Properti
Dec9

Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Loft

Apakah kelebihan-kelebihan dari apartemen loft? Apa pula kekurangan-kekurangan dari apartemen loft tersebut? Apartemen adalah tempat tinggal yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah. Sama seperti rumah, apartemen mempunyai kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya. Apartemen juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang meliputi kolam renang, pusat kebugaran, toko, dan lain-lain.

Pada umumnya, unit-unit di dalam apartemen dibuat dengan ukuran luas yang tidak seberapa. Bahkan unit apartemen tipe studio memiliki ukuran yang sangat sempit. Berbeda dengan unit apartemen tipe loft, unit ini terdiri atas beberapa tingkat di dalamnya. Posisi langit-langit di dalamnya pun lebih tinggi. Maka tak heran, ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk mempunyai unit loft tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli unit apartemen yang bertipe loft, alangkah bijaknya jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan unit ini terlebih dahulu.

kelebihan-kekurangan-apartemen-loft.jpg

Berikut ini sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh unit apartemen yang bertipe loft :

  1. Memiliki Ukuran yang Lebih Luas

Faktanya ukuran unit loft jauh lebih luas dibandingkan dengan unit-unit yang ada di apartemen kebanyakan. Selain ukurannya lebih besar, unit ini juga dibangun dengan ukuran yang lebih tinggi. Lumrahnya setiap unit loft terdiri atas lebih dari satu lantai. Hal ini tentu cocok sekali untuk mendukung kenyamanan Anda.

  1. Posisi Langit-langit Lebih Tinggi

Kelebihan kedua dari unit loft ialah posisi langit-langit di dalam ruangan lebih tinggi daripada biasanya. Rata-rata langit-langit pada unit loft ini dibuat di ketinggian 4-7 m di atas permukaan lantai ruangan. Dengan begini, suasa ruangan pun akan terasa semakin lega.

  1. Penuh dengan Sinar Matahari

Salah satu kekurangan apartemen ialah jangkauan sinar matahari menjadi terbatas. Padahal sinar alami ini sangat dibutuhkan oleh manusia untuk mendukung pertumbuhannya. Dengan memilih unit loft, Anda tetap bisa merasakan sinar matahari di dalam ruangan. Penggunaan listrik pada siang hari pun dapat dihemat karena tidak perlu menyalakan lampu lagi.

  1. Desain Interior Sesuka Hati

Kebanyakan unti loft dirancang dengan ruangan yang berbentuk terbuka dan minim sekat. Ini artinya Anda bisa menata kembali ruangan tersebut sesuai dengan keinginan dan selera pribadi. Dengan adanya ruang kosong yang cukup banyak, Anda bebas mengekspresikan diri sendiri pada pengaturan layout ruangan.

Sementara itu, unit apartemen yang bertipe loft pun tidak luput dari kekurangan yang meliputi :

  1. Suasananya Terasa Lebih Bising

Secara prinsip, unit loft sebenarnya adalah satu ruangan yang dibentuk menjadi dua lantai. Akibatnya suara yang timbul akan cenderung bergema ke seluruh penjuru ruangan. Hal ini menyebabkan munculnya suasana yang bising dan tidak menenangkan. Solusinya Anda bisa mengaplikasikan cara mengatasi gema dan gaung.

  1. Minim Sarana dan Prasarana Pendukung

Pada saat Anda membeli suatu unit apartemen biasanya Anda juga akan mendapatkan berbagai perabotan di dalamnya. Hal ini tidak jauh berbeda dengan pembelian unit loft. Hanya saja unit loft sengaja menyediakan ruang kosong dalam jumlah yang cukup banyak sebagai media Anda untuk berekspresi dan menyalurkan bakat dekorasi yang terpendam.

  1. Biaya Renovasinya Lebih Mahal

Ukurannya yang lebih besar daripada unit apartemen pada umumnya menjadikan biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi unit ini jauh lebih mahal. Biaya tersebut akan semakin mahal apabila Anda lebih banyak menggunakan produk kostum dibandingkan dengan produk standar yang umum dijual di pasar.