4 Cara Menilai Harga Rumah secara Realistis

Anda mungkin sedang ingin menjual atau membeli rumah? Proses jual beli rumah memang kadang-kadang memusingkan. Di satu sisi penjual menginginkan harga rumah yang setinggi-tingginya. Namun di sisi lain pembeli menginginkan harga rumah tersebut bisa dibuat lebih murah lagi. Hal ini sering kali menjadi dilema sendiri bagi para penjual rumah. Sebab kalau harga rumah dipatok terlalu mahal, maka akan sulit terjualnya.

Di sinilah pentingnya bagi para penjual rumah untuk bisa menilai aset propertinya secara realistis. Anda sebagai pihak penjual wajib bisa memberikan harga yang tepat terhadap rumah yang hendak dijual. Harga yang wajar dan tidak terlalu mahal. Tentu harga yang ditentukan ini juga harus bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Pertanyaan selanjutnya yaitu bagaimana cara kita dapat menilai harga suatu rumah secara tepat?

cara-menilai-harga-rumah.jpg

Di bawah ini berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menilai harga suatu rumah, antara lain :

Cara I. Hitung Berdasarkan Nilai Pasar

Kebanyakan orang menentukan harga suatu rumah berdasarkan nilainya di pasar. Rumus yang dipakai yaitu :

                Nilai Pasar = Harga Tanah + Harga Bangunan + Harga Fasilitas

Harga tanah secara riil bisa diketahui dengan melakukan survei di lingkungan sekitar untuk mengetahui berapa harga tanah saat ini di kawasan tempat tinggal Anda. Anda bisa mencoba bertanya kepada beberapa tetangga yang memiliki tanah atau rumah hendak dijual. Kemudian cari tahu aset propertinya tersebut dijual dengan nominal berapa. Cari tahu juga beberapa properti yang sudah berhasil dijual dan berapa nominal transaksinya. Dari sini Anda sudah bisa mengetahui berapa harga tanah Anda yang sesungguhnya.

Kemudian Anda perlu menaksir harga bangunan. Di sini diperlukan kepiawaian dalam hal taksir-menaksir harga bangunan. Yang paling mudah yaitu Anda bisa meminta bantuan seorang kontraktor sebab mereka yang paling lihai menilai harga rumah. Seorang kontraktor umumnya menilai harga bangunan menurut harga rata-rata per meter perseginya. Kemudian Anda tinggal mengalikan harga tersebut dengan luas total bangunan secara keseluruhan. Jika rumah Anda merupakan bangunan bertingkat, maka secara otomatis harga bangunannya pun akan berlipat ganda.

Tugas Anda yang selanjutnya adalah menentukan harga fasilitas yang melengkapi rumah Anda. Ingat, sebelumnya Anda hanya masih menghitung harga tanah dan bangunannya saja. Semua benda di luar tanah dan bangunan disebut fasilitas. Termasuk taman dan kolam renang jika ada. Begitu pula jika terdapat tanaman yang bernilai fantastis, Anda pun wajib menghitungnya. Selain itu, Anda perlu menghitung ketersediaan listrik, air PAM, sambungan telepon, pipa gas, saluran televisi berbayar, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Cara II. Buat Perbandingan Harga Pasar

Cara lain yang lebih mudah dalam menilai harga suatu rumah adalah membuat perbandingan dengan harga pasar. Cara ini dilakukan dengan membandingkan rumah Anda terhadap rumah-rumah yang berhasil dijual di sekitar tempat tinggal Anda. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan survei terhadap kondisi pasar properti di sekitar tempat tinggal Anda. Beruntung sekali jika Anda berhasil mendapatkan informasi tentang rumah yang mempunyai spesifikasi yang mirip seperti rumah Anda dan telah berhasil dijual. Anda hanya perlu melakukan perbandingan lagi untuk mendapatkan hasil perhitungan yang lebih akurat.

Cara III. Hitung Menurut NJOP Rumah

Sebenarnya ada satu cara yang paling mudah untuk mengetahui nilai suatu rumah. Tidak lain yaitu dengan melihat NJOP rumah Anda. Informasi ini biasanya tercantum di dalam bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan. Di sana sudah tercantum informasi yang lengkap tentang luas rumah Anda serta harga per meter perseginya. Sayangnya nilai NJOP ini biasanya tidak terlalu update. Sehingga harga rumah yang tertera di sana terlalu rendah dibandingkan harga pasaran. Umumnya kita akan merugi kalau menjual rumah berdasarkan NJOP. Jadi kami sarankan sebaiknya cara ini tidak digunakan, baik itu Anda sebagai penjual maupun pembeli.

Cara IV. Meminta Bantuan Penaksir dari Bank

Tidak hanya developer atau kontraktor saja yang mampu menaksir harga rumah secara tepat, tapi penaksir dari pihak bank pun mempunyai kemampuan yang mumpuni. Mereka umumnya sudah mempunyai gambaran dan pengalaman yang sangat update soal harga rumah di daerah Anda. Jadi tak ada salahnya Anda meminta bantuan seorang penaksir harga rumah dari bank. Biaya jasa penaksir ini biasanya sekitar Rp 300-500 ribu. Namun kalau ingin yang gratis, Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank dengan jaminan rumah Anda. Maka pihak bank pun akan menaksir harga rumah Anda dengan senang hati.