Perawatan
May28

6 Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

tips-membeli-apartemen-untuk-pemula.jpg

Ingin tahu tips membeli apartemen untuk pemula? Mencari apartemen yang ideal sebagai tempat tinggal memang susah-susah gampang. Di satu sisi kita ingin mencari apartemen dengan lokasi dan fasilitas paling sempurna. Tapi di sisi lain, Anda juga harus berlomba-lomba dengan banyak orang-orang ahli. Sebab, banyak para investor yang juga melakukan perburuan kamar-kamar apartemen di Indonesia.

Jika Anda ingin lebih efektif dalam memilih apartemen yang bagus, pilihlah berdasarkan lokasinya. Pertimbangkan keistimewaan tempat di mana apartemen Anda nantinya berada. Jangan lupa juga perhatikan lingkungan sekitarnya sebab keamanan dan kenyamanan selama tinggal di apartemen itu penting.

Berikut ini 6 tips lengkap tentang faktor-faktor apa saja yang perlu Anda pertimbangkan dalam membeli apartemen :

1. Lokasi Apartemen

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, faktor lokasi memegang perananan yang paling penting. Jika Anda sudah berhasil menentukan lokasi yang sesuai dengan keinginan, barulah mencari tahu apartemen apa saja yang hendak dijual di lokasi tersebut. Sebagai contoh, apartemen apa saja yang sedang dijual di Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan sebagainya. Sebaiknya Anda mencari daftar apartemen-apartemen ini melalui internet. Sebab informasi yang bisa didapatkan di internet jauh lebih lengkap daripada informasi di media cetak. Perlu diingat bahwa harga apartemen tidak hanya didasarkan pada seberapa bagus apartemen tersebut dan apa saja fasilitas yang sudah disediakan di sana, tetapi juga keistimewaan lokasinya. Oleh karena itu, jangan heran jika harga apartemen di Bandung dan Garut memiliki perbedaan yang cukup jauh.

2. Keberadaan Fasilitas Umum

Faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah apa saja fasilitas umum yang ada di sekitar lokasi apartemen. Semakin banyak fasilitas yang ada maka akan semakin bagus. Fasilitas-fasilitas publik ini nantinya akan berguna bagi kehidupan Anda. Beberapa fasilitas yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu yaitu keberadaan halte bis, lahan parkir, pertokoan/mall, dan restoran.

3. Lakukan Survei Langsung

Setelah Anda menemukan apartemen yang sesuai dengan keinginan Anda. Maka langkah selanjutnya adalah mendatangi lokasi apartemen tersebut. Jangan lupa untuk menanyakan bagaimana kondisinya secara keseluruhan. Bersikaplah kritis dengan menanyakan seluruh kondisi yang ingin Anda ketahui.

4. Pastikan Apartemen dalam Kondisi Terawat

Cobalah berkeliling ruangan kamar apartemen dan buat catatan kecil tentang keadaan di tempat itu. Selalu jeli dalam melihat kondisi di dalamnya. Catat apa-apa saja yang perlu diperbaiki. Apabila diketemukan ada sesuatu yang rusak, minta lah kepada penjual untuk memperbaikinya terlebih dahulu sebelum Anda melakukan deal. Namun jika penjual sedang sibuk atau kurang mengerti bagaimana cara mengatasi kerusakan itu, Anda bisa memintanya untuk mengurangi harga pembelian kamar apartemen.

5. Biaya Tagihan Bulanan

Jangan lupa untuk menanyakan juga berapa biasanya besar tagihan bulanan listrik, air, dan tv (jika ada) yang harus dibayarkan. Anda juga perlu mengetahui biaya perawatan kamar apartemen setiap bulannya. Biaya-biaya ini nantinya juga akan menjadi faktor yang menentukan apakah apartemen tersebut sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

6. Tempat Parkir

Kondisi tempat parkir juga sangat penting Anda ketahui sebelum membeli apartemen. Tanyakan kepada penjual tentang kondisi dan keamanan tempat parkir di lokasi apartemen tersebut serta berapa biaya parkir yang biasa dia keluarkan.

Membeli apartemen baru memang lebih sulit daripada membeli rumah baru. Anda harus benar-benar kritis agar nantinya tidak kecewa akibat faktor-faktor lain di luar kondisi kamar apartemen milik Anda. Selamat berburu apartemen dan semoga tips kali ini membantu Anda dalam menemukan apartemen yang ideal.