Agar Tidak Tertipu Saat Membeli Rumah Murah

Mahalnya harga rumah saat ini membuat sebagian besar orang mengalami kebingungan untuk mendapatkannya. Di satu sisi rumah merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Tapi di sisi lainnya, harga rumah yang mahal membuat kita sulit memilikinya. Oleh karena itu, saat ada rumah yang hendak dijual dengan harga yang murah, orang pun berbondong-bondong untuk mencari tahu informasinya dan berusaha membelinya. Tidak terkecuali dengan Anda.

Sebelum benar-benar memutuskan membeli rumah tersebut, kami sarankan Anda mencari tahu secara lengkap terlebih dahulu. Tetaplah bersikap tenang, cermat, dan bijaksana. Saat ini Anda memang sedang membutuhkan rumah. Kabar mengenai rumah yang akan dijual dengan harga lebih murah terdengar seperti angin segar. Namun kalau bertindak ceroboh, Anda justru akan menjadi korban penjualan rumah yang kualitasnya sangat tidak bagus.

membeli-rumah-murah.jpg

Membeli rumah memang membutuhkan tips dan trik. Kiat-kiat berikut ini akan menolong Anda dalam menentukan iya atau tidak untuk membeli rumah yang harganya murah.

Datangi Rumahnya secara Langsung

Anda harus melihat wujud asli rumah secara langsung. Jangan cuma mengandalkan kabar yang tak pasti. Datangi rumah tersebut dan temui pemiliknya. Anda membutuhkan informasi yang benar sebelum membelinya. Sebab bagaimana pun semurah-murahnya harga rumah, nominal transaksinya tetap besar jua. Jangan sampai deh uang Anda dihabiskan untuk suatu produk yang kualitasnya mengecewakan sekali.

Periksa Kondisi Rumah dengan Teliti

Sebelum mengambil kata sepakat dengan pemiliknya, Anda harus memeriksa kondisi rumah dengan teliti. Periksa secara cermat setiap bagian rumah tersebut. Usahakan jangan sampai ada bagian dari rumah yang terlewat dari pengawasan Anda. Cek baik-baik semuanya. Jangan lupa perhatikan bagian lantai, dinding, dan atapnya. Pokoknya jangan sampai ada bagian dari rumah tersebut yang tidak Anda periksa, termasuk bagian plafonnya.

Ukurlah Rumah Memakai Meteran

Jangan langsung percaya terhadap penjual tentang ukuran rumah. Sebab tak jarang penjual suka melebih-lebihkan soal ukuran rumahnya. Coba mintalah penjual untuk memperlihatkan sertifikat asli rumah. Cek dengan teliti berapa ukuran tanah dan rumah yang tertulis di dalam sertifikat. Jika sudah, buktikan dengan mengukurnya sendiri memakai meteran. Anda bisa memakluminya kalau hasil pengukuran memiliki selisih 10 cm. Tapi bila lebih dari itu, segera minta penjelasan dari penjual.

Cari Tahu Kekurangan Rumah

Pasti ada alasan lain selain sedang butuh uang yang mendasari pemilik rumah menjual unit rumahnya dengan harga yang murah. Ingat, tidak ada satu pun penjual yang mau merugi. Jadi Anda tidak boleh langsung percaya terhadap kondisinya. Cari tahu kekurangan-kekurangan yang mungkin ada pada rumah tersebut. Mungkin saja tempatnya sering terkena banjir, suasana di sekitarnya berisik, atau ada beberapa struktur bangunan yang sebenarnya sudah rusak. Anda harus mencari tahu dengan teliti.

Bertanya Kepada Tetangga Sekitar

Selain pemilik rumah itu sendiri, ada orang lain yang mengetahui kondisi sesungguhnya rumah tersebut. Siapakah mereka? Tidak lain adalah para tetangga sekitar rumah. Anda mungkin akan sulit mendapatkan deskripsi secara jujur mengenai rumah tadi kalau hanya bertanya langsung kepada penjualnya saja. Itu sebabnya, diam-diam Anda bisa mencoba bertanya kepada para tetangga sekitar tentang kelebihan dan kekurangan rumah yang sedang Anda incar. Tidak perlu bingung harus bertanya ke mana. Cari saja warung terdekat.

Curigai Jika Cat Dindingnya Baru

Salah satu trik yang biasa dilakukan oleh para penjual rumah untuk meningkatkan daya tarik rumahnya yaitu mengecat ulang rumah tersebut. Lapisan cat baru akan membuat tampilan rumah terlihat seperti bangunan baru sehingga kekurangannya tersamarkan. Anda harus lebih waspada jika rumah yang diincar diberi cat baru. Sekali lagi kami ingatkan periksalah dengan teliti kondisi rumah tersebut. Bila perlu, Anda bisa meminta foto-foto lama rumah tadi.

Pastikan Rumah Benar-benar Aman

Selain nyaman, rumah juga harus aman. Bahkan faktor keamanan ini harus menjadi perhatian yang nomor satu. Pada dasarnya, manusia membuat rumah untuk mendapatkan tempat perlindungan yang aman. Jadi Anda harus memastikan rumah tersebut benar-benar aman. Anda bisa menilainya dari segi bangunan rumah serta kondisi lingkungan di sekitarnya. Cobalah berkunjung ke rumah tersebut saat malam hari untuk mengetahui keamanannya.

Periksa Fasilitas-fasilitasnya

Bagaimana pun rumah bukan sekadar bangunan untuk tempat beristirahat. Kini rumah sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat mendukung kenyamanan para penghuni di dalamnya. Listrik dan air merupakan fasilitas yang paling penting. Pastikan rumah tersebut sudah dialiri aliran listrik sendiri. Cari tahu pula sumber air yang digunakan oleh pemilik sebelumnya. Pastikan toilet dan septic tank dapat bekerja dengan baik. Jika ada fasilitas lainnya bisa menjadi nilai tambah rumah.

Rumah Harus Dilengkapi Sertifikat Hak Milik

Sebaiknya belilah rumah yang dilengkapi dengan sertifikat hak milik, bukan hak guna. Hak milik merupakan hak atas tanah yang paling tinggi. Dijamin Anda akan tenteram jika mempunyai rumah dengan sertifikat hak milik. Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau rumah tadi benar-benar milik penjual. Hal ini dapat dibuktikan melalui sertifikat yang melengkapi rumah tersebut. Di dalam sertifikat tadi tertulis nama penjual sebagai pemiliknya.

Cari Tahu Rumah Disengketakan atau Tidak

Jangan pernah sekali-kali mencoba membeli rumah yang sedang disengketakan walaupun harganya sangat murah. Mengapa? Sebab Anda tidak hanya mungkin bisa kehilangan rumah tersebut sewaktu-waktu, tetapi Anda juga bisa dikenai hukuman karena telah melakukan tindakan yang melawan hukum. Naas sekali kan? Itulah sebabnya, kami sudah sarankan di atas, belilah rumah jika hanya sertifikatnya atas nama si penjual.

Yakinkah Rumah Memang Murah?

Murah tidaknya suatu rumah sebenarnya tidak hanya diukur dari harganya saja. Ada beberapa faktor lain yang menentukan nilai suatu rumah apakah layak disebut murah atau tidak. Walaupun harga dua unit rumah yang ukurannya sama persis dibanderol dengan harga yang sama, bisa jadi rumah pertama murah dan rumah kedua mahal. Hal ini dipengaruhi pula oleh lokasi, desain rumah, kondisi bangunan, dan aksesnya. Jadi apakah rumah yang ingin Anda beli memang benar murah?