energi secara efisien. Lampu ini juga memiliki tingkat pencahayaan yang sangat baik (mirip dengan sinar matahari) dan pastinya lebih awet.

8. Menyeleksi Sampah di Dapur

Sebagai tempat pengolahan makanan, dapur menghasilkan banyak sampah setiap harinya. Jangan biarkan sampah-sampah itu menumpuk di satu tempat saja. Pisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik. Dengan begini, anda lebih mudah untuk mendaur ulang baik sebagai pupuk maupun kerajinan tangan.

9. Lantai Bambu yang Terbaik

Di antara semua pilihan material untuk lantai dapur, kami sangat merekomendasikan lantai bambu. Kenapa? Bahan lantai bambu ini terbuat dari pohon bambu, yang mana memiliki tingkat pertumbuhan sangat cepat. Hasilnya, penggunaan bambu ini tidak akan merusak keseimbangan alam daripada bahan kayu. Pesona lantai bambu juga tidak kalah dengan lantai-lantai yang lainnya.

10. Cat Ramah Lingkungan

Yang tak kalah penting dari ide-ide sebelumnya adalah memastikan dapur anda diwarnai dengan cat ramah lingkungan. Bagaimana karakteristik cat ini? Secara mendasar cat ramah lingkungan adalah cat yang bebas dari kandungan senyawa VOC (Volatile Organic Compounds). Senyawa ini berbahaya karena bisa mengganggu sistem pernapasan manusia akibat bau yang dihasilkannya. Dalam jumlah yang besar, VOC juga sanggup merusak lapisan atmosfer yang menyelubungi bumi.