Perawatan
Aug2

Tips Merawat Furnitur Rotan yang Belum Diketahui Banyak Orang

tips-merawat-furnitur-rotan.jpg

Furnitur rotan mempunyai pesona tersendiri jika dibandingkan dengan kayu. Teknik pembuatannya dilakukan dengan cara dianyam sehingga memungkinkan furnitur ini memiliki pola dan tekstur yang sangat indah. Inilah sebabnya jika Anda memiliki furnitur berbahan rotan sebaiknya tidak perlu dicat berwarna. Rotan juga dikenal memiliki kelenturan dan kekuatan yang lebih tinggi.

Contoh furnitur yang dibuat dengan bahan rotan cukup beranekaragam. Misalnya saja kursi malas, meja, lemari, sampai tatakan lampu duduk. Furnitur-furnitur ini dikenal mampu menghadirkan kehidupan pada dekorasi suatu ruangan.

Meskipun tidak dicat, rotan tetap terlihat cantik. Hal ini tidak lain tidak bukan karena pola anyam yang dimilikinya. Pola ini sangat apik, khususnya jika disandingkan dengan pola dari dekorasi lainnya. Karena itulah, selain memiliki fungsi praktis furnitur berbahan rotan juga bisa dijadikan sebagai hiasan saja.

Sayangnya di balik semua itu, furnitur rotan juga mudah kotor. Debu dan beberapa kotoran lainnya bisa menempel dengan sangat tersembunyi di sela-sela pola anyamannya. Kalau sudah begini, furnitur sulit dibersihkan dan tampilannya pun menjadi lusuh.

Di bawah ini tips-tips yang akan membantu Anda merawat furnitur rotan :

1. Lap Memakai Kain Kering

Seperti pada umumnya, furnitu rotan membutuhkan perawatan tiap harinya. Bentuk perawatannya cukup sederhana yaitu dengan cara mengelapnya menggunakan bantuan kain kering. Noda pada furnitur akan menempel di kain dan membuatnya terlihat bersih.

2. Gunakan Deterjen untuk Membersihkan Sela-sela Anyaman

Penggunaan kain saja belum mampu membersihkan sela-sela anyaman rotan. Oleh sebab itu, gunakan deterjen agar pekerjaan Anda menjadi lebih efektif. Jangan lupa setelahnya juga dilap sampai kering. Hindari memakai cairan kimia karena bisa merusak serat rotan. Rutin melakukan ini sebulan sekali untuk menjaga kebersihan rotan di rumah Anda.

3. Hindari Tempat Lembab dan Terik Matahari

Warna rotan akan menjadi semakin kusam apabila selalu terkena matahari. Pun demikian saat diletakkan di tempat lembab, maka jamur mudah tumbuh di permukaannya. Selalu pastikan ruangan Anda terjaga dari kedua faktor perusak furnitur ini. Agar pesonanya bisa dipertahankan, Anda bisa mengecatnya kembali.

4. Manfaatkan Minyak Tanah dan Kamper

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan cara penanggulan rayap agar tidak merusak furnitur di rumah. Anda bisa memanfaatkan poin minyak tanah dan kamper (kapur barus). Caranya mudah, cukup larutkan kamper pada semangkuk kecil minyak tanah lalu usapkan merata ke seluruh permukaan furnitur. Dengan demikian rayap tidak akan menyerang furnitur Anda.

5. Berikan Lapisan Wax

Wax merupakan sejenis cat yang biasa digunakan untuk melapisi furnitur. Anda bisa membelinya di toko bangunan karena benda ini banyak dijual di sana. Cara menggunakannya adalah cukup disemprotkan ke seluruh permukaan furnitur secara merata. Hasilnya, furnitur terlihat lebih mengkilap dan terlindungi.