Tips Cepat Menata Rumah Agar Rapi

Rumah yang rapi adalah idaman semua orang. Rumah seperti ini akan membuat suasananya menyenangkan dan membuat kita betah berlama-lama di dalamnya. Sayangnya, keterbatasan waktu dan tenaga membuat kita malas untuk menata rumah terus-menerus.

Berikut kami berikan solusinya :

1. Simpan Barang yang Dipakai dan Buang Semua Sampah

Cobalah berkeliling ke seluruh ruangan sambil membawa dua kantung plastik besar. Plastik pertama digunakan untuk menaruh benda-benda yang masih layak pakai dan bisa disumbangkan. Plastik kedua dipakai untuk mengantungi sampah-sampah yang berserakan di mana-mana. Biarkan untuk sementara benda-benda yang masih digunakan oleh anda. Anda bisa mengaturnya nanti setelah semua barang tak berguna sudah masuk ke dalam kantung.

Kadang-kadang ada benda yang sudah tak terpakai tapi sayang untuk kita buang. Masalahnya, benda-benda seperti ini umumnya sangat banyak dan menyesaki semua sudut rumah. Oleh karena itu, rajin-rajinlah menyeleksi ulang mana benda yang memang masih dibutuhkan dan mana yang sudah tidak menarik lagi. Jangan sampai interior yang bisa dibuat menarik, justru terlihat kacau akibat sampah-sampah yang menggunung.

Untuk benda-benda yang sudah tak berguna lagi, jangan lekas dibuang begitu saja. Anda masih bisa menyeleksinya dan menyumbangkannya ke yang membutuhkan, asal kondisinya masih layak pakai. Jangan sampai anda memberikan pakaian yang sudah berlubang ke orang lain.

2. Kelompokkan Benda-benda Menurut Sifatnya

Langkah selanjutnya adalah menaruh semua perlengkapan rumah per kelompok. Usahakan, pengelompokkan benda ini berdasarkan sifat yang sama dalam satu tempat penyimpanan.

Setelah anda mengelompokkan semua benda di rumah anda, berikutnya letakkan masing-masing benda tersebut di lokasi yang mudah dijangkau saat kita membutuhkannya. Ada kalanya peletakan benda bisa dilakukan secara terpisah. Sebagai contoh, di dapur, letakkan perabotan memasak yang digunakan sehari-hari di rak sedangkan perlengkapan yang jarang digunakan seperti loyang, mixer, piring antik, dapat disimpan di kabinet.

Beberapa benda yang bersifat sama juga sah bila disimpan di tempat yang berbeda. Asalkan peletakkan benda tersebut berada di tempat yang strategis. Misalnya, handuk bersih bisa ditaruh sekaligus di kamar mandi maupun di dapur.

3. Tempat Penyimpanan Cerdas dan Memadai

Pada umumnya, barang-barang yang diletakkan begitu saja akan terlihat berserakan dan membuat seisi rumah tampak berantakan. Tempat penyimpanan menjadi solusi paling ampuh untuk mengatasi hal ini. Cobalah berdiri di tengah-tengah ruangan, lihat sekeliling anda, perhatikan manakah benda yang seharusnya menjadi hiasan dan mana yang sebaiknya disembunyikan.

Simpan barang-barang secara tepat dan cerdas. Semakin banyak barang yang bisa disimpan maka rumah anda akan terasa semakin lega. Usahakan penyimpanan benda-benda kecil dilakukan secara berkelompok menurut tujuan penggunaannya. Sedangkan, untuk kunci kendaraan biasakan untuk meletakkannya di tempat khusus agar mudah ditemukan.

4. Biasakan Tindakan yang Positif

Membiasakan diri untuk meletakkan benda-benda di rumah anda pada lokasinya semula adalah kebiasaan yang baik. Usahakan setiap kali anda memakai sesuatu, bersihkan benda tersebut, lalu letakkan ke tempat asalnya.

Yang tak kalah penting, janganlah bersifat boros dengan membeli benda-benda yang tak begitu penting. Ingat, setiap kali anda membeli barang maka anda juga harus menyediakan tempat khusus untuknya.

Berikan perhatian yang lebih pada ruangan yang mudah kotor seperti dapur. Jangan biarkan tumpukan sampah dan piring kotor berada di sini. Rumah yang bersih akan membuat tampilannya terlihat rapi.