Properti
Jul3

Apakah Keunggulan dan Kekurangan Rotan?

Mau tahu apa saja keunggulan dan kekurangan rotan? Rotan merupakan bahan alami yang biasa dimanfaatkan batangnya untuk membuat alat dan perabotan rumah tangga. Seiring dengan meningkatnya tren hunian yang ramah lingkungan, furnitur rotan semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini lantaran rotan mampu menciptakan kesan alami yang begitu kuat, tidak kalah dengan material kayu.

Perlu diketahui, ada dua macam furnitur rotan yang dijual di pasaran yaitu furnitur berbahan rotan alami dan rotan sintetis. Tentu saja harga perabotan dari rotan alami ini lebih mahal sebab mempunyai kualitas yang lebih baik. Namun dari segi penampilan dan daya tahannya, rotan sintetis juga tidak mau kalah pamornya. Perabotan berbahan baku rotan sintetis tidak mengalami muai-susut tetapi warnanya cepat kusam.

keunggulan-dan-kekurangan-rotan.jpg

Di bawah ini keunggulan-keunggulan rotan antara lain :

  1. Dibandingkan dengan furnitur kayu, harga perabotan dari rotan lebih murah dengan kesan alami yang tidak begitu berbeda.
  2. Furnitur rotan selalu menampilkan kesan unik berkat teknik anyaman dalam pembuatannya. Motif yang dimilikinya pun sangat beragam sehingga memudahkan kita berkreasi untuk menciptakan desain yang modern hingga tradisional.
  3. Bobot alat dan perabotan yang terbuat dari rotan pun lebih ringan. Hal ini akan mempermudah kita dalam memindah-mindahkan posisinya sesuai dengan selera pribadi.
  4. Kesan alami yang dipancarkan oleh furnitur dari material rotan ini juga begitu kuat. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu senjata utama ketika ingin membuat ruangan yang berdesain natural.
  5. Bagi para pengrajinnya, proses pembuatan kerajinan dari rotan lebih mudah dibandingkan dengan kerajinan-kerajinan yang berbahan baku kayu.
  6. Khusus perabotan rotan sintetis kini hadir dengan beragam pilihan warna yang modern. Jadi Anda sudah tidak akan terbatasi lagi dengan warna putih, krem, cokelat, dan hitam.
  7. Di sejumlah daerah di Indonesia, furnitur berbahan baku rotan lebih banyak dijumpai dibandingkan dengan furnitur kayu. Kondisi ini berkaitan dengan melimpahnya jumlah rotan, apalagi saat ini juga telah ditemukan rotan sintetis.

Di sisi lain, kekurangan-kekurangan rotan yaitu :

  1. Sama seperti kayu, rotan cukup rentan dirusak oleh serangga dan binatang pengerat. Dibutuhkan perlakuan tertentu supaya perabotan Anda terhindar dari gangguan hewan-hewan ini.
  2. Rotan juga mempunyai konstruksi yang tidak terlalu kuat. Fakta ini berkaitan dengan teknik pembuatan furnitur rotan yang hanya mengandalkan metode anyaman. Pengecualian pada furnitur-furnitur yang telah dipadukan dengan bahan lain seperti besi, baja ringan, dan sebagainya.
  3. Karena memiliki banyak lubang pada bentuknya, perabotan yang berasal dari rotan sering menjadi sarang debu. Partikel-partikel kotoran mudah berkumpul di lubang tersebut sampai menumpuk karena sulit dibersihkan.
  4. Rotan merupakan material yang gampang rusak bila terkena sinar matahari dan air hujan terus-menerus. Oleh karena itu, jangan pernah menempatkan furnitur rotan di lingkungan outdoor.
  5. Rotan membutuhkan bentuk perawatan yang lumayan rumit. Setahun sekali, permukaan material ini harus diberikan coating ulang agar keindahannya terjaga dan tetap terlindungi dengan baik.