Perawatan
Feb21

Tips Merawat Lantai Ubin Terakota biar Menarik

Saat ini, lantai ubin terakota memiliki pilihan yang cukup beragam. Mulai dari yang berbentuk kotak, persegi panjang, hingga segi delapan. Jika dibandingkan dengan lantai tegel dan lantai keramik, ukuran pori-pori pada ubin terakota lebih lebar. Hal ini yang membuat permukaannya lebih nyaman dipijak dan tidak terasa keras. Namun di sisi lain, ukuran pori-pori yang besar ini juga membuat permukaan ubin terakota gampang kotor dan cepat lusuh.

lantai-ubin-terakota.jpg

Bagaimana caranya agar lantai dengan ubin terakota ini bisa terlihat menarik?

  1. Karena memiliki permukaan yang berpori, sebaiknya anda memberikan lapisan pelindung/wax pada lantai terakota tersebut. Adapun proses pengaplikasian lapisan ini terbilang mudah, yakni dengan memakain bantuan electric polisher atau kain yang lembut. Lakukan proses ini dengan frekuensi seminggu sekali selama enam minggu pertama agar permukaan lantai terlindungi dan lebih mengkilap.
  2. Sebagai bentuk perawatan sehari-hari, anda bisa membersihkan permukaan ubin terakota ini menggunakan sapu maupun vacum cleaner. Sedangkan pada saat mengepel, disarankan selalu memakai cairan pembersih lantai untuk membasmi kuman-kuman yang melekat di permukaan dan pori-porinya. Jangan pernah sekalipun menggosok lantai menggunakan sikat kasar jika anda tidak ingin permukaan ubin tergores.

Itulah tadi dua bentuk perawatan umum yang perlu anda lakukan agar tampilan lantai terakota di rumah anda selalu bersih dan tampak menarik. Bagi anda yang juga tertarik dengan pesona lantai kayu, ulasan selengkapnya bisa dilihat di sini. Selamat mencoba.