Properti
Aug19

Ini Macam-macam Loster untuk Ventilasi Rumah

Ingin mengetahui macam-macam loster untuk rumah tinggal? Loster adalah material bangunan yang digunakan untuk ventilasi. Wujudnya yang memiliki lubang memungkinkan loster bisa menjadi jalur keluar masuk udara. Loster merupakan alternatif ventilasi selain pintu dan jendela.

macam-macam-loster.jpg

Macam-macam Loster

Perkembangan dunia arsitek dan desain interior melahirkan bermacam-macam loster. Mulai dari loster yang memiliki model biasa sampai dengan loster yang berbentuk dekoratif. Bahan loster pun kini juga beragam. Sebut saja loster beton, loster kayu, dan loster keramik.

Yuk, kita ulas berbagai macam loster beserta kelebihan dan kekurangannya!

1. Loster Beton

Loster beton adalah loster yang terbuat dari beton, yakni campuran antara semen dan pasir. Harga loster ini relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan-bahan yang lainnya. Kualitas loster beton dibedakan menurut tingkat kekasaran permukaannya, dari yang bertekstur kasar sampai halus. Agar tampak lebih menarik, loster beton bisa dipoles dengan finishing berupa cat dinding.

2. Loster Kayu

Loster kayu adalah loster yang terbuat dari kayu. Saat ini, loster kayu tengah menjadi tren di Indonesia berkat model dan bentuk yang dimilikinya. Loster ini memiliki pesona natural alami yang dapat diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya modern, minimalis, klasik, dan tradisional. Paling bagus, tampilan loster kayu bisa dihiasi dengan cat kayu, pelitur, dan melamin.

3. Loster Keramik

Loster keramik dibandrol dengan harga yang paling mahal dibandingkan dengan loster-loster lainnya. Sesuai namanya, loster ini terbuat dari material keramik. Biasanya loster keramik dipasang di rumah-rumah yang berdesain klasik, etnik, dan mewah. Loster keramik memiliki pilihan warna, corak, dan bentuk yang terbilang banyak. Karena sudah terlihat indah, loster ini tidak perlu di-furnish kembali.

Selain ketiga jenis loster di atas, sebenarnya masyarakat Indonesia sudah lama mengenal loster tanpa pengisi. Loster tanpa pengisi adalah loster yang sengaja dibuat dengan melubangi dinding sebagai ventilasi. Loster ini banyak digunakan dalam rumah-rumah berkonsep tradisional karena paling hemat sebab tidak dibutuhkan material tambahan lagi.