Perawatan
Oct24

Sering Dilakukan, Hal-hal Ini Justru Merusak Lantai Kayu

Sadarkah anda, sebenarnya ada hal-hal yang sering dilakukan kita justru merusak lantai kayu? Sebagai contoh adalah sering mengepel lantai. Mungkin jika pada lantai keramik, bentuk perawatan ini tergolong bagus. Tapi untuk lantai berbahan kayu, air dapat merusak lantai rumah anda.

kesalahan-merawat-lantai-kayu.jpg

Berikut ini Arafuru share kesalahan-kesalahan merawatan lantai kayu selengkapnya :

Memakai Alas Kaki

Kebanyakan kita memakai dan melepas sepatu di dalam rumah. Padahal jika anda menerapkan hal ini di interior berlantai kayu, maka siap-siap pesona lantai anda cepat memudar. Alas kaki dapat diibaratkan sebagai ampelas. Semakin kotor alas tersebut, maka semakin kasar pula ampelas yang mengenai lantai kayu anda.

Solusi untuk mengatasi hal ini, paling sederhananya adalah membiasakan diri untuk menanggalkan alas kaki ketika beraktifitas di dalam ruangan. Selanjutnya, tambahkan keset untuk meluruhkan kotoran yang mungkin masih menempel di kaki anda. Selain pintu utama, sebaiknya keset juga diletakkan di pintu dapur.

Membersihkan Lantai dengan Sapu

Banyak yang tidak menyadari bahwa sapu dapat merusak lantai kayu yang licin. Bilah-bilah ijuk yang kasar ini bila selalu digunakan, lama-kelamaan akan melukai permukaan lantai sehingga timbul goresan-goresan.

Agar hal ini tidak menimpa lantai anda, gantilah kebiasaan membersihkan ruang memakai sapu dengan penyedot debu. Prinsip kerja mesin ini akan menghisap semua kotoran yang ada di lantai tanpa mengenai permukaannya. Kalaupun anda masih ingin menggunakan sapu, pilih sapu dengan bulu yang halus seperti benang nylon.

Mengelem Karpet dengan Lantai

Permukaan lantai kayu yang licin membuat karpet mudah bergerak dan berantakan. Maka beberapa orang pun mencoba merekatkan keduanya memakai lem atau selotip. Hasilnya karpet tetap di posisi semula meski kita sering melangkah di atasnya.

Memang tujuannya bisa dikatakan bagus. Tapi anda harus bersiap-siap mengorbankan sebagian dari pesona lantai anda. Pasalnya ketika karpet sudah kotor dan akan dicuci, anda akan mengalami kesulitan dalam melepas karpet ini. Jika dipaksa, yang ada finishing lantai akan mengelupas. Oleh sebab itu, hindari melakukan hal ini dan selalu pilih karpet berbahan alami.

Tidak Memasang Bantalan Pada Kaki Furniture

Setiap furniture memiliki bobot yang lumayan berat dengan kaki yang kasar. Jika anda menaruh furniture di atas lantai begitu saja, maka pada lantai bekas alas furniture tersebut akan tampak warna yang kusam.

Demi menghindari kejadian merugikan ini, anda bisa memasang bantalan pada kaki-kaki furniture. Biasanya, bantalan-bantalan ini terbuat dari bahan karet atau silikon sehingga aman ketika mengenai lantai.

Sering Menggeser-geser Furniture

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, umumnya telapak kaki furniture luput dari proses finishing. Akibatnya, permukaan bagian ini pun masih sedikit kasar dan akan menimbulkan goresan jika sering mengenai lantai.

Cara yang benar untuk memindahkan furniture adalah dengan mengangkatnya, bukan menggeser, karena tidak akan menggores permukaan lantai sama sekali. Jangan sungkan meminta bantuan orang lain jika anda tidak kuat mengangkat furniture yang ingin dipindahkan tersebut.

Mengepel dengan Terlalu Banyak Air

Pada dasarnya, kayu sangat rentan terkena air. Air yang menggenang akan memicu kelembaban tinggi sehingga lantai pun mudah lapuk. Maka, anda sebaiknya tidak mengepel lantai kayu di rumah anda. Dengan membersihkannya memakai vacum cleaner saja, lantai sudah bersih.

Mengelap Lantai dengan Pembersih Kimia

Hindari membersihkan lantai memakai cairan pembersih kimia. Sifatnya yang keras akan merusak tampilan finishing lantai kayu. Bahkan, pembersih yang mengandung wax akan melunturkan warna lantai menjadi tampak keputih-putihan.

Memelihara Kucing dan Anjing

Memiliki hewan peliharaan yang lucu seperti kucing dan anjing memang menyenangkan. Namun hal sebaliknya justru terjadi bila rumah anda berlantai kayu. Secara naluri, kedua hewan ini senang “mengasah” kuku-kukunya di permukaan kayu. Anda bisa membayangkan bagaimana rupa lantai anda setelah dicakar oleh hewan kesayangan anda ini.

Nah, jika anda tertarik memasang lantai kayu di rumah, sebaiknya keinginan anda untuk memelihara hewan diurungkan dulu. Kalaupun tetap memaksa, anda harus rutin memotong kuku kucing dan anjing peliharaan anda tersebut.