Perawatan
Nov8

Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Dalam Rumah

Menghilangkan bau tak sedap dari rumah bisa dilakukan hanya dengan langkah sederhana. Kuncinya adalah memastikan interior rumah selalu bersih sehingga bakteri dan kuman tidak bisa berkembang biak di sini. Selanjutnya, sisa bau tak sedap yang masih muncul bisa dihilangkan dengan menghadirkan aroma wangi yang lebih kuat.

Berikut ini cara-caranya :

Buka Jendela Minimal 20 Menit Perhari

menghilangkan-bau-tak-sedap.jpg

Udara fresh merupakan penyegar ruangan yang paling bisa diandalkan. Banyaknya oksigen yang terkandung di dalam udara ini membuat kesegarannya tak tertandingi. Oleh karena itu, akan sangat rugi bila anda tidak memanfaatkannya. Pastikan anda membuka jendela rumah paling tidak selama 20 menit tiap harinya. Biarkan udara yang terjebak semalaman di rumah berganti dengan udara lain yang lebih segar. Sementara itu, apabila rumah anda tidak mempunyai jendela, maksimalkan lah fungsi pintu utama dan pintu belakang sebagai ventilasi udara.

Jauhkan Sampah dari Rumah

tips-menghilangkan-bau-tak-sedap.jpg

Sampah merupakan penyebab paling besar timbulnya suatu bau tidak sedap di dalam rumah. Wajib hukumnya bagi anda untuk membebaskan rumah dari sampah apapun. Biasakanlah untuk tidak menumpuk sampah di dalam rumah, apalagi sampah dapur yang bersifat basah dan mudah membusuk. Segeralah buang sampah-sampah ini, tentunya dengan memisahkan jenisnya terlebih dulu. Sampah organik sangat berharga dan bisa dibuat menjadi pupuk tanaman dengan mudah.

Pelihara Tanaman Berbunga di Halaman

cara-menghilangkan-bau-tak-sedap.jpg

Wangi bunga menjadi pengharum ruangan sekaligus mampu menghilangkan bau tak sedap secara efektif. Bunga mawar, melati, kenanga, sedap malam, dan kemuning memiliki aroma wangi yang begitu kuat. Usahakan menanam tumbuhan-tumbuhan berbunga ini di dekat pintu dan jendela agar semerbak harumnya bisa terbawa hingga ke dalam ruanga. Bisa juga dengan memetik beberapa kuntum bunga dan menaruhnya di atas piring. Adanya tanaman bunga juga sekaligus akan memperindah tampilan halaman rumah anda.

Pengharum Ruangan Alami dari Bumbu Dapur

panduan-menghilangkan-bau-tak-sedap.jpg

Tahukah anda, bumbu dapur ternyata bisa digunakan untuk membuat pengharum ruangan. Aromanya yang khas memungkinkannya dapat menghilangkan bau tak sedap di rumah. Manfaatkan bumbu dapur yang ada di rumah anda sebagai pengharum ruangan, seperti kayu manis, cengkeh, daun pandan, dan jeruk nipis. Biasanya bahan-bahan ini cukup dirajang halus dan ditempatkan di piring agar aromanya kian semerbak. Untuk resep selengkapnya, kami pernah bisa mengupasnya di sini.