Properti
Jul19

7 Tips agar Rumah Bersih dan Sehat

Bagaimana tips agar rumah bersih dan sehat? Rumah yang bersih adalah rumah yang sehat. Semua orang tentu sependapat dengan opini yang satu ini. Hanya saja, membersihkan rumah terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebagai pekerja yang sibuk tentu waktu seharian penuh sudah tercurah habis di pekerjaan dan tidak sempat memperhatikan rumah beserta lingkungannya.

tips-agar-rumah-bersih-dan-sehat.jpg

Rumah

Akan tetapi, membersihkan rumah juga bisa dilakukan dengan efektif dan efisien jika anda mengetahui tips-tipsnya. Kabar baiknya, tinggal di rumah seperti ini membuat kesehatan, kenyamanan, dan ketentraman anda sekeluarga terjamin. Lantas, bagaimanakah cara yang perlu dilakukan guna menjaga kebersihan rumah?

1. Mulailah dari Diri Sendiri

Mulailah dari diri anda sendiri untuk memberlakukan tata kehidupan yang bersih dan sehat. Biasakan merapikan interior, membuang sampah pada tempatnya, mengembalikan benda-benda seperti semula, dan sebagainya. Dengan memberikan contoh teladan yang baik diharapkan keluarga pun akan ikut meniru perbuatan tersebut. Hasilnya, rumah selalu dalam kondisi bersih dan terjaga kerapiannya.

2. Cukup 15 Menit

Sesibuk apapun aktifitas anda sehari-hari, coba luangkanlah waktu maksimal 15 menit untuk membersihkan rumah. Setel timer untuk memulai pekerjaan dan hentikan kegiatan bersih-bersih jika alarm sudah berbunyi meskipun belum selesai. Lambat laun anda dapat beradaptasi dengan membersihkan rumah lebih cepat. Selain untuk olahraga, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengatasi stres dan memastikan kondisi rumah selalu bersih.

3. Hindari Mengatur Sembarangan

Pastikan setiap barang di rumah anda mempunyai tempatnya masing-masing. Hindari meletakkan barang di sembarang tempat, apalagi membiasakannya. Cobalah berlatih selama beberapa waktu karena hidup secara teratur memang cukup sulit tetapi menyenangkan.

4. Bagilah Wilayah Kekuasaan

Bila anda sudah berkeluarga, cobalah membagi-bagi rumah menjadi beberapa wilayah yang ditanggungjawabi oleh seseorang. Sebagai contoh ayah bertugas membersihkan halaman dan ruang tamu, ibu membersihkan dapur dan ruang makan, anak pertama membersihkan kamar tidur dan kamar mandi, sedangkan anak kedua membersihkan kamar tidur dan teras. Ketika seluruh penghuni rumah memiliki tanggung jawab, mereka pun bisa menjaga kebersihan rumah dengan lebih baik.

5. Cuci Pakaian Setiap Hari

Biarpun kelihatannya sedikit, pakaian kotor akan terus bertambah setiap hari. Akibatnya, tanpa tersadar anda bakal menemukan pakaian yang menggunung dan malas mencucinya. Solusi dari hal ini adalah biasakan mencuci pakaian setiap hari dan segera jemur di tempat yang teduh. Jangan biarkan seisi rumah dipenuhi bau yang busuk dan anda kehabisan baju.

6. Beli Vacum Cleaner

Tahukah anda, membersihkan rumah dengan memakai vacum cleaner lebih mudah daripada menggunakan sapu. Tenaga yang diperlukan pun lebih sedikit karena anda cukup mengarahkan penyedot di sudut-sudut ruangan yang diperlukan. Jadi, siapkanlah anggaran untuk membeli vacum cleaner di bulan depan.

7. Mengubah Pemikiran akan Sampah

Ubah mindset anda tentang sampah dari barang yang tak berguna menjadi barang yang berharga. Dengan begini anda akan merasa sayang jika membuang sampah begitu saja. Misalnya sisa-sisa sayuran dan buah-buahan bisa diolah menjadi pupuk kompos untuk menutrisi tanaman hias anda, tas plastik bisa dicuci bersih dan digunakan kembali, atau sobekan kertas bisa dikumpulkan dan dibentuk menjadi patung yang unik. Terapkanlah metode 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle dalam mengelola sampah-sampah di rumah.