Perbedaan Resort, Villa, Hotel, Losmen, Motel, dan sebagainya

Kita membutuhkan tempat penginapan ketika melakukan perjalanan jauh ke suatu tempat. Memang benar kalau kita bisa tidur di dalam kendaraan, tetapi rasanya pasti sangat-sangat tidak nyaman. Tubuh Anda tidak bisa berbaring dengan sempurna di atas jok mengingat ukurannya yang sempit. Pasti otot-otot di tubuh akan merasa sakit apabila dipaksakan. Belum lagi soal keamanannya yang sangat tidak terjamin.

Beruntung karena saat ini sudah banyak pilihan tempat penginapan yang bisa kita temukan dengan mudah di Indonesia. Tidak hanya di daerah perkotaan, bahkan tempat terpencil yang sering dikunjungi orang-orang sebab mempunyai tempat wisata yang menarik pun sudah banyak tempat penginapan yang tersedia. Keadaan ini tentu sangat menguntungkan kita jika hendak bepergian ke suatu tempat selama berhari-hari.

jenis-jenis-tempat-penginapan.jpg

Kebanyakan orang tahunya tempat penginapan itu cuma hotel. Namun faktanya adalah ada banyak jenis-jenis tempat penginapan lainnya loh. Misalnya seperti resort, villa, losmen, motel, dan lain sebagainya. Masing-masing tempat penginapan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jadi Anda bisa memilih sesuka hati ingin menginap di tempat yang mana. Silakan pilih sendiri sesuai selera dan kebutuhan.

Berikut ini jenis-jenis tempat penginapan yang banyak tersedia di Indonesia, antara lain :

  1. Resort

Resort adalah tempat penginapan yang dibangun di daerah-daerah yang mempunyai pemandangan alam yang indah. Jadi syarat utama resort yaitu memiliki panorama alam yang indah di sekelilingnya. Contohnya di pesisir pantai, danau, lembah, atau pegunungan. Resort juga wajib dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk rekreasi seperti kolam renang, taman bermain, lapangan olahraga, dan lain-lain. Kebanyakan resort dibangun dengan mengusung konsep tradisional dan artistik.

  1. Villa

Villa merupakan tempat penginapan berbentuk satu rumah utuh. Berbeda dengan hotel yang memungkinkan Anda boleh menyewa satu kamar saja, penyewa villa harus menyewa seluruh bangunan. Anda yang pergi beramai-ramai tentunya sangat cocok jika memilih villa. Harga sewanya yang tampak mahal akan terasa lebih ringan manakala patungan dengan keluarga atau teman. Bangunan villa umumnya dibuat di daerah yang berdekatan dengan tempat wisata.

  1. Hotel

Hotel ialah bangunan yang berfungsi sebagai tempat penginapan bagi seseorang atau kelompok orang tertentu. Pelayanan dan fasilitas di hotel sudah memiliki standar tertentu yang dikelola untuk tujuan komersial. Perlu diketahui, harga sewa hotel tidak hanya untuk kamar tidurnya saja, tetapi juga mencakup fasilitas, pelayanan, serta makanan yang Anda dapatkan. Jadi wajar bila harganya terlihat mahal. Semakin mewah standar yang dimiliki oleh hotel, maka semakin naik pula kelasnya. Kelas hotel dinyatakan dengan simbol bintang, mulai dari bintang 1 sampai bintang 5.

  1. Hostel

Hostel dibuat sebagai alternatif hotel dengan harga sewa yang jauh lebih murah. Persamaan antara hotel dan hostel hanya sebatas pada keduanya sama-sama termasuk tempat penginapan. Sedangkan perbedaannya ada banyak sekali, terutama soal kualitas pelayanan dan fasilitas yang Anda dapatkan. Bisa dibilang hostel ini mirip seperti asrama. Setiap kamar tidur mempunyai 6-8 tempat tidur sehingga Anda akan tidur beramai-ramai. Hostel menjadi pilihan yang paling tepat sebagai tempat penginapan untuk teman satu organisasi.

  1. Guest House

Guest house atau rumah tamu merupakan pilihan tempat penginapan yang baru berkembang akhir-akhir ini. Boleh dibilang guest house ini mirip seperti rumah kost tetapi pengunjung boleh menyewa kamar hanya untuk satu hari saja. Tentu saja guest house ini menjadi pilihan utama para backpacker untuk menginap. Faktanya tidak sedikit loh guest house yang memiliki standar pelayanan layaknya hotel. Beberapa bahkan ada juga yang menyediakan sarapan dan fasilitas pendukung.

  1. Hotel Melati

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, hotel sudah memiliki standarisasi tentang fasilitas dan pelayanannya. Suatu tempat penginapan tidak bisa seenaknya menyebut dirinya sebagai hotel. Harus ada penguji yang mengeceknya. Apabila tempat tersebut tidak lolos kualifikasi, maka biasanya akan menjelma menjadi hotel melati. Hotel melati adalah hotel yang memiliki bintang 0. Kelebihan dari hotel ini yaitu mempunyai harga sewa yang lebih murah daripada hotel, tetapi fasilitasnya sudah cukup mumpuni. Di dalam kamar hotel melati biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas standar seperti televisi, AC, dan kamar mandi dalam.

  1. Losmen

Jika suatu saat Anda ingin menginap di suatu tempat hanya untuk tidur saja, kami sarankan pilihlah losmen. Yap, losmen merupakan tempat penginapan yang paling standar. Tidak ada fasilitas apapun di dalamnya selain tempat tidur saja. Tidak ada AC, televisi, atau fasilitas lainnya di losmen. Ukuran kamar tidurnya pun tidak terlalu besar. Hanya pas untuk berbaring saja. Namun dengan tempatnya yang serba minim tadi, losmen memiliki kelebihan pada harga sewanya yang paling murah.

  1. Motel

Motel merupakan singkatan dari motor hotel. Artinya motel ialah tempat penginapan yang menghubungkan dua tempat atau lebih. Bahasa kasarnya adalah motel ini adalah tempat penginapan yang dibangun di daerah perbatasan. Motel umumnya ditujukan sebagai tempat menginap bagi para sopir kendaraan yang ingin beristirahat. Itulah sebabnya, bangunan motel biasanya didirikan di dekat jalan tol serta mempunyai lahan parkir yang cukup luas.