Properti
Jul14

6 Tips Dasar Memilih Rumah Kos-kosan yang Ideal

Bagaimana tips memilih rumah kos-kosan yang ideal? Di era modern ini, banyak orang yang merantau ke tempat lain guna mengais rejeki atau menimba ilmu. Tak ayal mereka pun membutuhkan hunian sementara yang ideal untuk digunakan sehari-hari selama tinggal di kota lain. Kehadiran kos-kosan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan primer akan tempat tinggal ini.

tips-memilih-kos-kosan.jpg

Kamar Kos

Pada dasarnya, kos-kosan adalah jasa penyewaan kamar tidur. Oleh karena itu, ketika menyewa kos maka anda akan menjumpai penghuni-penghuni kamar yang lainnya di dalam satu rumah. Ikuti tips-tips berikut ini supaya tidak salah pilih dalam menentukan kos-kosan yang ideal :

1. Pilih Lokasi yang Paling Dekat

Direkomendasikan memilih kos-kosan yang terletak di dekat kantor/universitas anda. Tujuannya adalah untuk menghemat biaya transportasi dan mengefisienkan waktu perjalanan. Begitu pula jika ada suatu barang yang tertinggal di kamar kos, maka anda bisa mengambilnya kembali dengan mudah.

2. Pastikan Kamar Berukuran Sesuai

Tidak ada patokan pasti dalam menentukan ukuran kamar yang sesuai dengan penghuninya. Kuncinya adalah menghitung kebutuhan anda dan mempertimbangkan kebiasaan sehari-hari. Apabila nantinya anda bakal banyak menghabiskan waktu di luar, pilih kamar yang secukupnya saja. Namun jika anda tipikal orang yang senang berada di kamar dan mengajak teman-teman berkunjung, pilihlah kamar kos yang berukuran cukup luas.

3. Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar

Faktanya, setiap orang mudah sekali terpengaruh oleh kondisi dan keadaan di lingkungan sekitarnya. Jadi, pilihlah rumah kos yang terletak di lingkungan yang damai, aman, dan nyaman. Lakukan survei terlebih dulu sebelum anda memutuskan untuk tinggal di rumah tersebut. Lebih baik lagi bila anda mempunyai rekomendasi dari kerabat yang pernah tinggal di kos-kosan ini.

4. Pertimbangkan Fasilitas-fasilitas Pendukung

Setiap kamar kos biasanya sudah dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, meja, dan kursi. Pertimbangkan memilih kamar kos yang juga sudah dilengkapi dengan fasilitas internet dan AC. Usahakan saluran air dan listrik di tempat kos tersebut lancar karena jika terhambat dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

5. Pengurus Kos yang Ramah

Jangan lupa perhatikan pula tingkat keramahan pemilik atau pengurus kos-kosan itu. Semua orang tentu akan merasa betah tinggal di suatu tempat ketika orang-orang di sekelilingnya ramah dan baik hati. Memperhatikan sikap dan perilaku pengurus kos memungkinkan anda mendapatkan bantuan yang penting pada saat sewaktu-waktu dibutuhkan.

6. Sesuaikan Biaya Penyewaan Kos

Setelah anda mengumpulkan daftar kos-kosan yang sekiranya ideal, kini saatnya menghitung-hitung anggaran. Cek berapa budget bulanan yang anda miliki dan pengeluaran yang harus dilakukan. Jangan memaksakan diri dengan memilih kos yang mewah di luar ketersediaan biaya. Sesuaikan biaya sewa kos terhadap anggaran sehingga kebutuhan anda yang lainnya tidak terganggu.