Properti
Aug6

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Apakah kelebihan dan kekurangan plafon PVC? Rumah adalah tempat tinggal yang paling nyaman. Sebuah kebanggaan tersendiri ketika kita mempunyai rumah yang indah dengan desain sesuai keinginan.

kelebihan-dan-kekurangan-plafon-pvc.jpg

Plafon PVC

Berbicara mengenai rumah yang indah, salah satu langkah untuk meningkatkan pesona estetika rumah adalah memasang plafon. Di pasaran, ada bermacam-macam plafon yang bisa dipilih. Yang kini sedang tren adalah plafon PVC karena dinilai unik dan menarik. Proses instalasi plafon PVC juga terbilang lebih mudah dibandingkan memasang plafon gypsum.

Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari plafon PVC :

1. Tampilannya Terlihat Unik

Karena merupakan inovasi terbaru, belum banyak rumah yang menggunakan plafon PVC. Hal ini yang membuat keberadaan plafon PVC di rumah anda terlihat unik. Plafon PVC juga memiliki pilihan warna dan corak yang beragam. Tentunya anda bisa menyesuaikan dengan selera pribadi dan desain rumah yang diusung.

2. Proses Instalasinya Lebih Mudah

Plafon PVC berbentuk lembaran-lembaran polyvinyl chloride. Sekilas bahan ini mirip seperti plastik dan mempunyai bobot yang ringan. Oleh karena itu, pemasangan plafon PVC relatif lebih mudah dibandingkan plafon-plafon yang lainnya. Biaya pemasangan plafon PVC oleh tukang bangunan berkisar antara Rp200 ribu sampai Rp250 ribu.

3. Tidak Gampang Pecah

Plafon PVC memiliki tingkat keawetan yang tinggi karena tidak gampang pecah, atau bisa dikatakan sulit pecah. Seperti kita tahu, PVC terkenal sebagai material buatan yang memiliki pori-pori sangat rapat dan kuat. Disarankan pilih plafon dengan ketebalan 8 mm ke atas supaya daya tahannya lebih lama.

4. Bersifat Anti Bocor

PVC adalah bahan terbaik yang biasa digunakan sebagai pembentuk pipa-pipa air. Alasannya, karena PVC bersifat anti air. Pun begitu dengan plafon PVC yang mampu melindungi rumah anda dari risiko kebocoran. Bahan ketika atap bocor dan air hujan masuk pun plafon PVC mampu menahannya dengan sempurna.

5. Bersifat Anti Rayap

Sampai saat ini, plafon PVC adalah salah satu plafon terbaik yang tidak disukai rayap. Rayap mana coba yang mau menggerogoti plafon berbahan PVC ini? Sudah tentu anda tidak perlu memusingkan lagi tentang kemungkinan plafon akibat rayap.

Sedangkan untuk kekurangan-kekurangan plafon PVC di antaranya :

1. Pemasangan List Kurang Rapat

Pemasangan list atau sambungan antar-plafon pada plafon PVC biasanya kurang rapat. Hal ini dikarenakan model sekrup yang dipasang mengikuti model rangka hollow di atasnya. Untuk itu, sebaiknya anda mengawasi kinerja tukang yang memasang plafon supaya kerapatan list-nya benar-benar diperhatikan. Pemasangan plafon yang mempunyai jarak kerenggangan akan mengurangi keindahannya.

2. Lem Terlihat Belepotan

Hendaknya lem yang digunakan untuk merekatkan plafon PVC berwarna terang agar tidak tampak mencolok. Hindari penggunaan lem ibond sebab ketika mengering tampak belepotan dan kurang enak dilihat. Teliti saat mengaplikasikan lem sehingga rapi dan merata.

3. Kesesuaian Hollow dan Potensi Beban

Karena material plafon PVC memiliki bobot yang sangat ringan, maka umumnya pemasangan rangka hollow dibuat berjarak jauh untuk menghemat anggaran. Sebenarnya sah-sah saja berargumen seperti itu, bahkan justru bagus. Namun jika ada kemungkinan tikus melewati bagian atas plafon, plafon bakal mudah rubuh akibat kekuatan penahannya kurang. Jadi hitung secara matang risiko dan kemungkinan yang bakal terjadi pada plafon PVC tersebut.