Perawatan
Apr22

Tips Merawat Furnitur Kayu Jati

Furnitur kayu jati bisa menjadi suatu bentuk benda investasi karena mampu dipergunakan selama beberapa tahun. Di samping kualitasnya yang tahan lama, furnitur jati juga tidak terlalu membutuhkan perawatan yang rumit. Cukup dengan melakukan apa yang boleh dan tidak boleh terhadap furnitur jati, sudah termasuk ke dalam pemeliharaannya.

Kayu jati merupakan kayu yang paling keras dan tahan lama di dunia. Pohon jati terdiri dari beberapa varietas dengan tingkat kualitas kayu yang berbeda-beda. Oleh karena itu, rekomendasi kami adalah membeli furnitur jati di toko mebel yang bisa menjamin kualitas kayu jati yang dipakai. Selain itu, furnitur yang dibuat secara tradisional menggunakan tenaga manusia juga akan menambah kualitasnya. Hati-hati dengan furnitur dan mebel jati yang berharga murah karena biasanya menggunakan pohon jati yang kurang berkualitas, bahkan ada yang menggantinya dengan pohon pinus dan memanennya secara ilegal.

tips-merawat-furnitur-kayu-jati.jpg

Memberi Minyak ke Jati? Jangan!

Anda tidak harus menambahkan bahan pengawet atau bentuk perawatan apapun untuk memastikan usia furnitur jati Anda. Memberikan cairan minyak ke permukaan jati hanya dilakukan jika Anda berencana menggunakan furnitur tersebut untuk interior rumah. Sedangkan, furnitur di luar rumah tidak perlu karena tidak akan berefek apapun justru malah akan membuat Anda harus merawatnya secara rutin. Jati yang diberikan cairan minyak lebih mudah terserang jamur dan rentan terhadap cuaca. Furnitur yang baru sering terlihat mengkilap di permukaannya karena lapisan minyak ini alami dikandung oleh jati yang kemudian akan naik secara perlahan melapisi seluruh permukaan jati. Lapisan ini akan menguap seiring dengan berjalannya waktu. Lapisan minyak yang hilang kemudian akan tergantikan dengan lapisan di bawahnya. Inilah penyebabnya kenapa kayu jati bisa bertahan dengan baik meski dibiarkan berada di luar ruangan secara terus-menerus.

tips-merawat-furnitur.jpg

Furnitur Jati Mengalami Perubahan

Ketika diletakann di luar ruangan dan terkena cuaca, secara alami furnitur akan berubah warna menjadi keabu-abuan. Biasanya perubahan ini terjadi setelah beberapa bulan sejak dipindahkan ke luar, tergantung intensitas cahaya dan hujan yang mengenainya. Proses pelapukan akan terjadi 6-8 bulan kemudian. Selama proses pelapukan terjadi, Anda akan melihat serpihan seperti bubuk di permukaan furnitur kayu. Akibat dari pelapukan ini, akan timbul lubang-lubang kecil di permukaan. Perlu Anda ketahui bahwa ini bukanlah tanda yang menunjukkan bahwa kualitas furnitur rendah, melainkan proses alami yang akan terjadi pada semua jenis kayu. Proses ini akan terus berlanjut hingga seluruh permukaan furnitur yang Anda letakkan berubah menjadi keabu-abuan.

merawat-furnitur-kayu.jpg

Saya Lebih Suka Furnitur Berwarna Coklat Mengkilap

Kayu jati yang menjadi abu-abu hanyalah tanda bahwa lapisan minyak yang ada di permukaan kayu sudah menguap. Artinya, Anda bisa mengembalikan ke warna aslinya dengan menggosoknya menggunakan sikat lembut dan air sabun. Jika ingin proses yang lebih efektif Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus kayu jati.

furnitur-kayu-jati.jpg

Apa lagi yang bisa dilakukan untuk merawat furnitur jati?

Pembersihan kayu jati secara berkala merupakan perawatan yang paling direkomendasikan karena mampu mempertahankan tampilan fisiknya dan mencegah kotoran menumpuk di permukaannya. Bersihkan menggunakan air hangat yang dicampur deterjen, bisa juga dengan menambahkan pemutih. Kemudian bilas dengan air bersih. Pastikan Anda mengelapnya sampai kering agar terhindar dari jamur. Beberapa orang akan menutup furnitur kayu ketika akan meninggalkan rumahnya dalam waktu lama. Hal ini sah-sah saja dilakukan, tetapi pastikan kain yang digunakan memiliki serat yang longgar agar ruangan di baliknya tidak lembab. Jangan menggunakan plastik atau terpal untuk menutupinya karena malah akan membuat furnitur berjamur.

tips-furnitur-kayu-jati.jpg

Goresan dan Noda Membandel

Kayu adalah bahan yang mudah dibersihkan. Anda bisa membersihkannya begitu saja untuk menghilangkan noda yang menempel. Sementara untuk goresan yang terjadi di permukaan furnitur bisa Anda haluskan kembali dengan mengamplasnya.