Petunjuk Cara Poles Lantai Granit

Bagaimana cara poles lantai granit? Semua orang tentu menginginkan lantai di rumahnya bersih bersinar setiap saat. Sayangnya lantai yang semula tampak indah akan menjadi kusam karena memiliki banyak goresan di permukaannya. Banyaknya noda membandel yang menempel di pori-pori lantai tersebut juga membuat tampilannya kelihatan tidak menarik.

Anda tidak dapat membersihkan lantai yang kondisinya sudah demikian ini hanya dengan mengepel permukaannya. Diperlukan upaya yang lebih maksimal untuk bisa mengembalikan pesona dari lantai tersebut. Cobalah dengan memoles permukaannya. Anda bisa memakai bahan pemoles yang mengandung kristal dan wax supaya lantai terlihat mengkilap.

cara-poles-lantai-granit.jpg

Khusus buat Anda yang hendak memoles lantai granit, ikuti panduan berikut ini :

Alat-alat yang digunakan :

  • Mesin polisher
  • Vacuum cleaner wet & dry
  • Diamond disc nomor 500-3.000
  • Buffing pad merah

Bahan-bahan yang dipakai :

  • Floor cleaner
  • Air

Langkah-langkah pengerjaan:

  1. Siapkan mesin polisher. Kemudian pasanglah diamond disc yang nomor 500 terlebih dahulu.
  2. Basahi permukaan lantai yang ingin dipoles. Caranya Anda bisa menyiram lantai tersebut memakai air secukupnya.
  3. Nyalakan mesin polisher dengan hati-hati. Gunakan mesin tersebut untuk memoles lantai secara perlahan-lahan dan teliti. Lakukan gerakan pemolesan yang searah dan berkali-kali sampai didapatkan hasil yang maksimal.
  4. Bekerjalah secara teratur dan jangan pernah meloncat-loncat. Dalam setiap tahap pemolesan, usahakan luas area bidang kerja Anda tidak lebih dari 1 m2. Setelah bidang kerja tersebut rampung digarap, barulah kemudian Anda boleh berpindah ke bidang kerja lain yang terletak di sampingnya dan luasnya juga tidak boleh lebih dari 1 m2. Kerjakan langkah-langkah ini hingga seluruh permukaan lantai berhasil dipoles dengan baik.
  5. Selama pekerjaan pemolesan berlangsung, usahakan kondisi permukaan lantai tetap lembab. Pastikan lantai tidak terlalu basah agar tidak mengganggu jalannya proses pemolesan. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner wet & dry untuk menyedot air yang menggenangi permukaan lantai.
  6. Setelah langkah keempat di atas selesai Anda kerjakan, kini waktunya untuk mengganti diamond disc yang dipasang di mesin polisher dengan diamond disc nomor 800 yang memiliki ukuran lebih halus. Kemudian lakukan proses pemolesan dengan teknik yang sama seperti metode di atas. Demikian seterusnya upaya pemolesan tersebut dilakukan secara bertahap dan selama beberapa kali sampai Anda memasang diamond disc paling halus yakni nomor 3.000. Jika Anda sudah memoles lantai granit memakai diamond disc nomor 3.000 artinya pekerjaan yang dilakukan sudah dianggap selesai.
  7. Sekarang waktunya untuk melakukan proses finishing. Mulailah dengan membasahi permukaan lantai dengan air secukupnya. Lalu tuangkan pula floor cleaner dengan jumlah sesuai kebutuhan.
  8. Pasanglah buffing pad merah pada mesin polisher dengan baik. Setelah itu, lakukan proses pemolesan menggunakan mesin ini dengan teknik yang sama seperti di atas.
  9. Langkah selanjutnya ialah menyedot air yang membasahi permukaan lantai sampai benar-benar kering. Anda bisa mengelapnya menggunakan kain yang bersih untuk memastikan kondisi lantai sudah mengering dengan sempurna.
  10. Kini Anda bisa mengaplikasikan bahan pemoles ke permukaan lantai granit biar kelihatan lebih mengkilap. Kami sarankan pakailah bahan pemoles yang mengandung wax dan kristal serta aman bagi kesehatan.