Perawatan
Jul18

Tips Super Ampuh Agar Kamar Mandi Tidak Bau

tips-agar-kamar-mandi-tidak-bau.jpg

Langkah pertama kali yang dapat Anda perbuat saat mencium aroma tidak sedap di kamar mandi adalah melacak keberadaan sumbernya. Ada banyak sekali kemungkinan sumber bau tersebut datang. Bisa jadi berasal dari wc/toilet, wastafel, lantai atau bahkan bak mandi? Nah, karena ada banyak kemungkinan sumber aroma ini berasal, maka kami menyiapkan tips penanganannya sesuai lokasi sumber bau :

1. WC/ToiletToilet atau wc bisa menjadi sumber pertama yang patut Anda curigai. Untuk menghilangkan bau di tempat ini, pertama-tama siapkan tisu toilet dan lipat seperti kain lap. Kedua, usapkan cairan pembersih di atasnya. Ketiga, gunakanlah untuk membasuh bagian tepi toilet. Keempat, ambil tisu toilet sekali lagi dan remas-remas. Buang remasan tisu ini ke dalam cekungan wc. Kelima, tuangkan beberapa tetes cairan pembersih wc di atasnya dan biarkan selama setengah jam. Keenam, Anda bisa menyiram wc hingga bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa menuangkan cairan pemutih dan biarkan semalaman. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan cairan pemutih tidak dianjurkan jika di rumah Anda terdapat anak-anak kecil.

2. Lantai di Sekitar Toilet

Kadang-kadang bagian lantai di sekitar toilet cenderung terlewatkan saat Anda membersihkan kamar mandi. Padahal bisa saja noda yang menumpuk ini menjadi sarangnya kuman dan bakteri pembawa aroma busuk. Adapun untuk mengatasi bau untuk daerah ini, Anda cukup mengelapnya dengan menggunakan kain pel dan deterjen/pembersih kamar mandi. Jangan lupa lindungi tangan Anda memakai sarung tangan atau plastik jika diperlukan.

3. Shower dan Bak

Meskipun jarang ditemukan kasus seperti ini, tapi shower dan bak bisa saja menjadi penyebab utama bau. Misalnya ketika aliran air terhambat, tercemar, atau tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama. Adapun untuk mengatasinya mudah sekali. Anda cukup menuangkan beberapa tetes desinfektan sebab bakteri lah yang menjadi pemicu utama bau di daerah ini. Cairan desinfektan ini mampu membunuh bakteri dengan cepat.

4. WastafelWastafel juga bisa menjadi sumber bau apabila kamar mandi dipakai oleh banyak orang. Langkah termudah untuk mengatasinya adalah dengan cara memberikan beberapa tetes desinfektan seperti pada poin sebelumnya.

5. Tempat Sampah

Menjaga kebersihan tempat sampah bisa sangat membantu menjaga kualitas udara di kamar mandi. Cobalah setiap kali Anda membersihkannya, pastikan tempat sampah sudah benar-benar kering sebelum Anda meletakkannya kembali ke kamar mandi. Tips lainnya adalah Anda bisa melapisinya dengan kantung plastik. Sehingga sampah basah yang dibuang akan masuk ke dalam kantung plastik dan tidak mengenai tempat sampah tersebut.

6. Tirai Shower

Periksa juga apakah ada noda yang menempel di tirai. Karena bisa jadi noda inilah yang menjadi penyebab utamanya. Langkah terbaik untuk membersihkannya sudah tentu dengan jalan mencucinya. Untuk menjaga aliran udara di dalam kamar mandi tetap lancar, posisikan tirai sedemikian rupa sehingga tidak mengakibatkan tumbuhnya jamur di balik tirai.

7. Lantai

Usahakan untuk rutin mencuci lantai kamar mandi terutama di sekitar toilet. Pastikan juga tidak ada lantai yang pecah di sana karena bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Adapun untuk faktor-faktor lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah gorden jendela dan kipas angin (fan). Jangan lupa membersihkannya secara rutin karena kedua benda ini berhubungan langsung dengan sirkulasi udara di kamar. Apabila Anda sudah memeriksa semua bagian ternyata baik-baik saja, maka bisa jadi sumber udara berada di balik kamar mandi.