Cara Memotong HPL agar Tidak Pecah

Anda bisa menggunakan HPL sebagai lapisan finishing dari produk yang tengah Anda buat. HPL dipasang dengan cara ditempelkan ke permukaan produk menggunakan lem. Anda harus teliti saat menempelkannya supaya menghasilkan permukaan yang rata dan tidak menggelembung. Seketika produk yang telah dilapisi dengan HPL ini akan terlihat bersih, rapi, dan memancarkan kesan sesuai dengan warna dan corak HPL yang dipakai.

Tentu saja, sebelum Anda menggunakan HPL untuk menyempurnakan desain produk, Anda perlu menyesuaikan ukurannya terlebih dahulu. Di sini diperlukan proses pemotongan untuk membuat pola tertentu sesuai ukuran yang dibutuhkan. Masalahnya adalah memotong HPL itu tidak gampang. Dibutuhkan teknik khusus agar hasilnya tidak pecah. Pemotongan yang salah akan membuat bagian tepi HPL menjadi pecah dan tidak bisa digunakan lagi.

memotong-hpl-dengan-rapi.jpg

Anda mungkin saat ini sedang bekerja menggunakan HPL? Saat ini HPL memang lebih banyak digunakan dibandingkan material finishing lainnya. Kelebihan HPL yaitu mudah dipasang serta dapat menghemat biaya produksi. Namun memotong HPL tidak semudah yang Anda kira. Jika salah dalam melakukannya, potongan HPL tersebut justru akan pecah dan berakhir sia-sia. Guna mencegahnya, kami bagikan panduan memotong HPL berikut ini.

Alat-alat yang digunakan :

  • Gergaji circle
  • Mata pemotong keramik
  • Meja kerja
  • Penggaris kayu
  • Klem penjepit

Langkah-langkah :

  1. Gunakan meja kerja yang ukurannya cukup besar. Letakkan meja ini di ruangan yang lapang dan terang sehingga Anda merasa lebih nyaman.
  2. Taruhlah HPL di atas meja kerja. Hamparkan HPL tersebut. Pastikan semua bagian HPL berada di atas meja kerja dan tidak ada yang menekuk/menjuntai.
  3. Letakkan penggaris kayu tepat di samping garis pola, di mana HPL akan dipotong. Tahan posisi penggaris ini menggunakan klem penjepit agar tidak bergerak.
  4. Pasanglah mata pemotong keramik di gergaji circle. Kita akan menggunakan gergaji ini sebagai alat pemotong HPL. Pastikan kondisi mata pemotong sangat tajam.
  5. Jikalau Anda sudah mempunyai mesin gerinda, Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti gergaji circle. Tinggal pasang saja mata pemotong keramik di mesin ini.
  6. Nyalakan gergaji circle. Tunggu sebentar agar putarannya stabil. Kemudian potonglah HPL menggunakan gergaji ini dengan gerakan yang mantap.
  7. Anda harus menekan gergaji supaya potongannya rapi. Tidak apa-apa bilamengenai permukaan meja. Lakukan gerakan pemotongan yang stabil dan mundur ke belakang.
  8. Proses pemotongan cukup dilakukan sekali goresan saja secara cepat. Pada awalnya HPL ini memang tidak langsung terpotong, melainkan terbentuk goresan yang dalam.
  9. Anda harus menekuk HPL berlawanan arah pemotongan dengan hentakan yang keras sehingga HPL pun akan terpotong dengan sempurna.
  10. Bagian pinggir pemotongan bisa Anda haluskan menggunakan ampelas. Gosoklah memakai ampelas yang halus sampai permukaannya menjadi rapi.