Solusi Atasi Warna Cat Dinding yang Belang

Bagaimana solusi mengatasi cat dinding yang belang? Tidak dipungkiri kalau warna mampu memperindah desain rumah tinggal kita. Dengan warna tersebut, kita bisa menciptakan rumah yang memiliki tampilan sesuai selera. Setiap warna memiliki kesan dan arti yang berbeda-beda. Ada warna yang mampu menciptakan suasana yang begitu asri dan damai. Ada pula warna yang dapat meningkatkan nilai rumah menjadi lebih berkelas.

Kita membutuhkan cat dinding untuk mewarnai rumah. Cat ini dibuat secara khusus sehingga dapat melekat dengan baik di permukaan dinding bangunan. Beruntung sekali sebab sekarang kita bisa mendapatkan cat dinding dengan mudah. Anda bisa membeli cat dinding di toko bangunan terdekat dengan menyebutkan merek yang diinginkan. Kini cat dinding tidak sekadar berfungsi sebagai penghias, tetapi juga pelindung struktur dinding bangunan.

mengatasi-cat-dinding-belang.jpg

Kami percaya semua produk cat dinding telah dibuat dengan kualitas sebagus mungkin. Tetapi ada kalanya hasil dari pengecatan memakai produk tersebut tidak sesuai harapan. Misalnya cat yang tiba-tiba berubah menjadi belang padahal Anda belum lama mengaplikasikan cat dinding tersebut. Sebaiknya Anda jangan langsung mengambil kesimpulan kalau produk cat yang dipakai memiliki kualitas jelek. Sebab masalah ini juga bisa diakibatkan oleh faktor lingkungan, kondisi dinding, dan kesalahan Anda dalam mengecat.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah seperti ini, kami berikan solusi untuk mengatasinya!

  1. Pakailah Cat Dinding yang Sama

Di dalam satu kali proyek pengecatan, Anda wajib menggunakan produk cat dengan merek yang sama. Dilarang keras memakai cat yang berbeda-beda merek meskipun warnanya sama. Hal ini dikarenakan tingkat kekentalan cat antara merek yang satu dengan merek lainnya berbeda. Pengaruhnya terlihat pada tingkat kecerahan warna yang dihasilkan oleh produk cat tersebut.

Sebagai contoh, mula-mula Anda menggunakan cat merek A yang warnanya teal. Karena cat tadi habis, Anda pun membeli cat baru lagi. Namun kali ini cat merek B dengan warna teal juga. Setelah Anda selesai mengecat seluruh dinding barulah Anda menyadari kalau tingkat kecerahannya berbeda sehingga dinding terlihat belang. Solusinya adalah Anda harus melakukan pengecatan satu kali lapis lagi menggunakan cat yang sama.

  1. Lakukan Pengecatan 2-3 kali Lapisan

Hidup berhemat memang sangat dianjurkan. Tetapi berhemat harus dilakukan dengan cara yang bijaksana. Anda tidak boleh hanya mengaplikasikan satu kali lapisan cat dinding saja dengan alasan untuk menghemat biaya pengecatan. Anda menganggap kalau sekali lapisan cat tersebut sudah cukup untuk membuat dinding lebih berwarna. Tetapi kami jamin setelah kondisi cat mengering, warna dinding tadi akan memudar dan belang.

Jadi kerjakanlah proses pengecatan dengan metode yang benar. Kami sudah pernah menyampaikan caranya berulang-ulang kali. Kini tinggal Anda yang menentukan apakah mau mengikutinya atau tidak. Pengecatan yang benar harus dilakukan minimal sebanyak dua kali lapisan. Bila Anda ingin hasilnya lebih bagus, lapisannya benar-benar rata, dan mampu bertahan lebih lama, kami sarankan lakukan pengecatan hingga sebanyak tiga kali lapisan.

  1. Tunggu Kondisi Dinding Mengering Sempurna

Secara teori, dinding yang baru dibangun serta diberikan plesteran dan acian harus dibiarkan selama 28 hari terlebih dahulu supaya kondisinya benar-benar kering. Barulah setelah dinding tersebut mengering sempurna, Anda bisa mengaplikasikan cat tembok. Namun karena adanya panas matahari dan ventilasi udara, proses pengeringan ini pada kenyataannya bisa berlangsung lebih cepat.

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah mengecat dinding saat kondisi plesteran atau aciannya belum kering betul. Akibatnya kadar dan alkali yang masih terkandung tinggi di dalam dinding bisa keluar sewaktu-waktu dan merusak lapisan cat. Solusinya Anda bisa mengampelas permukaan dinding supaya lapisan cat terkelupas dan kandungan air di dalamnya cepat menguap. Setelah kondisi dinding sudah kering, Anda bisa melakukan pengecatan ulang dengan cara yang benar.