Properti
Jun4

Tips Membeli Rumah Saat Pameran untuk Orang Awam

Apakah anda sedang mencari tips membeli rumah saat pameran? Pameran properti merupakan waktu yang paling ideal untuk menemukan tempat tinggal idaman. Di ajang ini, anda sekeluarga bisa mendapatkan informasi tentang rumah yang tengah dijual secara lengkap. Tidak sedikit pula developer-developer yang biasanya menawarkan promo dan diskon menarik ketika mengikuti pameran, di mana ini merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan rumah berharga miring.

tips-membeli-rumah-saat-pameran.jpg

Ilustrasi

Pada umumnya, suatu pameran properti diikuti oleh puluhan developer dengan produk perumahannya masing-masing, mulai dari developer gurem hingga developer raksasa. Banyaknya pilihan rumah yang tersedia saat even pameran ini mungkin akan menimbulkan kebingungan tersendiri pada diri anda. Lantas, bagaimana sih tips-tips mencari dan membeli rumah yang tepat di pameran?

1. Sesuaikan Anggaran dengan Tipe Rumah

Dalam pameran, anda bisa menjumpai beragam pilihan tipe-tipe rumah yang dijual dengan harga sangat bervariasi. Semakin luas ukuran unit rumah tersebut, semakin tinggi pula bandrol yang dimiliki. Itu sebabnya, anda perlu menentukan anggaran sedari awal supaya dapat berfokus tipe hunian yang sesuai. Selalu berhati-hati saat melakukan transaksi, sebab tak jarang developer yang menawarkan uang muka rendah tetapi biaya angsurannya besar.

2. Pilih Lokasi yang Ideal

Apakah anda menginginkan rumah yang berada di dekat rumah orang tua, atau tidak jauh dari tempat kerja, atau rumah yang dikelilingi fasilitas-fasilitas umum? Disarankan jawab pertanyaan ini dengan matang terlebih dahulu sebelum anda mengunjungi pameran properti. Apabila anda tidak menentukannya dengan pasti, bukan tidak mungkin anda justru akan kebingungan dalam memilih lokasi rumah yang ideal dan sesuai kebutuhan.

3. Pilih Rumah Jadi atau Rumah Inden?

Di pameran, produk rumah ditawarkan dalam dua pilihan yaitu rumah jadi dan rumah inden. Rumah jadi adalah rumah yang bangunannya sudah didirikan, sedangkan rumah inden adalah rumah yang masih tahap perencanaan alias bangunannya belum didirikan. Keuntungan membeli rumah inden adalah biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada rumah jadi. Agar tidak tertipu, sebaiknya pembelian rumah inden dilakukan pada developer ternama sehingga uang anda lebih terjamin.

4. Telusuri Reputasi Para Developer

Beberapa hari sebelum mengunjungi pameran, direkomendasikan untuk mencari tahu informasi developer-developer yang mengikuti pameran tersebut. Telusuri rekam jejak para developer yang memberikan tawaran menarik dan mempunyai produk rumah sesuai kebutuhan anda. Dengan mengetahui daftar peserta pameran anda juga bisa langsung mengunjungi stan-stan developer yang bonafit.

5. Siapkan Berkas Dokumen Pendukung

Selama pameran, pembelian rumah dapat dilakukan baik secara tunai ataupun kredit. Jika anda tertarik menggunakan KPR, jangan lupa siapkan berkas dokumen kelengkapan syarat-syarat KPR sebelumnya. Hal ini tentu akan membantu anda dalam mendapatkan pengalaman transaksi jual beli properti yang nyaman.

6. Cari Bersama Pasangan

Apabila anda sudah berumahtangga, disarankan turut mengajak serta pasangan untuk mengunjungi pameran bersama-sama. Anda dan pasangan bisa saling berdiskusi untuk menemukan rumah yang paling tepat. Dengan ditemani pasangan, anda pun dapat saling mengingatkan supaya tidak tergoda dengan janji manis para developer.