Properti
Aug9

Cara Menanam Tanaman Rambat Lee Kuan Yew

Bagaimana cara menanam tanaman rambat lee kuan yew? Lee kuan yew (Vernonia elliptica) merupakan tumbuhan yang cocok sekali dijadikan sebagai pengisi roof garden maupun vertical garden. Hal ini dikarenakan pohonnya rindang dan memiliki bentuk yang sangat artistik. Tanaman lee kuan yew hidup secara menjuntai dari atas ke bawah. Beberapa orang kerap pula menyebutnya dengan nama pohon janda merana, walaupun istilah yang sama juga disematkan pada tanaman babylon willow.

Tanaman rambat lee kuan yew paling sering ditanam di dinding atau pagar bangunan. Tanaman ini juga dapat menghiasi bagian plafon, dak, jendela, gerbang, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan pot biasa atau pot gantung sebagai wadah penanamannya. Tidak ada aturan khusus mengenai jarak tanam tumbuhan ini. Pastinya semakin rapat Anda menanam lee kuan yew, maka hasilnya nanti bakal terlihat semakin indah. Biar tumbuh subur, usahakan tanaman ini bisa mendapatkan cahaya matahari secara langsung.

.jpg

Ada banyak orang yang terpikat oleh keindahan tanaman lee kuan yew. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik tidak peduli apakah diletakkan di tempat yang bisa mendapat sinar mentari langsung atau tempat yang teduh. Perawatannya pun tidak terlalu rumit karena Anda cukup menyiramnya setiap hari dan memberikan pupuk NPK daun secara berkala. Tanaman juga perlu sesekali dipangkas dengan memotong bagian ujungnya agar selalu tampak rapi.

Anda yang saat ini sudah mempunyai vertical garden di rumah tidak boleh melewatkan lee kuan yew sebagai salah satu tanaman pengisinya. Tanaman ini tidak akan merusak atau mengotori permukaan dinding yang ada di sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan akar tanaman lee kuan yew hanya ada di bagian ujung pangkalnya yang tertanam di dalam tanah saja, bukan di setiap ruas batangnya. Sehingga dinding yang menjadi tempat juntaian pohon lee kuan yew pun tetap bersih.  Justru panorama di dinding tersebut yang berubah menjadi kelihatan hijau segar.

Proses penanaman tumbuhan lee kuan yew terbilang cukup mudah. Anda bisa mengembangbiakkan tanaman ini melalui teknik stek batang. Caranya dimulai dengan memilih batang tanaman yang sudah cukup tua, lalu memotongnya secara serong. Batang yang telah dipotong lantas dikurangi beberapa daunnya agar penguapan pada batang tersebut tidak terlalu tinggi. Kalau Anda punya cairan perangsang tumbuh akar, silakan rendam batang ini selama 5-10 menit ke dalamnya. Kemudian tanamkan batang tersebut ke  media tanam yang telah disediakan.

Batang lee kuan yew yang baru ditanam sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh. Siramlah tanaman tersebut hanya saat media tanamnya tampak sedikit kering. Gunakan air secukupnya. Tanamlah batang-batang lee kuan yew dalam jarak yang tidak terlalu jauh sehingga ketika besar nanti akan terlihat rimbun. Sebaliknya bila Anda menanamnya dengan jarak yang berjauhan, deretan tanaman-tanaman lee kuan yew ini hanya akan terlihat seperti sulur-sulur hijau dan tidak bisa membentuk tirai hidup yang indah.

Pohon lee kuan yew biasanya dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Berbeda sekali dengan tanaman janda merana lainnya yaitu babylon willow yang harganya cukup tinggi. Biasanya harga bibit lee kuan yew berkisar antara Rp 10.000-Rp 20.000 per polybag. Tidak perlu repot karena Anda bisa membelinya secara online di www.tokotanaman.com. Kalau mau yang lebih praktis dan murah, tinggal minta saja sebagian batang lee kuan yew dari teman-teman Anda. Dijamin deh Anda bisa menanam sendiri tumbuhan lee kuan yew ini karena sangat mudah.