Jenis-jenis Apartemen, Fungsi, dan Ruangannya

Apartemen menjadi salah satu tempat tinggal alternatif terutama di lingkungan perkotaan. Kelebihan utamanya yaitu penghuni apartemen tidak perlu terlalu repot merawat unitnya sebab pihak manajemen apartemen akan membantu mengurusinya. Selain itu, apartemen biasanya dibanderol dengan harga yang lebih rendah dibandingkan rumah tapak. Bentuk bangunannya yang berupa gedung bertingkat memungkinkan developer untuk menjualnya lebih murah.

Bagi Anda yang tertarik untuk tinggal di apartemen, kami sarankan Anda mempelajari apa itu apartemen terlebih dahulu. Cari tahu pula seluk-beluk tentang apartemen secara lengkap. Bahwa apartemen berbeda dengan rumah susun. Tak semua apartemen itu sama. Apartemen juga terdiri atas beragam jenis. Anda harus bisa mengenalinya dengan baik sehingga ketika ingin membelinya nanti, maka Anda bisa memilih jenis apartemen yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

jenis-jenis-apartemen.jpg

Jenis-jenis apartemen menurut sistem kepemilikan, antara lain :

  1. Sistem Milik (Kondominium) adalah apartemen yang memungkinkan penghuni bisa memiliki unit apartemen yang ditempatinya di bawah hipotik yang terpisah. Sedangkan ruangan publik seperti koridor, taman, kolam renang, pusat kebugaran, dan lain-lain dimiliki secara bersama-sama. Di sini penghuni tersebut bebas apakah mau menempati unitnya sendiri atau menyewakannya ke orang lain.
  2. Sistem Koperasi (Cooperative) adalah apartemen yang dimiliki oleh penghuni yang sekaligus menjadi anggota dari koperasi/organisasi tertentu. Penghuni tersebut juga harus mempunyai saham kepemilikan di dalam koperasi, organisasi, atau perusahaan yang telah ditetapkan.
  3. Sistem Sewa (Rented Project) adalah apartemen yang disewakan secara periodik. Baik itu dihitung per bulan atau tahun. Hanya pengelola apartemen yang memiliki secara utuh semua unit di dalam apartemen tersebut. Penghuni unit sebatas penyewa. Oleh sebab itu, pemeliharaan dan perawatan unit apartemen menjadi tanggung jawab pihak manajemen apartemen sepenuhnya.

Jenis-jenis apartemen berdasarkan penyusunan lantai, yaitu :

  1. Simpleks adalah apartemen yang memiliki satu tipe unit yang sama di setiap lantainya.
  2. Dupleks adalah apartemen yang mempunyai satu tipe unit yang sama di setiap dua lantainya.
  3. Tripleks adalah apartemen yang memiliki satu tipe unit yang sama di setiap tiga lantainya.

Jenis-jenis apartemen menurut peruntukannya, meliputi :

  1. Apartemen untuk Buruh adalah apartemen yang dibuat secara khusus untuk dipakai oleh para buruh industri. Umumnya apartemen ini memiliki standar perencanaan ekonomi, perlindungan privacy, dan fasilitas yang minimalis.
  2. Apartemen untuk Instansi Pemerintah adalah apartemen yang dikhususkan bagi para pegawai di lembaga-lembaga pemerintahan. Apartemen ini dibangun dengan standar perencanaan tergantung pada taraf sosial ekonomi pegawai tersebut.
  3. Apartemen untuk Dijual atau Disewakan adalah apartemen yang sengaja dibuat untuk dijual atau disewakan kepada orang lain, selain buruh dan pegawai pemerintahan. Tujuan utamanya yaitu membantu pemerintah dalam pengadaan perumahan bagi masyarakat. Selain itu, apartemen ini juga sering kali dibuat dengan tujuan komersial.

Jenis-jenis apartemen berdasarkan jumlah ruangan di setiap unit, di antaranya :

  1. Apartemen yang memiliki 1 kamar tidur disebut studio.
  2. Apartemen yang mempunyai 2 kamar tidur.
  3. Apartemen dengan 3 kamar tidur.
  4. Apartemen yang memiliki 4 kamar tidur disebut penthouse.

Jenis-jenis apartemen menurut model dan ukurannya, antara lain :

  1. Apartemen Studio

Apartemen studio adalah apartemen yang hanya memiliki satu ruangan di dalam unit. Jadi ruang tamu, kamar tidur, dan dapur menjadi satu. Sedangkan untuk kamar madi hanya ditutup menggunakan partisi. Biasanya ukuran apartemen studio ini tidak lebih dari 30 m2.

  1. Apartemen Alcove

Apartemen alcove adalah apartemen yang memiliki yang mirip seperti apartemen tipe studio. Perbedaannya hanya pada bentuknya. Unit apartemen alcove memiliki bentuk L. Ruangan kecil di paling ujung umumnya dimanfaatkan sebagai kamar tidur.

  1. Apartemen Convertible

Apartemen convertible memiliki ukuran yang lebih luas daripada apartemen studio. Hal ini membuat suasana di dalamnya terasa lebih lega. Bahkan Anda masih bisa memasang partisi tambahan untuk menutupi kamar tidur agar privasinya lebih terjaga.

  1. Apartemen Junior 1 Bedroom

Ini merupakan apartemen yang dilengkapi dengan sebuah kamar tidur. Ada satu kamar tidur yang terpisah dari ruangan utamanya. Oleh karena itu, apartemen junior 1 bedroom cocok sekali digunakan oleh Anda yang sudah berkeluarga.

  1. Apartemen 2 Bedroom

Sesuai namanya, apartemen ini mempunyai dua buah kamar tidur. Maka tak heran tipe apartemen banyak diminati oleh mereka yang sudah berkeluarga dengan 1 atau 2 orang anak. Tersedianya 2 kamar tidur membuat suasana di dalamnya seperti rumah biasa.

  1. Apartemen Duplex atau Triplex

Anda yang menginginkan unit apartemen yang memiliki 2 atau 3 lantai bisa membeli unit dengan tipe duplex atau triplex. Apartemen duplex adalah apartemen yang memiliki dua lantai. Sedangkan apartemen triplex mempunyai 3 lantai. Biasanya lantai 2 dan 3 dimanfaatkan sebagai kamar tidur. Khusus untuk apartemen triplex memiliki kamar mandi di setiap lantainya.

  1. Apartemen Loft

Sekilas apartemen tipe loft ini mirip seperti apartemen tipe studio. Apartemen ini hanya mempunyai satu ruangan saja. Bedanya yaitu ukuran apartemen loft sangat besar. Ukuran plafonnya pun tinggi sehingga membuat kondisi di dalamnya terasa lega. Yang khas lainnya yaitu apartemen loft selalu dilengkapi loteng yang dimanfaatkan sebagai kamar tidur.

  1. Apartemen Classic Six

Apartemen classic six memanfaatkan bangunan tua yang masih kokoh untuk disulap sedemikian rupa menjadi apartemen yang aman dan nyaman. Nuansa klasik menjadi karakteristik utama dari apartemen tipe ini. Umumnya apartemen classic six menawarkan unit yang ukurannya luas dilengkapi 3 kamar tidur dan 1 dapur.

  1. Apartemen Railroad

Apartemen railroad ini memiliki ruangan yang unik. Bagaimana tidak? Lorong menjadi kekhasan utamanya. Lorong ini terbentuk dari 3-4 kamar tidur yang diletakkan secara berdampingan.

  1. Apartemen Garden

Unit apartemen ini selalu berada di lantai yang paling dasar atau bahkan basement. Ciri-cirinya yaitu apartemen ini dilengkapi dengan jendela yang berbatasan langsung dengan taman. Jadi penghuni apartemen garden akan merasa lebih puas dalam menikmati fasilitas taman yang tersedia.