15 Tips Bangun Rumah agar Biayanya Murah

Daripada membeli rumah yang sudah jadi, Anda bisa menghemat anggaran biaya yang cukup banyak dengan membeli tanah lalu membangun rumah sendiri di atasnya. Apalagi kalau Anda pandai dalam menganalisis serta menyusun RAB (Rencana Anggaran Belanja) pembangunan rumah tersebut, kami jamin Anda bisa menghemat banyak uang. Selain pengadaan material bangunan, penghematan juga dapat dilakukan untuk biaya tenaga dan konsumsi.

Kenyataannya developer memang selalu mengambil keuntungan dari rumah yang dijual. Tidak hanya laba dari tanah, tapi laba dari bangunan juga sudah dihitung dengan matang. Bagaimana pun kita berbisnis untuk mendapatkan keuntungan kan? Itulah sebabnya harga rumah menjadi semakin mahal. Kalau Anda masih mempunyai waktu, kami sarankan bangunlah rumah sendiri. Tak hanya budget-nya lebih murah, namun Anda juga bisa menentukan desain rumah yang benar-benar diinginkan.

bangun-rumah-agar-murah.jpg

Kami mempunyai banyak tips untuk menghemat biaya pembangunan rumah supaya lebih murah, antara lain :

Bersihkan Tanah yang akan Dibangun sampai Lapang

Ada banyak cara untuk menghemat biaya pembangunan rumah. Salah satunya yaitu membuat waktu pengerjaan menjadi lebih singkat. Pastikan para pekerja hanya melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan rumah Anda. Anda bisa memulainya dengan membersihkan tanah yang hendak dibangun. Tebanglah semua pohon yang tumbuh. Setelah itu, singkirkan semua benda dari tanah tersebut. Buatlah kondisi tanah menjadi kosong untuk mempermudah pekerja saat membangun rumah nantinya.

Minta Bantuan Tukang yang Masih Keluarga

Sudah bukan rahasia lagi kalau ada yang namanya harga keluarga. Di bidang apapun, jika ada keluarga yang membutuhkan jasa kita pasti harganya menjadi lebih murah. Begitu pula di bidang arsitektur ini, Anda bisa meminta bantuan tukang bangunan dengan harga yang miring apabila tukang tersebut masih ada hubungan keluarga dengan Anda. Tanpa diminta, mereka pun sudah mengetahuinya. Tidak hanya itu, kelebihan lainnya memakai bantuan tukang yang masih merupakan keluarga yaitu komunikasi Anda bisa lebih lancar.

Pilih Tukang yang Ahli dan Kerjanya Cekatan

Daripada meminta bantuan seorang tukang bangunan yang harga jasanya murah tetapi cara kerjanya tidak bagus, jauh lebih baik menggunakan jasa seorang tukang yang benar-benar sudah profesional. Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya. Tukang yang mampu bekerja dengan cekatan juga dapat mempersingkat waktu pembuatan rumah. Jadi bila ditotal, Anda justru akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit.

Biarkan Tukang Mendapatkan Libur 1 Hari per Minggu

Tidak sedikit orang yang ingin cepat-cepat rumahnya selesai dibangun. Dia sudah tidak sabar lagi untuk menghuni rumah barunya. Oleh sebab itu, dia pun meminta para pekerja untuk masuk setiap hari tanpa ada libur sama sekali. Padahal jadwal kerja seperti ini sangat tidak bagus. Perlu Anda ketahui, tukang bangunan adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga. Jika pekerja terlalu lelah, hasil kerja dan kecepatannya dalam bekerja pun akan menurun. Para pekerja ini membutuhkan waktu libur untuk memulihkan tenaganya.

Jangan Biarkan Para Tukang Lembur di Malam Hari

Sama seperti poin di atas. Kami tidak menyarankan Anda mendorong para pekerja untuk terus-menerus bekerja sebab hasilnya pasti tidak akan bagus. Para pekerja yang kelelahan ini justru akan merugikan Anda. Kecuali untuk menyelesaikan pekerjaan pengecoran, sebaiknya Anda tidak meminta para pekerja ini untuk lembur di malam hari. Anda justru kami himbau supaya melarang mereka agar tidak lembur supaya tenaganya bisa maksimal kembali di keesokan harinya.

Jika Anda Punya Waktu Luang, Bantu Sebisanya

Tidak semua pekerjaan yang berhubungan dengan membangun rumah membutuhkan keterampilan. Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan sendiri untuk membantu tukang bangunan tersebut. Misalnya seperti membawa material, membantu memegangi sesuatu, mengayak pasir, membeli material di toko bangunan, dan sebagainya. Jika Anda mempunyai waktu luang, jangan sungkan untuk membantu mereka supaya pekerjaannya lebih cepat selesai. Anda bisa menghemat banyak uang.

Buat Rencana Pembangunan secara Matang

Segala sesuatu memang perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya. Sebab bila tidak, Anda pasti akan mengalami pemborosan dalam pelaksanaannya. Begitu pula saat membangun rumah, Anda harus membuat RAB sebelum mulai melakukannya. Buatlah RAB secara matang. Jika kesulitan menyusunnya sendiri, Anda bisa meminta bantuan seorang teman yang lebih ahli untuk membuat RAB. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan gambaran seberapa besar biaya yang dibutuhkan .

Beli Material Ketika Harganya Murah dan Kumpulkan

Tahukah Anda, harga material bangunan bersifat fluktuatif. Harganya bisa berubah-ubah setiap saat. Kadang-kadang harganya bisa cukup murah. Namun ada pula masanya harga material bangunan ini sangat mahal. Misalnya untuk harga semen per sak harganya cepat sekali berubah-ubah. Selisihnya bisa mencapai Rp 20-30 ribu. Anda harus rajin mengeceknya untuk mendapatkan harga yang terbaik. Segera beli material tersebut saat harganya murah. Anda bisa menyimpannya dulu di tempat yang aman.

Gunakan Material Bekas Pakai yang Masih Bagus

Harga material bekas pakai biasanya lebih murah daripada material yang baru. Namun tidak selalu kualitas barangnya payah. Bahkan untuk material yang terbuat dari bahan logam justru umumnya lebih bagus kalau diambil dari barang-barang buatan zaman dulu sebab materialnya masih murni. Anda bisa berburu barang-barang bekas ini di pasar loak atau kenalan yang kebetulan ingin menjualnya. Periksa dengan teliti kondisi barang tersebut. Jika memang masih bagus dan harganya lebih murah, jangan ragu untuk membelinya.

Pilihlah Material Alternatif yang Lebih Murah

Material yang tergolong masih baru diperkenalkan umumnya memiliki harga yang lebih murah. Sebab tingkat permintaan pasarnya memang belum terlalu tinggi sehingga produsen biasanya mematok harga lebih rendah untuk menarik perhatian calon pembeli. Contohnya seperti harga bata hebel yang lebih murah daripada batu bata, atau harga rangka atap baja ringan yang lebih murah daripada harga rangka atap kayu. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli bahan bangunan alternatif ini. Jika memang kualitasnya sama saja atau justru lebih bagus, ada baiknya Anda memilih material alternatif ini.

Belilah Material di Toko Bangunan yang Sama

Setiap toko bangunan tentu akan memberikan harga yang berbeda antara pembelian secara eceran atau pun grosir. Kabar baiknya ialah Anda tidak harus membeli barang dalam jumlah yang banyak langsung untuk mendapatkan harga grosir di toko bangunan. Cukup buat perjanjian saja sebelumnya bahwa Anda sedang membangun rumah dan ingin membeli banyak material dari toko tersebut. Rata-rata toko bangunan sudah mengerti dengan perkataan ini. Selanjutnya Anda dapat membeli beberapa material di toko ini supaya mendapatkan harga miring.

Pilih Material yang Sudah Terbukti Awet

Murah tidaknya suatu produk sebenarnya tidak hanya ditentukan oleh harganya saja. Justru daya tahan material tersebut yang menjadi faktor penentu utamanya. Material yang awet, walau harganya lebih tinggi, jatuhnya justru lebih murah karena Anda bisa memakainya dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membeli material bangunan berdasarkan tingkat keawetannya. Belilah material yang benar-benar sudah terbukti awet.

Bangunlah Rumah Pada Musim Kemarau

Membangun rumah di musim kemarau memang terbukti lebih hemat biaya. Mengapa? Pertama karena bangunan yang sedang dikerjakan akan lebih cepat mengering. Kedua, tidak ada hujan yang dapat melarutkan atau merusak material-material yang telah Anda beli. Ketiga, para pekerja bisa terus bekerja tanpa terpotong atau terganggu waktunya akibat hujan yang turun dengan deras. Sebisa mungkin hindari mendirikan rumah di musim penghujan.

Sediakan Jajanan yang Mengenyangkan Perut

Janganlah menjadi seorang bos yang pelit. Bagaimana pun juga Anda bertanggung jawab terhadap kenyaman para pekerja yang sedang membangun rumah Anda. Sediakan jajanan pasar untuk menjaga stamina tubuh mereka selama bekerja. Kami sarankan berikanlah makanan ringan yang tidak hanya lezat, tetapi juga dapat mengenyangkan perut serta meningkatkan stamina. Hindari menyajikan makanan ringan berupa snack, kerupuk, atau keripik.

Buat Peraturan yang Tegas Soal Merokok

Kebanyakan para pekerja di sektor bangunan memang merokok. Sayangnya waktu merokok ini kadang-kadang mengganggu konsentrasi mereka saat bekerja. Tidak sedikit pekerja yang terlalu asyik menghisap rokoknya sehingga kecepatan kerjanya menurun. Yang menjengkelkan lagi kalau saat merokok ini, mereka malah bersenda gurau dan mengobrol tidak karuan bersama dengan pekerja lainnya. Jadi kalau memungkinkan, buatlah peraturan tentang merokok ini di awal perjanjian supaya proses pembangunan rumah Anda dapat berjalan dengan lancar dan cepat.