Perawatan
Apr23

Tips Melindungi Rumah dari Pencuri

Akhir-akhir ini, banyak terjadi kasus pencurian barang-barang rumah di kota-kota besar Indonesia. Para pencuri tersebut tidak hanya mengambil uang tunai, perhiasan, dan barang elektronik, tetapi juga mengincar barang berharga lainnya. Bahkan beberapa kasus mengungkapkan bahwa pencuri tersebut juga menggondol barang paling berharga yang kita miliki. Aksi pencurian yang lebih modern, biasanya mereka mengambil dokumen penting dan informasi identitas keluarga.

tips-melindungi-rumah-dari-pencuri.jpg

Jika Anda tidak ingin kejadian ini melanda rumah Anda, cobalah tips meningkatkan keamanan rumah berikut ini :

1. Memasang Sistem Keamanan di Rumah

Kebanyakan pencuri yang mengetahui sebuah rumah telah terpasang sistem keamanan yang lengkap, akan berpikir seribu kali sebelum dia melakukan aksinya. Sistem keamanan juga mampu memberitahukan kepada Anda dengan mudah bahwa ada orang mencurigakan yang berada di sekitar rumah. Apabila rumah sampai disatroni pencuri pun, maka tersangka pencurian akan mudah ditangkap. Saat ini sudah banyak perusahaan yang melayani jasa keamanan rumah. Bahkan beberapa di antaranya juga menawarkan biaya pemeliharaan perangkat sistem keamanan secara gratis.

2. Perbaiki Segera Jendela yang Retak dan Pecah

Apabila Anda menemukan salah satu jendela di rumah mengalami kerusakan atau kacanya pecah, maka jangan menunda untuk memperbaikinya. Selain itu, hindari meletakkan benda-benda menarik perhatian di dekat jendela. Hal ini bisa menggoda pencuri untuk masuk mengambilnya.

3. Pencahayaan Pada Eksterior Rumah

Untuk menciptakan lingkungan eksterior rumah yang aman, Anda tidak perlu meneranginya secara keseluruhan. Cukup gunakan lampu taman dengan pancaran cahaya menyebar ke seluruh halaman. Lampu jenis motion sensing lights juga bisa meningkatkan keamanan rumah. Lampu ini mampu mendeteksi kehadiran manusia dengan menyala ketika ada orang di dekatnya.

3. Semak dan Pepohonan yang Rimbun Bisa Menjadi Persembunyian Pencuri

Rawat pertumbuhan tanaman yang ada di halaman rumah dengan memangkas daunnya secara rutin. Jika Anda tidak ingin repot, bisa dengan membangun taman model lanskap di mana tidak ada pohon yang tumbuh tinggi. Tanam beberapa pohon dan semak berduri di samping pagar sebagai penghalang alami.

4. Simpan Barang Berharga Jauh dari Pintu dan Jendela

Biasakan menyimpan barang-barang berharga Anda tersembunyi di dalam rumah agar tidak terlihat dari balik pintu dan jendela. Hindari menyimpan barang di tempat-tempat yang mudah ditemukan, seperti di bawah bantal, kasur, atau di dalam wadah kue.

5. Pintu Utama Rumah

Semua pintu yang menghubungkan interior dan eksterior harus terbuat dari pintu kayu dengan ketebalan minimal 2 inci. Jika tidak, Anda bisa menggantinya dengan memakai pintu yang terbuat dari logam dan besi.

6. Gagang Pintu dan Gerendel

Memasang gagang pintu saja belum cukup untuk melindungi rumah Anda. Tambahkan kunci gerendel di semua pintu rumah.

7. Biasakan Mengunci Jendela dan Pintu

Saat menjelang malam atau ketika ingin keluar rumah, pastikan semua pintu dan jendela sudah terkunci. Gunakan tirai jendela agar seseorang tidak bisa melihat isi rumah Anda.