Properti
Jun26

Ini Dia Kriteria-kriteria Rumah Idaman

Apa sajakah kriteria-kriteria rumah idaman itu? Setiap orang tentu ingin tinggal di rumah yang sesuai dengan idamannya. Bayangan akan kebahagian dan kesejahteraan hidup saat berkeluarga di hunian seperti ini biasanya telah lama muncul, bahkan sedari kecil. Namun, tidak sedikit orang yang mengaku kesulitan dalam mendeskripsikan bagaimana spesifikasi rumah idamannya.

kriteria-rumah-idaman.jpg

Rumah Bergaya Natural Modern

Oleh sebab itu, kali ini Arafuru akan menjelaskan kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah rumah idaman. Apa saja?

1. Rumah Terasa Nyaman

Rumah idaman adalah rumah yang nyaman. Artinya, rumah mampu membuat seluruh penghuninya merasa betah tinggal di dalamnya. Untuk mewujudkan rumah yang nyaman, anda perlu menyesuaikan kondisi di dalam rumah dengan karakteristik para penghuninya. Sebagai contoh, rumah untuk keluarga yang hobi berolahraga sebaiknya dilengkapi dengan ruang fitness pribadi. Begitu pula rumah yang agamis, wajib disertai dengan mushola di salah satu sudut rumah.

2. Terjaminnya Keamanan di Dalam Rumah

Suatu rumah idaman juga harus mampu menjamin keamanan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Rumah sanggup menjadi benteng pelindung bagi para penghuni rumah tersebut. Potensi mengalami kebanjiran, kebakaran, dan marabahaya lainnya pada rumah tersebut pun sangat rendah. Lebih-lebih, anda bisa memasang peralatan keamanan yang canggih untuk memastikan rumah benar-benar aman.

3. Kondisi Rumah Sehat

Maksud rumah yang sehat adalah rumah tersebut memiliki tingkat kebersihan yang baik sehingga mendukung kesehatan dari para penghuninya. Jadi, peran serta seluruh penghuni rumah sangat dibutuhkan guna menjaga rumahnya tetap sehat dan layak huni. Selain itu, pastikan rumah memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup, serta dilengkapi dengan sistem sanitasi sesuai standar yang berlaku.

4. Rumah Berdesain Sesuai Minat

Tidak dipungkiri, desain juga menentukan kelayakan suatu rumah bisa disebut sebagai tempat tinggal idaman. Karena masing-masing orang memiliki kecenderungan dan ketertarikan yang berbeda, maka sudah sewajarnya desain rumah idaman pun berbeda-beda pula. Ada seseorang yang lebih menyukai rumah bergaya etnik tradisional, namun ada juga yang sebaliknya lebih memilih rumah bernuansa modern dan futuristik. Asalkan desain yang diusung tersebut mampu membuat pemilik rumah merasa bahagia, hal itu sudah memenuhi standar sebagai rumah idaman.

5. Rumah Berfungsi Sebagaimana Mestinya

Rumah idaman juga harus memiliki fungsi sebagaimana mestinya. Hal tersebut berarti keberadaan rumah mampu bertindak sebagai tempat tinggal. Tidak masalah bila selanjutnya fungsi rumah ditambah menjadi toko, gudang, atau yang lainnya, tetapi aspek rumah sebagai tempat tinggal wajib diutamakan.