Tips Merawat Jaket Kulit yang Benar

Bagaimana cara merawat jaket kulit yang tepat? Meskipun berharga mahal, produk jaket kulit semakin diminati karena tampilannya yang mewah dan awet. Tingginya minat terhadap jaket ini membuat beberapa perusahaan mengembangkan produk kulit sintetis yang biasa disebut vinil. Meskipun sekilas tampak sama, tentu saja bentuk perawatan kedua bahan ini sangat berbeda.

Perlu anda ketahui, merawat bahan kulit asli yang paling tepat adalah dengan menggunakan produk cairan khusus pembersih bahan kulit. Sekarang, produk semacam ini mudah ditemukan di toko-toko pakaian. Di samping itu, berikan juga produk pelembab supaya jaket kulit anda terlindung dari terik matahari.

Selain anjuran di atas, ada juga larangan-larangan saat merawat jaket kulit yang meliputi :

  1. Jangan menyesaki atau mengantongi benda berat ke saku jaket karena bisa membuat teksturnya kendor.
  2. Jangan menyemprotkan parfum/cologne ke jaket karena akan meninggalkan noda.
  3. Jangan menancapkan jarum, pin, lencana karena akan merusak finishing jaket secara perlahan.
  4. Jangan menyetrika jaket karena akan meninggalkan bekas cap.

Membersihkan Jaket yang Terkena Noda

Sama seperti merawat sofa kulit, jika jaket anda terkena noda, segeralah basuh dengan kain lembab sebelum noda tersebut menempel kuat. Noda yang membandel, seperti jamur dan tinta, sulit dibersihkan dan membutuhkan cairan pembersih khusus.

Ketika bagian dalam jaket anda terkena noda, anda bisa mencucinya sendiri dengan catatan bahannya terbuat dari kain biasa. Akan tetapi, jika bagian ini juga terbuat dari kulit, anda harus membawanya ke laundry sebab mereka lebih mengerti bentuk penanganan yang tepat.

Mencuci Jaket

Sekali-kali, jaket juga perlu dicuci dengan air agar kebersihannya terjaga. Penjemuran jaket yang baik adalah cukup dengan mengangin-anginkannya saja dan jangan diperas. Mungkin butuh waktu sekitar tiga hari agar jaket yang basah tersebut benar-benar kering. Terakhir, berikan pelembut kulit sebagai pelindung.

Menyimpan Jaket Kulit

Menyimpan jaket dengan benar akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada jaket tersebut. Jaket disimpan dengan cara menggantungnya dengan hanger yang kuat, bukan dilipat. Simpan jaket tersebut di tempat yang kering dan terhindari dari sinar matahari langsung. Jangan lupa, berikan penutup dari kain agar tidak tertimbun debu. Hindari menutupi jaket dengan plastik karena akan menimbulkan kelembaban.