Properti
Jun27

Tips Cedik dalam Menyewakan Apartemen Anda

Apakah Anda membutuhkan tips-tips dalam menyewakan apartemen? Di tahun 2016 ini diperkirakan tren pasar sewa properti akan tetap stabil. Bahkan seiring dengan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Indonesia, permintaan properti lokal diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Kenaikan tingkat hunian apartemen khususnya bakal naik hingga sebesar 2,8 persen.

Di Jakarta misalnya, sejumlah apartemen telah menunjukkan pencapaian yang positif terutama untuk jenis apartemen serviced dan kondominium. Progres tersebut tentu saja memengaruhi tarif sewa apartemen sehingga nilainya potensial sekal. Inilah waktu yang paling tepat bagi Anda untuk mulai ikut serta dalam mengolah lahan bisnis sewa-menyewa apartemen.

tips-menyewakan-apartemen.jpg

Ada enam tips yang bermanfaat dari Arafuru untuk Anda gunakan sebagai panduan dalam menyewakan apartemen pribadi :

Tips 1 : Perhitungan Biaya Sewa

Lakukan perhitungan biaya sewa apartemen dengan teliti dan hati-hati. Sesuaikan harga tersebut dengan biaya yang telah Anda keluarkan untuk hipotek, auransi, pemeliharaan, dan renovasi. Perhatikan juga prosentase kemungkinan kerusakan yang akan terjadi pada apartemen Anda selama masa sewa. Pastikan jumlah biaya-biaya ini tidak lebih tinggi dari biaya sewa sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup.

Tips 2 : Perhatikan Nilai Lokasi

Faktor yang paling menentukan biaya sewa sebetulnya adalah lokasi apartemen tersebut berada. Semakin strategis lokasinya, maka Anda bisa menetapkan biaya sewa yang lebih mahal daripada apartemen yang ada di lokasi tersembunyi. Lokasi yang bagus juga ditandai pada kelengkapan fasilitas publik di sekelilingnya dan tingkat pembangunan di daerah tersebut. Berdasarkan data-data ini, Anda bisa menentukan harga yang tepat menurut kestrategisannya.

Tips 3 : Tingkatkan Daya Tarik

Salah satu aspek yang dipertimbangkan oleh calon penyewa dalam memilih apartemen ialah suasana di dalamnya. Sebagai pemilik unit, Anda harus membuat suasana di apartemen pribadi tersebut sebagus mungkin. Pertimbangkan untuk melakukan renovasi di beberapa titik ruangan dan mengecat dinding memakai warna yang menarik sehingga unit Anda bisa memenangkan hati calon penyewa. Perlu diketahui, tren desain rumah saat ini adalah sebuah hunian yang bersifat ramah lingkungannya.

Tips 4 : Promosikan Lewat Beriklan

Sebagai investor apartemen pemula, tentunya Anda harus memasang iklan untuk mempromosikan unit yang akan disewakan. Pilih media yang tepat untuk memasang iklan Anda, serta gunakan kata-kata yang menarik dan informatif. Jangan lupa lampirkan pula gambar-gambar yang dapat menunjukkan spesifikasi apartemen tersebut dengan jelas. Terangkan fitur-fitur yang dimiliki apartemen dan benefit-benefit tambahan lainnya.

Tips 5 : Bantuan Agen Properti

Terkadang agen properti dapat memasang harga sewa yang lebih tinggi dari nominal yang Anda inginkan. Mereka pun bisa menemukan calon penyewa dalam waktu yang relatif lebih cepat. Agen properti juga sanggup membantu Anda dalam mengelola bisnis unit-unit apartemen kepunyaan Anda secara profesional. Meskipun ada biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan jika ingin menggunakan jasa dari agen properti, tetapi keuntungan waktu, biaya, tenaga, dan pikiran yang Anda dapatkan sebanding dengan nominal rupiah yang harus dikeluarkan.

Tips 6 : Pahami Hak dan Kewajiban

Sebagai pemilik apartemen sewaan, Anda wajib memahami hak dan kewajiban supaya kepentingan Anda tersebut dapat terjamin secara hukum. Buatlah surat perjanjian sewa yang berisi persyaratan dan kondisi tentang harga sewa, denda untuk keterlambatan pembayaran, jangka waktu penyewaan, nominal uang jaminan, dan tata cara yang ditempuh bila terjadi perselisihan. Secara umum, Anda sebagai pemilik bertanggung jawab untuk memperbaiki dan memelihara unit apartemen, sedangkan penyewa bertanggung jawab dalam menjaganya supaya tetap bersih dan aman.

Pada umumnya, harga sewa apartemen berkisar antara 8-15% per tahun dari harga apartemen tersebut. Sebagai contoh, harga apartemen Anda saat ini sebesar Rp 850 juta, maka harga sewa per tahunnya kurang lebih Rp 85 juta. Jika ingin disewakan secara bulanan, angka tadi cukup dibagi 12 saja. Ada baiknya Anda mencari tahu berapa harga sewa unit-unit apartemen di sekeliling unit Anda sehingga harga yang ditetapkan akan terlihat masuk akal.