Properti
Jul22

Ini Kuncinya agar Rumah Terasa Menyenangkan

Bagaimana caranya agar rumah terasa menyenangkan? Sebagai tempat tinggal, rumah adalah bangunan yang dipakai untuk berkumpul bersama dengan keluarga tercinta. Itulah sebabnya rumah harus dibuat senyaman dan semenyenangkan mungkin agar seluruh penghuninya merasa betah tinggal di rumah tersebut. Tahukah anda, suasana di dalam rumah akan berpengaruh besar terhadap kualitas hidup anda sekeluarga?

tips-agar-rumah-terasa-menyenangkan.jpg

Rumah yang Menyenangkan

Tinggal di rumah yang damai, aman, nyaman, dan tentram adalah idaman semua orang. Rumah yang menyenangkan dan mampu merelaksasi pikiran setelah seharian penuh berjibaku dengan kegiatan yang sarat kepenatan dan ketegangan. Lalu, bagaimana caranya agar rumah terasa lebih menyenangkan? Berikut ini beberapa tips sederhana yang patut anda coba di rumah!

1. Pajang Benda-benda Penuh Kenangan Bahagia

Sejatinya, rumah merupakan tempat yang paling membahagiakan di dunia. Rahasia dari kebahagiaan tersebut terletak pada kenangan-kenangan yang terekam di otak. Jadi, cobalah memajang benda-benda yang pernah menimbulkan memori indah dan membuat anda tersenyum. Sebagai contoh foto-foto bersama keluarga besar, piagam penghargaan, suvenir-suvenir unik, hadiah dari teman, dan sebagainya. Jangan lupa singkirkan benda-benda yang dapat memicu stres di ruangan khusus seperti tumpukan buku pekerjaan, tagihan-tagihan kredit, dan sebagainya.

2. Pilih Warna Cat Dinding yang Lembut

Percayakah anda bahwa setiap warna sanggup menciptakan kesan tertentu bagi siapapun yang melihatnya? Jika anda ingin terlihat indah dan nyaman di mata, maka aplikasikan warna-warni berjenis pastel yang lembut. Coba juga menerapkan warna-warni yang mempunyai kenangan khusus pada diri anda. Beberapa warna yang kami rekomendasikan di antaranya biru untuk ketenangan dan kebebasan, jingga untuk kreativitas dan kecerdasan, serta hijau untuk kealamian dan kehidupan baru.

3. Sisakan Ruang Gerak Secukupnya

Jangan pernah menjadikan rumah anda sebagai gudang penyimpanan. Sisakan minimal 1/3 bagian kosong per ruangan untuk tempat anda bergerak dan beraktivitas. Adanya ruang gerak yang cukup memungkinkan anda bisa bersenang-senang di dalam rumah bersama anggota keluarga.

4. Ciptakan Suasana yang Alami

Biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah dan menghangatkannya. Bukan jendela setiap pagi dan tutup kembali saat siang. Taruh beberapa tanaman indoor di sudut-sudut ruangan agar jumlah oksigen di dalam rumah melimpah. Tanaman merupakan simbol kehidupan baru dan pertumbuhan yang konstan, bagus sekali untuk memotivasi diri.

5. Sediakan Waktu untuk Keluarga

Setiap orang akan merasa bahagia ketika melihat orang lain bahagia. Begitupun dengan anda. Jadi, biasakanlah untuk berkumpul bersama dengan keluarga besar. Sediakanlah waktu barang 1-2 jam setiap hari sekadar untuk mengobrol, menonton tv, atau bermain bersama.