Perawatan
Aug11

Tips Membersihkan Jendela Bagian Luar dan Dala

tips-membersihkan-jendela.jpg

Membersihkan jendela sebaiknya dilakukan secara menyeluruh, baik bagian luar maupun dalam. Beberapa orang mengaku kesulitan dalam melakukannya terutama jika jendela tersebut tinggi dan sulit dijangkau. Tapi, dengan tips ampuh berikut ini, anda bisa membuat jendela bersih lebih cepat dan lebih mudah :

Langkah Awal

Pertama-tama, susunlah perencanaan yang matang. Untuk membuat jendela benar-benar bersih, anda harus membersihkan bagian luar dan dalamnya secara menyeluruh. Yang perlu diperhatikan, beberapa peralatan kebersihan ada yang ditujukan khusus untuk bagian luar dan beberapa juga khusus untuk bagian dalam. Jadi, jangan sampai keliru menggunakannya.

Bagian Luar

Sebelum anda membersihkan jendela bagian luar, anda perlu menghilangkan noda-noda yang menempel pada jendela tersebut. Siapkan sabun deterjen yang ringan, lebih bagus lagi bila anda menggunakan produk pembersih kaca khusus, serta sebuah spons yang bersih. Gosokkan busa tersebut pada permukaan kaca dengan sedikit tekanan, tentu dengan tambahan cairan pembersih sebelumnya.

Untuk debu-debu yang menumpuk dan sarang laba-laba, sebaiknya diseka dahulu memakai kain pembersih agar kondisi spons tidak terlalu kotor. Sedangkan untuk menghilangkan noda membandel, anda dapat menggosoknya dengan ampelas paling halus.

Bagian Dalam

Cara paling murah untuk membersihkan bagian dalam jendela adalah menggunakan kertas koran dan air. Sayangnya, cara ini terkadang akan meninggalkan bekas noda tinta di tangan anda. Cara lain yang lebih aman adalah memakai kain microfiber atau spons khusus pembersih kaca.

Tips Tambahan

Membersihkan jendela saat turun hujan akan membuat kotoran lebih mudah hilang. Selalu bersihkan kusen jendela terlebih dahulu sebelum anda mengelap bagian kaca. Ketika anda menggunakan cairan pembersih, pastikan jendela tetap dibuka agar aroma menyengat dari cairan tersebut bisa cepat menghilang. Usahakan membersihkan jendela mulai dari atas ke bawah.