5 Tips Membangun Resort dan Villa Impian

Resort dan villa selalu identik dengan tempat tinggal yang mempunyai suasana yang tenang dengan pemandangan indah di sekelilingnya. Keduanya sama-sama merupakan tempat yang biasa dipakai untuk peristirahatan. Siapa pun pasti ingin memiliki resort pribadi. Selain untuk ditempati diri sendiri pada saat berlibur, resort tersebut juga bisa Anda sewakan kepada orang lain. Kabar baiknya berbisnis resort di Indonesia memiliki peluang yang sangat besar.

Yap, Indonesia adalah salah satu negara yang paling indah di dunia. Ada banyak sekali tempat wisata alami yang dimiliki oleh negeri ini. Dari mulai pantai, sungai, danau, laut, gunung, air terjun, tebing, padang pasir, hingga padang rumput yang luas dimiliki oleh Indonesia. Dengan banyaknya jumlah objek wisata yang ada, maka secara otomatis geliat sektor pariwisata di negeri begitu menjanjikan. Potensi keuntungannya besar sekali.

tips-membangun-resort.jpg

Wisatawan yang pergi ke suatu tempat wisata biasanya akan menghabiskan waktu lebih dari sehari. Tak ayal mereka pun membutuhkan tempat penginapan. Resort menjadi salah satu tempat penginapan yang paling difavoritkan oleh pengunjung. Kelebihan resort dibandingkan dengan villa, hotel, losmen, motel, dan sebagainya adalah suasananya yang nyaman, memiliki desain yang tidak biasa, serta dikelilingi oleh pemandangan yang begitu indah.

Kiat-kiat berikut ini akan membantu Anda dalam membangun resort/villa yang sesuai dengan impian.

  1. Cari Lokasi yang Terbaik

Lokasi yang paling baik untuk dibuat resort adalah tempat yang mempunyai pesona alam yang indah. Tak peduli apakah itu di pantai, gunung, hingga pelosok hutan sekali pun, asalkan tempat tersebut memiliki keindahan maka sangat layak untuk dibangun sebuah resort. Hal ini tidak terlepas dari tujuan pembangunan resort itu sendiri yang berguna sebagai tempat peristirahatan di kala berlibur.

Jika resort tersebut ingin Anda jadikan sebagai bisnis, pertimbangkan memilih lokasi yang berdekatan dengan tempat wisata yang populer. Pertimbangan kita di sini adalah semakin banyak jumlah turis yang datang ke tempat wisata tadi, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung pun semakin besar sehingga harga sewanya bisa turut naik. Bila sudah ada resort lainnya, buatlah resort milik Anda memiliki nilai jual yang lebih.

  1. Pilih Desain Bangunan

Kami ingatkan sekali lagi bahwa resort pada dasarnya merupakan tempat tinggal saat liburan. Jadi secara penggunaan saja, resort ini berbeda dari rumah pada umumnya. Sebisa mungkin Anda membangun resort yang memiliki desain bangunan unik agar pengunjung pun merasa tertarik. Saran kami pilihlah desain natural, etnik, atau tropis. Hindari membangun resort dengan tampilan seperti rumah kebanyakan.

Bagaimana pun seseorang pasti ingin tinggal di resort yang mempunyai suasana yang berbeda dari rumahnya. Oleh sebab itu, jangan pernah sekali-kali membangun resort dengan desain modern, minimalis, atau kontemporer sebab desain-desain tersebut sudah umum digunakan pada rumah tinggal. Anda harus melakukan inovasi supaya calon pengunjung yang melihat bisa langsung merasa tertarik.

  1. Penataan Interior Bangunan

Bangunan interior bisa dibagi menjadi tiga kelompok antara lain resort untuk pasangan baru yang ingin berbulan madu, resort untuk keluarga kecil, dan resort untuk keluarga besar. Ada baiknya sebelum berbisnis resort, Anda menentukan target pasar terlebih dahulu. Faktanya adalah resort yang dikhususkan untuk pasangan baru yang sedang berbulan madu mempunyai tingkat permintaan yang paling tinggi.

Resort untuk pasangan baru ini biasanya memiliki 1-2 kamar tidur. Ukurannya juga tidak perlu terlalu besar asalkan memiliki ruangan-ruangan yang memadai. Resort ini harus dibangun dengan suasana penuh keromantisan. Berbeda dengan resort untuk keluarga besar yang harus mempunyai setidaknya 5 kamar tidur. Di sini dibutuhkan ruangan-ruangan yang cukup luas sehingga memungkinkan penghuninya dapat berkumpul bersama.

  1. Lanskap dan Taman

Tak henti-hentinya kami mengingatkan Anda untuk membangun resort yang mampu mendukung momen liburan para pengunjung. Buatlah perasaan pengunjung yang menginap di resort milik Anda menjadi bahagia tak terkira. Anda harus bisa membuat pengalaman liburan di resort tersebut menyenangkan. Salah satunya bisa dilakukan dengan menyiapkan resort yang dilengkapi lanskap dan taman yang indah.

Sangat jarang bagi masyarakat perkotaan khususnya bisa bersantai di taman. Liburan adalah satu-satunya kesempatan bagi mereka untuk memanjakan diri. Oleh sebab itu, para pengunjung pasti lebih memilih resort yang mempunyai taman pribadi. Anda bisa menyediakan kebutuhan terbesar pengunjung tersebut. Ciptakan taman seindah mungkin di samping resort lengkap dengan ayunan  beserta kursi dan meja taman.

  1. Jangan Lupakan IMB

Resort pada hakikatnya berbeda dari rumah. Apalagi jika resort tersebut dibangun untuk tujuan berbisnis. Anda harus memastikan resort yang Anda dirikan memiliki izin yang legal sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) itu sangat penting. Anda bisa melakukannya di Dinas Pertanahan setempat. Kami sudah pernah memberikan panduan pengurusan IMB di artikel sebelumnya.