Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Dalam Lemari Pakaian

Sudah bukan masalah yang baru lagi kalau lemari pakaian kadang-kadang mengeluarkan aroma yang tak sedap. Masalah ini memang sering kali menimpa semua lemari pakaian, bukan cuma lemari milik Anda seorang. Apa sih penyebabnya? Ternyata aroma yang tidak enak ini disebabkan oleh jamur yang hidup di dalam lemari tersebut. Kondisi lemari yang lembab dapat memicu tumbuhnya bibit jamur yang terbawa oleh angin. Lama-kelamaan jumlahnya pun semakin banyak dan membuat lemari berbau.

Masalah lemari pakaian yang berbau tak sedap mesti Anda atasi dengan bijaksana. Walau kelihatannya sepele, Anda tidak boleh mengabaikan masalah tersebut. Ingat, sumber penyebab lemari Anda berbau tidak enak adalah jamur. Dengan kata lain, bukan tidak mungkin seluruh pakaian Anda yang disimpan di dalam lemari tersebut sudah terserang jamur. Jika Anda mengenakan pakaian ini, maka kulit Anda bisa terinfeksi oleh jamur. Akibatnya Anda pun dapat terkena berbagai jenis penyakit kulit.

Cara mengatasi lemari pakaian yang sudah terlanjur ditumbuhi jamur yaitu :

Bersihkan Lemari Pakaian Anda Secara Rutin

Jangan cuma membersihkan ruangan saja ya. Anda juga perlu membersihkan lemari pakaian sekali-kali.  Paling tidak sih lemari perlu dibersihkan setiap 1-3 bulan. Manfaatkan waktu luang Anda di akhir pekan untuk kegiatan yang positif. Salah satunya yaitu membersihkan lemari pakaian. Dalam membersihkan lemari ini, Anda perlu mengeluarkan semua pakaian di dalam lemari terlebih dulu. Lantas bersihkan seisi lemari Anda dan biarkan selama beberapa saat agar udara segar memasukinya dengan maksimal.

Letakkan Lemari di Tempat yang Paling Tepat

Beberapa orang melakukan kekeliruan ketika meletakkan lemari di  dalam suatu ruangan. Saat menaruh lemari pakaian, kami sarankan sebaiknya berikanlah jarak yang cukup antara dinding dengan lemari. Apa tujuannya? Hal ini dilaksanakan semata-mata untuk menghindari kelembaban dan tumbuhnya jamur di antara lemari dan dinding. Terlebih jika dinding tersebut berbatasan langsung pada ruangan yang cukup lembab seperti kamar mandi dan dapur. Anda mesti waspada.

Jangan Masukkan Pakaian yang Belum Kering

Kadang-kadang kita tidak terlalu memperhatikan kondisi pakaian yang dimasukkan ke dalam lemari. Apa pakaian tersebut sudah benar-benar kering atau belum? Sebab kalau pakaian yang Anda masukkan ke lemari masih cukup lembab, maka bukan tak mungkin kondisi lemari Anda yang sebelumnya kering pun akan ikut menjadi lembab. Tinggal menunggu waktu saja, jamur-jamur pun akan tumbuh di dalamnya. Jadi mulai sekarang biasakan hanya memasukkan pakaian yang sudah kering sempurna ya.

Lawan Jamur dengan Fungisida yang Sesuai

Apabila lemari Anda sudah ditumbuhi cukup banyak jamur, Anda harus melawannya untuk mematikan jamur-jamur tersebut. Salah satu caranya yaitu memanfaatkan produk fungisida yang tepat. Anda bisa mendapatkan fungisida ini di toko pertanian terdekat. Kalau mau lebih aman, beli produk khusus untuk membasmi jamur yang banyak dijual di supermarket ya. Anda juga bisa memanfaatkan racun pembunuh nyamuk loh. Silakan Anda semprotkan fungisida ke permukaan lemari secara merata.

Sementara itu, untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap dari dalam lemari pakaian akibat jamur, Anda bisa memanfaatkan kiat-kiat di bawah ini!

  1. Manfaatkan Bahan Alami

Beberapa bahan alami mempunyai khasiat untuk menghilangkan bau dengan ampuh. Sebagai contoh yaitu kopi, tembakau, sereh, melati, daun pandan, serta cengkih. Siapkan bahan alami yang paling pas bagi Anda, lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil. Lantas mangkuk ini bisa Anda letakkan ke dalam lemari pada sudut yang paling tepat. Aroma tembakau dan bunga melati akan menetralisir udara di dalam lemari dan membuat lemari pun menjadi harum.

  1. Gunakan Kapas Berparfum

Sebagai pengganti bahan-bahan alami, Anda bisa menggunakan butiran kapas yang telah diberi parfum. Ambil beberapa lembar kapas bersih kemudian bentuk menjadi butiran-butiran kecil. Setelah itu, berikan parfum pada butiran kapas tadi. Sama seperti pada tips pertama, letakkan butiran kapas ini ke dalam mangkuk kecil kemudian masukkan ke dalam lemari. Selain bau apek lemari akan hilang, pakaian di dalamnya pun menjadi harum terkena parfum tadi.

  1. Pakai Irisan Sabun Mandi

Apabila Anda menginginkan tips yang lebih mudah dan juga murah, gunakanlah sabun mandi untuk mengatasi bau apek di dalam lemari pakaian. Aroma wangi yang kuat di sabun akan lebih cepat mengusir bau dari dalam lemari. Cobalah Anda mengiris sabun mandi menjadi potongan-potongan yang kecil, kemudian letakkan irisan sabun mandi ini ke dalam sebuah mangkuk. Anda bisa mengganti potongan sabun ini dengan yang baru manakal aroma wanginya sudah sirna.