Perawatan
Apr13

Tips Master agar Rumah Anda Selalu Bersih dan Rapi

Semua orang  tentu mendambakan rumah yang kondisinya selalu bersih dan rapi. Tidak terkecuali pula dengan Anda yang saat ini begitu menginginkan rumah tinggal yang rapi dan bersih setiap saat. Rumah yang kondisinya bersih dan rapi tentu akan memberikan manfaat positif bagi para penghuninya. Anda dan seluruh keluarga akan merasa nyaman hidup di rumah tersebut. Pikiran Anda pun akan senantiasa akan merasa segar, lapang, dan bahagia dengan suasana rumah yang bersih serta rapi.

Namun sayangnya kenyataan tidak selalu seindah harapan. Anda boleh-boleh saja bermimpi tentang rumah yang selalu bersih, di mana tidak ada kotoran di dalamnya. Anda juga dapat terus berandai-andai mempunyai rumah dengan perabotan-perabotan yang tertata rapi. Tapi apa daya, faktanya kondisi rumah Anda selalu berantakan dan kotor. Padahal Anda yakin sudah membersihkan suatu ruangan sebelumnya, tetapi entah mengapa ruangan tersebut menjadi tidak beraturan dan dipenuhi kotoran lagi.

rumah-bersih-dan-rapi.jpg

Kunci utama menjaga rumah selalu bersih dan rapi adalah mengubah kebiasaan lama Anda yang masih hidup secara sembarangan menjadi lebih teratur. Anda harus mau mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Sebenarnya bukan hanya Anda saja yang harus melakukan perubahan, melainkan seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut. Anda bisa memulainya dari masalah yang simpel. Contohnya mengembalikan lagi benda yang telah Anda ambil ke tempat sebelumnya.

Selain contoh di atas, masih ada banyak lagi kebiasaan buruk lama Anda yang harus diubah menjadi lebih baik. Berikut ini di antaranya!

Pajang Hanya Benda yang Digunakan

Anda mungkin memiliki kebiasaan untuk membeli lebih dari satu benda yang memiliki fungsi yang sama? Maksudnya sih untuk berjaga-jaga supaya jika benda tersebut hilang masih ada penggantinya. Saran kami, Anda hanya perlu mengeluarkan salah satunya saja. Sementara benda yang lainnya tetap disimpan di dalam gudang. Kemudian teliti lagi untuk memastikan semua benda yang terlihat memang benar-benar Anda gunakan. Singkirkan benda yang sama sekali tidak berfungsi ke gudang atau lemari penyimpanan.

Singkirkan Debu Serutin Mungkin

Kami yakin dalam sehari Anda mempunyai waktu luang beberapa kali, iya kan? Daripada waktu tersebut hanya dibuang untuk menonton sinetron di televisi, alangkah baiknya Anda juga melakukan bersih-bersih rumah yang ringan. Misalnya pekerjaan mengelap furniture dan perangkat elektronik bisa Anda lakukan sambil menonton televisi. Jangan hiraukan kondisinya sudah bersih atau tidak. Anda hanya perlu mengelap saja setiap hari. Dengan membiasakan diri melakukan pekerjaan yang ringan ini, tumpukan debu di rumah Anda bisa dihindari.

Taruhlah Pakaian Pada Tempatnya

Pakaian biasanya berceceran di sembarang tempat. Apalagi jika pakaian tersebut baru saja kering habis dijemur dan Anda harus melipatnya menggunakan setrika, ini merupakan pekerjaan yang paling merepotkan. Untuk menyiasati pikiran suntuk Anda, silakan Anda bisa menyiapkan makanan atau minuman favorit setiap kali akan menyetrika pakaian. Pasti perasaan Anda seketika berubah menjadi gembira. Selain itu, Anda juga harus tegas dalam membiasakan seluruh anggota keluarga untuk meletakkan pakaian pada tempatnya. Pakaian yang bersih harus berada di dalam lemari dan pakaian kotor wajib dimasukkan ke keranjang.

Jangan Buang Kertas Sembarangan

Kertas merupakan salah satu sampah yang paling banyak dihasilkan oleh rumah tangga saat ini. Coba periksa lagi di rumah Anda, apakah kondisinya sama? Sampah kertas memang awalnya cuma sehelai dan tidak mengganggu pemandangan. Namun seiring dengan berjalan waktu, jumlah sampah kertas tersebut semakin banyak. Ada baiknya Anda menyiapkan lemari yang cukup besar sebagai tempat untuk meletakkan kertas-kertas di rumah Anda. Kertas seperti surat tagihan, resep makanan, kupon diskon, dan lain-lain sebaiknya disimpan saja. Barangkali suatu saat Anda membutuhkannya.

Bersihkan Peralatan Masak Setelah Dipakai

Proses memasak dengan mudah akan membuat kondisi dapur yang sudah bersih menjadi kotor dan berantakan bak kapal pecah. Sebaiknya Anda tidak menunda-nunda waktu untuk membersihkan dapur tersebut. Anda akan merasa malas apabila merapikan dapur setelah menikmati makanan yang baru dimasak. Biasakan untuk membersihkan dapur secara langsung setelah Anda benar-benar selesai memasak. Mulailah dari pekerjaan yang paling sederhana seperti mengelap permukaan kompor dan menyapu lantai.

Cuci Piring Setelah Rampung Digunakan

Jangan remehkan piring yang kotor. Jika terus dibiarkan, dalam sehari piring-piring kotor ini akan terus bertambah, menumpuk, dan menggunung. Tumpukan piring yang kotor tentu akan menghasilkan pemandangan yang tidak sedap dipandang. Rumah Anda akan tampak kacau dan berantakan apabila dipenuhi piring kotor. Sebaiknya Anda membiasakan kepada diri sendiri dan keluarga untuk mencuci potong yang telah selesai digunakan. Ajarkan pula kepada anak Anda bagaimana mencuci piring yang benar agar kelak dia menjadi pribadi yang mandiri.

Rapikan Kamar Tidur Sebelum Keluar

Masing-masing orang di rumah Anda harus bertanggung jawab terhadap kondisi kamar tidurnya. Didiklah anak-anak Anda supaya mau membereskan tempat tidurnya sendiri setiap pagi. Beri tahu kepada mereka pentingnya kamar tidur yang bersih dan rapi. Ajarkan pula bagaimana cara melakukannya. Biasakanlah untuk membersihkan dan merapikan kamar tidur sebelum pemilik keluar meninggalkan ruangan tersebut. Sebab kalau sudah terlanjur berada di ruangan yang lain rasanya pasti malas untuk balik lagi ke kamar hanya untuk membereskannya.