Properti
Jun16

Terbaru! Ini 5 Kota dengan Harga Tanah Termahal di Indonesia

Penasaran di mana kota-kota di Indonesia yang memiliki harga tanah termahal? Setiap tahunnya, hampir bisa dipastikan kalau harga tanah di Indonesia selalu mengalami peningkatan. Beberapa tempat memiliki tingkat kenaikan harga yang cenderung melambat, namun tidak sedikit juga daerah-daerah dengan peningkatan harga yang sangat drastis, khususnya di kota-kota besar semacam ibukota propinsi dan kota berkemajuan pesat.

harga-tanah-termahal-di-indonesia.jpg

Ilustrasi

Pada umumnya, kenaikan harga tanah yang terjadi di kota-kota besar disebabkan oleh kemajuan tingkat ekonomi di kota tersebut. Pembangunan properti yang semakin banyak misalnya dapat memicu lonjakan harga yang selangit. Begitu pula jika pasokan lahan di pusat bisnis dan pemerintahan semakin terbatas, akibatnya harga tanah di sekitarnya terus melonjak. Tak ketinggalan, faktor lain yang turut mempengaruhi peningkatkan harga tanah di kota-kota besar adalah kemudahan aksesibilitas.

Namun dari sekian banyak kota-kota yang ada di Indonesia, setidaknya terdapat 5 kota dengan harga rata-rata tanah termahal. Di mana saja?

No 1. Jakarta

Sebagai ibukota Negara Indonesia, sudah pasti Jakarta merupakan tempat paling ideal untuk dihuni di Nusantara. Kota ini menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat bisnis bernilai triliunan. Harga paling tinggi tanah di sini diraih oleh Jakarta Pusat dengan nilai Rp25 juta/m2 yang disusul oleh Jakarta Utara sebesar Rp23 juta/m2. Sedangkan, harga tanah di Jakarta Selatan sebagai pusat perumahan elit mencapai Rp14,2 juta/m2. Lain lagi dengan Jakarta Barat dan Jakarta Timur, di mana harga rata-rata tanahnya masing-masing adalah Rp13,5 juta/m2 dan Rp5,3 juta/m2.

No 2. Surabaya

Seperti kita ketahui, Surabaya adalah kota tersibuk kedua di Indonesia setelah Jakarta. Begitupun harga tanah di ibukota Jawa Timur ini merupakan yang paling tinggi di luar Jakarta dibandingkan kota-kota besar lainnya. Hal ini tidak lain karena harga rata-rata tanah per meter persegi di kota ini mencapai sekitar Rp10 juta.

No 3. Tangerang Selatan

Sebenarnya, tidak terlalu mengejutkan bila harga tanah di Tangerang Selatan menduduki peringkat ketiga sebagai kota yang memiliki tanah termahal. Terang saja, karena bandrol rata-rata tanah di bagian selatan dari Tangerah ini menyentuh level Rp8,5 juta/m2. Melonjaknya harga tanah di Tangerang Selatan secara pesat terutama disebabkan oleh peningkatan laju ekonomi, kemudahan aksesibilitas, dan kenyamanan daerah. Di samping itu, cukup banyak warga sekitar yang menjadikan Tangerang Selatan sebagai alternatif lokasi hunian idaman.

No 4. Denpasar

Denpasar merupakan ibukota Provinsi Bali yang tersohor akan panorama wisatanya sampai dunia. Jadi, jangan heran kalau harga tanah di kota ini sangat mahal sebab banyak sekali orang yang menginginkan bisa tinggal di Denpasar. Apalagi jika mereka berhasil mendapatkan pemandangan yang menarik, sudah pasti harganya bakal melambung tinggi. Di Denpasar, harga rata-rata tanah adalah Rp7,5 juta/m2.

No 5. Bandung

Bandung sering dijuluki sebagai Kota Kembang. Hal ini dikarenakan pemandangan di ibukota Jawa Barat ini masih terjaga keasriannya. Bahkan, kini pemerintah setempat pun sedang menggalakkan pembuatan taman-taman di tengah kota yang tentu bakal semakin mengerek harga tanah di kota ini. Perlu diketahui, harga terbaru tanah di Bandung rata-ratanya berkisar Rp4,5 juta/m2.