Perawatan
Aug8

Yang Benar, Cara Membersihkan Mesin Cuci Sampai Tuntas

Bagaimana cara membersihkan mesin cuci sampai tuntas? Di era modern ini, hampir semua pekerjaan rumah tangga dapat ditangani dengan mesin. Tak terkecuali dengan urusan mencuci pakaian yang bisa dibantu oleh mesin cuci. Anda tinggal memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin, mengisinya dengan deterjen dan air, lalu menyalakan mesin cuci. Cukup menunggu selama beberapa saat, pakaian-pakaian yang kotor pun selesai dicuci hingga bersih dan siap dijemur.

cara-membersihkan-mesin-cuci.jpg

Mesin Cuci

Supaya mesin cuci awet, anda perlu merawatnya dengan benar. Salah satu bentuk perawatan yang mesti dilakukan secara rutin ialah membersihkan mesin cuci tersebut. Ternyata tidak sulit kok untuk membuat mesin cuci di rumah anda menjadi bersih. Berikut ini panduan selengkapnya :

Alat dan Bahan :

  • Cuka Putih
  • Cairan Pemutih Pakaian
  • Spons

Langkah-langkah :

  1. Tuangkan 2 cangkir cuka putih ke dalam mesin cuci dan biarkan selama 1 jam agar zat asam pada cuka bekerja membunuh bakteri. Setelah itu, nyalakan mesin cuci seperti biasanya sehingga cairan cuka berputar di dalam tangki mesin cuci dan membersihkannya. Buang cuka segera setelah mesin berhenti.
  2. Masukkan cairan pemutih pakaian sebanyak 2 cangkir ke dalam mesin cuci, lalu tunggu selama beberapa saat supaya cairan pemutih ini bereaksi di dalam mesin. Seperti pada langkah pertama, nyalakan mesin cuci untuk memutar cairan pemutih pakaian selama 15-20 menit. Kemudian keluarkan segera cairan pemutih pakaian tersebut.
  3. Tahap pembilasan bisa dilakukan dengan mengisi mesin cuci memakai air bersih secukupnya, lalu dinyalakan. Tunggu selama beberapa saat biar semua zat pembersih di dalam tangki larut dengan air. Berikutnya, buang air kotor ini melalui saluran pembuangan.
  4. Untuk membersihkan saluran pembuangan, anda bisa menggosoknya dengan spons. Pastikan semua noda dan kotoran yang terkumpul di saluran ini hilang seluruhnya. Berikan perhatian yang lebih pada bagian sudut di mana sering menjadi tempat melekatnya noda membandel.

Seperti itulah cara yang paling mudah dalam membersihkan mesin cuci. Meskipun begitu metode ini terbukti efektif membuat mesin cuci anda menjadi benar-benar bersih dan higienis. Frekuensi pembersihan mesin cuci sebaiknya dilakukan minimal setiap dua minggu sekali. Selain menimbulkan noda yang membandel, mesin cuci yang jarang dibersihkan juga menyebabkan performanya akan berkurang.