Properti
Jul2

7 Keuntungan Utama Membeli Rumah dengan KPR

Penasaran, apa sih keuntungan membeli rumah dengan KPR? Mahalnya harga rumah dan properti saat ini mendorong pemerintah Indonesia bekerjasama dengan bank untuk memberikan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Secara singkat, KPR menawarkan proses pembelian rumah melalui sistem kredit berjangka. Dengan DP yang rendah dan angsuran kecil, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan tempat tinggal idamannya secara ringan.

keuntungan-membeli-rumah-dengan-kpr.jpg

Kredit Pemilikan Rumah

Di bawah ini keuntungan-keuntungan yang bakal anda peroleh ketika membeli rumah dengan KPR :

  1. Pembelian rumah secara KPR akan meringankan anda karena biaya awalnya tidak begitu memberatkan. Anda hanya perlu membayar uang muka maksimal sebesar 30% dari harga rumah dan melengkapi persyaratan yang diwajibkan. Maka otomatis rumah pun langsung menjadi milik anda. Bandingkan dengan pembelian rumah secara tunai, di mana anda harus memiliki uang siap pakai antara ratusan juta sampai miliaran rupiah.
  2. Rumah yang dibeli secara KPR juga bisa segera dihuni setelah anda menandatangani kontrak perjanjian, walau cicilannya belum lunas. Artinya anda tidak perlu menunggu lebih lama untuk menghuni rumah baru tersebut. Kebalikannya, pembelian rumah secara tunai membutuhkan waktu tunggu untuk mengurus berkas-berkas kelengkapan rumah sampai tuntas.
  3. Pembelian rumah menggunakan KPR bakal sangat menguntungkan anda karena legalitas rumah tersebut terjamin. Hal ini lantaran bank akan memberikan fasilitas pengecekan keabsahan surat-surat rumah oleh profesional. Jadi anda tidak perlu takut ditipu oleh penjual atau digusur pemerintah karena berkas-berkas yang palsu.
  4. Keuntungan berikutnya adalah anda bisa bekerjasama dengan developer terpercaya dan terhindar dari pengembang nakal tanpa perlu repot memilihnya. Perlu diketahui, bank hanya akan mengabulkan permohonan KPR bila anda membeli rumah buatan developer ternama. Beberapa developer tersebut biasanya juga telah menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan bank. Mayoritas bank-bank di Indonesia tidak akan mengambil risiko merugi sehingga menolak bekerjasama dengan developer-developer yang punya riwayat buruk dan bermasalah.
  5. Asuransi rumah sangat dibutuhkan untuk melindungi tempat tinggal anda dari kemungkinan-kemungkinan yang paling fatal, seperti kebakaran, banjir, dan bencana alam. Pada saat anda membeli rumah secara kredit, otomatis anda pun langsung mendapatkan asuransi rumah. Meskipun ada biaya awal yang harus dibayarkan, namun anda tidak perlu was-was lagi karena rumah sudah terlindungi.
  6. Dengan sistem KPR, membeli rumah ibarat sebuah investasi yang berjangka panjang. Rumah adalah salah satu investasi yang begitu menjanjikan karena harganya cenderung naik, apalagi jika berada di tempat yang strategis. Harga rumah yang anda beli saat ini akan berselisih sangat jauh dengan harga rumah 25 tahun mendatang saat anda berhasil melunasi kredit rumah tersebut.
  7. Rumah KPR pun dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Caranya, anda bisa menyewakan rumah tersebut ke orang lain dengan harga menyesuaikan pasar dan spesifikasi. Nah, biaya sewa ini bisa digunakan untuk melunasi cicilan KPR dan sisanya dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Cerdik kan?

Jadi sekarang pilih mana, membeli rumah secara tunai atau menggunakan KPR?