Perawatan
Dec17

Tips Mengecat Dinding Menggunakan Kuas dan Roller

Saat ini, mengecat dinding merupakan pekerjaan yang umum dilakukan oleh semua ruang. Di samping cat dinding, peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan hal ini di antaranya kuas dan roller. Perlu diketahui, penggunaan kuas dan roller ini harus saling melengkapi. Anda tidak bisa memilih apakah akan memakai kuas atau roller saja.

mengecat-dinding-menggunakan-kuas.jpg

Kuas

Karena sapuannya mudah disesuaikan, kuas digunakan untuk mengaplikasikan cat pada bagian sudut-sudut dinding. Hasilnya, keseluruhan dinding pun tertutupi dengan cat secara merata. Apabila anda menggunakan kuas untuk mengecat seluruh permukaan dinding ruangan, yang ada waktu pengerjaan menjadi lebih lama dan cat yang dipakai pun lebih boros.

Sebelum menggunakannya, terlebih dulu bulu kuas tersebut harus dibersihkan dari kotoran yang menempel. Selanjutnya, pastikanlah kuas dalam kondisi kering supaya kualitas cat tetap terjaga dan bisa menempel kuat di bulu kuas. Tips agar cat tidak terbuang percuma sehingga boros, jangan pernah memasukkan seluruh bulu kuas ini ke dalam wadah cat. Cukup sepertiga ukuran bulu kuas saja.

mengecat-dinding-menggunakan-roller.jpg

Roller

Sementara itu, dianjurkan bagi anda untuk mengecat dinding yang luas dan berbidang datar menggunakan bantuan roller. Jangan memaksakan diri memakai roller untuk mengecat perbatasan antara dinding, plafon, dan lantai. Anda bisa memanfaatkan bantuan kuas untuk bidang-bidang yang sempit ini.

Sama seperti penggunaan kuas, langkah pertamakali yang perlu anda lakukan adalah membersihkan permukaan roller tersebut. Caranya yaitu basahilah roller dengan air bersih, kemudian peras untuk menghilangkan kotoran-kotorannya. Selanjutnya anda bisa langsung memakai roller ini untuk mengaplikasikan cat ke dinding.

Mula-mula, celupkan roller ke dalam bak cat, lalu peraslah dengan memutar roll tersebut pada sisi bak. Selanjutnya, usapkanlah roller tersebut dimulai dari area yang dekat pertemuan dua dinding. Sama seperti saat anda mewarnai lukisan, jangan pernah mencampuradukkan pola pengecatan secara horisontal dan vertikal. Teknik yang benar, anda harus mengecat dinding tersebut dengan pola horisontal atau vertikal secara menetap sampai semua bidangnya tertutupi rata.