Kesalahan-kesalahan dalam Mendesain Rumah

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pemula saat mendesain rumah. Selera saja sebenarnya tidak cukup untuk membuat desain interior rumah yang bagus. Anda juga membutuhkan daya kreativitas dan kemampuan yang mumpuni. Itu sebabnya latihan,keterampilan, dan keterampilan perlu diasah secara terus-menerus agar kian meningkat.

Sayangnya tidak sedikit orang yang tidak mengetahui akan hal ini. Mereka asal-asalan saat dalam mendekorasi suasana rumahnya. Beberapa bahkan melakukannya dengan meniru begitu saja inspirasi gambar desain rumah yang sudah didapatkan dari internet. Tentu hasilnya dapat ditebak yaitu desain yang terbentuk tampak umum, biasa, dan terasa datar. Rumah pun tidak menunjukkan jati diri Anda yang sesungguhnya.

kesalahan-mendesain-interior-rumah.jpg

Di bawah ini daftar kesalahan-kesalahan yang sering dibuat saat mendesain rumah!

  1. Meniru Persis Contoh Desain

Inspirasi diperlukan untuk memunculkan ide-ide desain baru yang lebih fresh. Sayangnya sejumlah orang langsung terpukau dengan gambar inspirasi dan tidak percaya diri lagi untuk berkreasi. Akibatnya mereka pun mengcopy-paste gambar tersebut untuk dijadikan desain rumahnya. Hal ini memang membuat rumah tampak bagus, tetapi sama sekali tidak bernyawa karena tidak mengandung karakter pemiliknya.

  1. Meletakkan Furniture Seenaknya

Jika Anda perhatikan dengan seksama, beberapa gambar rumah menampilkan suatu desain interior yang tampak unik karna layout-nya berbeda dari biasanya. Misalnya lemari ditaruh di tengah ruangan, meja diisi vas yang begitu besar, atau sofa yang diletakkan di sudut-sudut ruangan. Iya sih penataan seperti itu membuat interior terlihat cantik dan menarik. Tapi coba deh berada di dalamnya, dijamin pasti rasanya tidak nyaman.

  1. Hemat Sampai Kelewat Pelit

Semua orang memang wajib menghemat pemakaian listrik di rumahnya. Namun Anda jangan terlalu berlebihan dalam berhemat sampai terlihat pelit dan menyusahkan diri sendiri. Contoh perilaku hemat yang tidak tepat ialah hanya menggunakan sebuah lampu untuk setiap ruangan. Hal ini berakibat penyebaran cahaya menjadi tidak rata, terlalu silau atau terlalu gelap.

  1. Memasang Hiasan Dinding Ketinggian

Hiasan dinding terbukti mampu memberikan isi pada sebuah ruangan sehingga suasananya menjadi tidak membosankan. Namun yang perlu Anda ketahui adalah terdapat beberapa aturan dalam memasang hiasan dinding, termasuk soal penempatannya. Sayangnya banyak orang yang mengabaikan aturan ini. Sebagai contoh, menggantung hiasan terlalu tinggi akan menyebabkan keberadaannya tidak terlalu jelas.

  1. Lupa Jati Diri Sendiri

Rumah Anda adalah tempat yang paling Anda kuasai. Anda bebas berkreasi semaunya tanpa harus selalu memperdulikan apa kata orang. Tapi kadang-kadang orang yang baru saja belajar desain merasa kurang percaya diri. Contohnya saat hendak membeli furniture lalu Anda meminta saran orang lain, Anda justru membeli furniture pilihan orang lain daripada furniture yang sudah dipilih sebelumnya.