Properti
Jun27

5 Tips agar Pengajuan KPR Tidak Ditolak oleh Bank

Apakah anda memerlukan tips-tips agar pengajuan KPR tidak ditolak oleh bank? Ibarat oase di gurun pasir, KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah solusi membeli rumah lebih ringan di tengah-tengah mahalnya harga properti saat ini. KPR menawarkan pembelian rumah idaman secara kredit dengan besar cicilan yang bisa disesuaikan kemampuan finansial kita.

tips-agar-pengajuan-kpr-tidak-ditolak.jpg

Perumahan

Tetapi di balik kegunaannya yang sangat membantu tersebut, pengajuan KPR tidak semudah teorinya. Anda harus mempersiapkan diri dan berkas-berkas yang dibutuhkan dengan lengkap. Anda pun wajib terlihat meyakinkan di mata bank supaya mereka mau memberikan layanan kreditnya.

Biar pengajuan KPR yang anda lakukan tidak ditolak oleh bank, pelajari kiat-kiatnya di bawah ini :

1. Pastikan Anda Memiliki Gaji Bulanan

Syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap pengaju KPR adalah memiliki gaji bulanan, baik karyawan maupun pebisnis. Bukti gaji berupa rekening tabungan yang terus bertambah minimal setiap tiga bulan sekali. Untuk karyawan, lampirkan juga slip gaji bulanan dan surat keterangan kerja dari kantor untuk memperkuat faktor pertama ini. Sedangkan untuk para pebisnis, anda harus mempunyai laporan keuangan minimal dalam dua tahun terakhir. Usahakan anda juga memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

2. Pastikan Anda Tidak Masuk Blacklist Bank Indonesia

Sebagai bank pusat di Indonesia, Bank Indonesia (BI) mempunyai daftar riwayat lengkap tentang transaksi yang telah dilakukan. Begitupun dengan barang yang sudah dibeli sebelumnya secara kredit, BI sudah mengetahui hal tersebut. Imbasnya, bila anda pernah menggunakan kredit di suatu bank dan pembayaran kredit tersebut menunggak lebih dari dua bulan berturut-turut, maka anda langsung masuk ke dalam daftar hitam Bank Indonesia. Kalau sudah begini, nilai kepercayaan yang anda miliki bakal menurun drastis dan anda akan kesulitan dalam mengajukan kredit.

3. Ajukan ke Banyak Bank Sekaligus

Kenapa anda sebaiknya mengajukan ke banyak bank sekaligus? Tujuannya untuk mengantisipasi risiko ditolaknya aplikasi KPR yang diajukan di salah satu bank, bukan tidak mungkin KPR anda disetujui oleh bank lain. Dengan demikian, waktu tunggu anda menjadi lebih efektif karena sudah menyebar aplikasi KPR di beberapa bank sekaligus. Selain itu, tidak sedikit pegawai bank yang bersikap subjektif dalam menilai calon konsumennya. Akan lebih baik jika anda mempunyai kenalan yang bekerja di bank untuk membantu mempermudah penyetujuan KPR anda.

4. Untuk Muslim, Pilih Bank Syariah

Praktik KPR tidak bisa dilepaskan dari riba, terutama jika muncul bunga dengan besaran yang terus meningkat dan harus dibayarkan oleh penghutang. Namun sebaliknya, asas KPR yang dipakai pada bank-bank berbasis syariah adalah jual beli yang menerapkan skema pembiayaan yang sehat. Dengan demikian, pemilihan bank syariah bakal menghindarkan anda dari perbuatan riba yang dibenci Allah SWT.

5. Tentukan Waktu yang Tepat

Ada saat-saat tertentu di mana kemungkinan KPR yang anda ajukan diterima lebih tinggi. Yang pertama adalah minggu ketiga dan minggu keempat di setiap bulan karena umumnya bank sedang mengejar target. Jangan pernah mengajukan KPR pada bulan Desember, sebab bank tengah disibukkan dengan kegiatan tutup buku. Anda bisa menunda waktu pengajuan sampai Januari di minggu ketiga dan minggu keempat supaya pengajuan aplikasi KPR disetujui bank .