Properti
Jul4

7 Tips Membeli Ruko yang Profitable

Sedang mencari tips-tips membeli ruko yang profitable? Ruko (rumah toko) adalah suatu bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat usaha. Beberapa orang juga banyak yang menggunakan ruko sebagai investasi karena nilai kenaikannya lumayan tinggi. Ada juga yang sengaja membeli ruko dalam jumlah banyak kemudian menyewakannya lagi ke orang lain, sehingga margin keuntungannya tinggi dan aman.

tips-membeli-ruko.jpg

Rumah Toko

Pada umumnya, ruko berbentuk kompleks dan dibangun di posisi yang sangat strategis, seperti di pinggir jalan protokol, tengah-tengah kota, atau pusat keramaian. Beberapa developer mendirikan ruko dan menjualnya ke konsumen memakai akad jual-beli. Ada pula developer yang lebih tertarik untuk menyewakan ruko daripada menjualnya langsung.

Jika anda berniat membeli ruko yang profitable, simak saran-saran dari Arafuru di bawah ini :

  1. Apakah latar belakang anda membeli sebuah rumah toko? Mungkin saja anda ingin menyimpannya sebagai investasi, mendirikan tempat usaha, atau menjadikannya sebagai alat meraih profit. Sesuaikan tujuan anda membeli ruko terhadap harga dan lokasi ruko yang sebaiknya dipilih.
  2. Pastikan ruko yang dibeli juga sesuai dengan bentuk usaha anda. Setiap usaha memiliki pangsa pasar, operasional, dan regulasi yang berbeda-beda. Begitupun jika anda ingin membuat kantor administratif, distributor, atau toko kelontong, usahakan lokasi yang dipilih cocok dan mendukung perkembangan bisnis anda.
  3. Lokasi ruko yang strategis bakal sangat menentukan nilai awal dan nilai jual sekunder ruko tersebut. Jadi bila anda tidak terlalu membutuhkan lokasi yang strategis, misalnya ruko hanya dipakai untuk kantor pembantu, maka memilih ruko di lapis kedua sudah cukup memadai dan menghemat anggaran. Begitu pula bila anda akan menggunakan ruko tersebut sebagai gudang distribusi, suatu keharusan bagi anda untuk memilih ruko yang dilengkapi akses keluar-masuk jalan yang lancar.
  4. Perhatikan dengan teliti surat-surat legalitas ruko tersebut meliputi SHGB atau SHM dan IMB. Jangan lupa cek keasliannya juga karena ada beberapa developer nakal yang sering memainkan surat legalitas. Apabila memungkinkan, anda bisa mengkonfirmasi keorisinalan surat-surat kelengkapan ini di instansi pemerintahan terkait.
  5. Jangan sungkan untuk melakukan nego jika anda membeli ruko sekunder/bekas, atau meminta diskon untuk ruko primer/baru. Ingat ada biaya tambahan yang wajib anda keluarkan selain biaya pembelian ruko. Di antaranya adalah biaya perpajakan dan biaya administratif.
  6. Membeli ruko bisa dilakukan baik secara tunai maupun KPR. Biasanya ketika anda membeli ruko secara tunai, anda akan mendapatkan promo diskon khusus. Sedangkan apabila anda lebih tertarik untuk membelinya dengan KPR, perhatikan cash flow usaha anda dan pastikan keuntungannya bisa digunakan untuk membayar angsuran KPR.
  7. Tidak ada salahnya anda membeli unit ruko yang belum jadi karena umumnya potongan harga ruko tersebut tinggi, dengan catatan ruko dibangun oleh developer terpercaya. Rekomendasi kami belilah ruko tersebut ketika bangunan fisiknya sudah berdiri karena anda bisa menilai kualitas kekuatan bangunannya.

Selamat berburu ruko!