Perawatan
Jun9

Petunjuk Cara Merawat Peralatan Masak di Dapur

Bagaimana cara merawat peralatan masak di dapur? Masak-memasak adalah salah satu kegiatan di rumah yang sangat menyenangkan. Anda bisa bereksplorasi secara bebas dengan resep-resep yang baru dikumpulkan dari internet. Lebih-lebih jika makanan yang dibuat terasa lezat dan disenangi oleh seluruh anggota keluarga.

cara-merawat-peralatan-masak.jpg

Peralatan Masak

Biar tidak mengganggu, peralatan masak di dapur harus selalu dirawat secara tepat sehingga lebih awet. Bayangkan jika anda sedang menggebu-gebunya ingin mencoba resep baru tapi ternyata panci atau wajan berlubang. Kan itu tidak lucu? Nah supaya kejadian tersebut tidak menjadi kenyataan, yuk ikuti petunjuk cara merawat peralatan masak dari Arafuru berikut ini :

  1. Biasakan mencuci peralatan masak hingga bersih sesaat setelah memakainya. Disarankan mencuci alat-alat tadi menggunakan bahan pembersih yang aman, tidak bersifat abrasif, dan tidak mengikis materialnya. Lebih baik lagi jika anda membersihkan peralatan masak dengan tangan kosong karena tidak berisiko menggores permukaan alat dan tidak melunturkan warna alat. Sebaiknya juga hindari penggunaan alat pencuci piring sebab jika tidak teliti dalam memakainya maka alat tadi dapat menyebabkan goresan yang cukup dalam.
  2. Untuk perlengkapan masak berbahan stainless steel, anda direkomendasikan mencuci alat tersebut memakai kain dan cuka. Cuka dikenal efektif sebagai penghilang noda-noda yang bersifat membandel. Sedangkan jika peralatan tersebut gosong akibat terkena suhu tinggi, cucilah menggunakan abu gosok dengan spons hingga membentuk pasta, lalu bilas sampai bersih. Pada umumnya alat-alat yang terbuat dari stainless steel tahan terhadap goresan, jadi anda boleh membersihkannya memakai alat pencuci piring.
  3. Peralatan masak yang terbuat dari tembaga bisa dicuci dengan spons dan air sabun hangat. Sementara untuk mempertahankan warna kuning keemasannya biar tidak pudar, anda bisa melumuri seluruh permukaan alat tersebut memakai sari tomat atau sari lemon. Biarkan air sari buah tadi meresap ke dalam pori-pori peralatan masak, kemudian bilas menggunakan air hangat dan keringkan segera.
  4. Alat-alat memasak dari bahan antilengket atau non-stick dapat dibersihkan memakai air hangat dan hindari menggunakan air panas. Spons halus dan air sabun hangat bisa dimanfaatkan untuk menghapus noda-noda yang membandel. Sedangkan untuk menghilangkan bagian belakang peralatan masak yang berwarna kehitaman akibat gosong, cobalah mengusapnya memakai abu gosok secara perlahan. Perlu diketahui, goresan pada permukaan antilengket tidak bisa diperbaiki sehingga anda harus sangat berhati-hati dalam merawat peralatan masak non-stick.
  5. Apabila anda memiliki alat masak gerabah berbahan tanah liat, biasakanlah merendam alat tadi di dalam air selama 20-30 menit supaya kondisinya pasti bersih. Hindari meletakkan peralatan tanah ini di tempat-tempat yang bersuhu ekstrim seperti freezer dan oven karena rawan pecah. Pencucian gerabah bisa dilakukan dengan memakai baking soda dan biarkan selama 10 menit, setelahnya bilas kembali sampai bersih.