Properti
Apr23

5 Tips Jenius Pindah Rumah Baru Tanpa Lelah

Bagaimana tips pindah rumah baru agar tidak melelahkan? Ada dua kemungkinan ketika anda memutuskan ingin pindah ke rumah yang baru. Beberapa orang mengaku mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan, terutama jika situasi dan kondisi rumah baru lebih baik dibandingkan dengan rumah lama. Namun ada juga yang justru mendapatkan sesuatu yang tidak mengenakan ketika harus memindahkan semua barang bawaan yang sangat merepotkan. Untuk itu, ada hal-hal yang wajib dilakukan menjelang kepindahan anda sekeluarga ke rumah baru.

tips-pindah-rumah-baru.jpg

Rumah

Nah, berikut ini adalah hal-hal penting antilelah tersebut :

1. Berikan Pengertian Kepada Anggota Keluarga

Saat berniat pindah ke rumah baru, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga, terutama untuk anak-anak. Berikan gambaran sejelas-jelasnya mengenai kondisi rumah baru tersebut, serta apa saja daya tariknya. Kalau perlu, ajaklah rombongan keluarga mengunjungi tempat tinggal baru tersebut agar mereka bisa mengenali sendiri kemungkinan kelebihan dan kekurangannya. Biasanya keluarga akan sangat antusias apabila mereka memperoleh kesan pertama yang baik dari rumah baru tersebut.

2. Buat Segala Sesuatunya Terorganisir

Kunci utama dari pindahan rumah adalah membuat segala sesuatunya terorganisir sesuai rencana anda. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat ada banyak sekali barang-barang yang harus dibawa dan hal-hal lain yang perlu dikerjakan. Catatlah barang-barang apa saja yang akan dikemas dalam sebuah daftar yang tersusun rapi. Setidaknya seminggu sebelum kepindahan, anda telah menghubungi jasa pindahan rumah untuk membantu membawa barang-barang kepunyaan anda tersebut. Pertimbangkan juga apakah anda memerlukan jasa pembersihan rumah untuk hunian baru atau tidak. Meskipun harus merogoh kocek lebih dalam, jasa-jasa ini terbukti sangat membantu anda dalam proses pindah rumah dengan mudah.

2. Pertimbangkan Barang-barang yang Tidak Terpakai

Sebaiknya, anda mempertimbangkan sekali lagi barang-barang yang sudah tidak terpakai. Apakah barang-barang tersebut akan ikut dibawa atau disingkirkan saja? Di satu sisi, pemindahan barang-barang yang sudah tidak diinginkan ini terkadang hanya membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya. Di sisi lain, apabila benda-benda tersebut sudah tidak akan dipakai lagi, anda bisa menjualnya di pasar loak atau memberikannya ke tetangga yang membutuhkan.

4. Kerjasama dengan Jasa Pindahan Rumah

Perlu diketahui, keberadaan jasa pindahan rumah sangat dibutuhkan ketika anda ingin berpindah rumah tinggal. Oleh sebab itu, jalinlah hubungan kerjasama yang baik dengan penyedia jasa tersebut dan pastikan semuanya beras. Jangan sungkan bersikap terbuka untuk menanyakan berapa biayanya per kotak, biaya per jam, atau biaya per hari. Pilihlah opsi biaya yang paling sesuai dengan keperluan kepindahan anda. Dan yang tidak kalah penting adalah selalu gunakan jasa pindahan yang terpercaya dan banyak mempunyai portfolio.

5. Lakukan Packing Secara Cerdas

Walaupun kelihatannya sepele, packing merupakan pekerjaan yang paling menyita tenaga dan waktu anda sekeluarga. Apalagi jika anda mengoleksi barang-barang antik yang cukup banyak. Agar lebih teratur, mulailah mengemas dari barang-barang yang jarang digunakan sampai barang yang setiap hari dipakai. Tandai kotak kemasan dengan nomor tertentu, dan catat apa saja isi dari kotak tersebut di buku tulis. Hal ini akan memudahkan anda dalam membongkar kembali kotak tersebut dan memastikan semua barang-barang sampai di tempat tujuan dengan aman.