Petunjuk Cara Merawat AC di Rumah yang Baik

Bingung bagaimana cara merawat AC yang baik? Air Conditioner (AC), di kota-kota besar merupakan perangkat elektronik yang biasa digunakan di dalam rumah. Tingkat polusi di daerah perkotaan sudah sangat ekstrim sehingga udara pun terasa panas dan kering. Keberadaan AC mampu membuat udara di dalam rumah terasa sejuk dan lembab. Penggunaan AC yang selalu dinyalakan membuat perangkat ini harus mendapatkan perawatan ekstra. Jika tidak, AC pun akan cepat rusak dan anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.

Berikut ini beberapa petunjuk umum bagaimana merawat AC agar lebih awet :

Saran

  1. Bersihkan saringan udara perangkat AC indoor seminggu sekali agar kualitas sirkulasi udara yang berputar di dalam ruangan bersih.
  2. Pastikan semua ventilasi udara, termasuk pintu dan jendela, tertutup rapat saat menyalakan AC agar udara yang dihasilkan tidak terbuang keluar.
  3. Letakkan semua alas kaki, termasuk sandal dan sepatu, di luar ruangan agar kotoran partikel debu yang menempel tidak terhisap oleh AC yang mengakibatkannya cepat sekali kotor.
  4. Bersihkan bagian-bagian AC secara keseluruhan minimal 3 bulan sekali. Untuk panduan membersihkan AC secara lengkap bisa anda akses di sini.
  5. Usahakan peletakkan AC tidak terhalangi oleh benda-benda berukuran besar, semisal lemari, karena akan menyebabkan udara yang keluar masuk melalui perangkat tersebut menjadi terhambat/AC kurang dingin.
  6. Tambahkan perangkat stabilizer agar tegangan listrik di rumah anda tetap stabil dan matikan AC ketika tegangan tiba-tiba turun.
  7. Periksa kedudukan AC yang menempel di dinding, pastikan posisinya tidak miring yang akan mengakibatkan kebocoran.
  8. Cek kondisi terminal rangkaian elektronik, pastikan tidak ada komponen yang rusak/meleleh karena akan menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek.
  9. Pastikan tekanan low preasure dan high preasure pada perangkat AC outdoor tetap stabil.
  10. Cek kekokohan kisi-kisi penopang perangkat AC dan jangan lupa untuk membersihkannya dari debu-debu yang menempel.
  11. Usahakan untuk memilih produk perangkat AC yang berlabel hemat energi.

Larangan :
Selain saran-saran di atas, hindari juga memperlakukan AC dengan cara sebagai berikut :

  1. Jangan merokok di ruangan ber-AC karena asap dan partikel debu yang ditimbulkannya akan mengotori AC.
  2. Hindari meletakkan AC di dapur karena aktifitas memasak yang menimbulkan panas dan asap mampu merusak AC secara perlahan.
  3. Letakkan perangkat AC outdoor terlindung dari terik matahari dan cipratan hujan.
  4. Hindari meletakkan perangkat AC outdoor dan indoor secara berjauhan karena kualitas udara yang telah dihasilkan akan mudah berubah.
  5. Hindari menyetel suhu AC di bawah 22 derajat celcius sebab akan memaksa mesin bekerja ekstra terus-menerus.
  6. Hindari menggunakan selimut tebal karena bisa menahan suhu panas yang dikeluarkan oleh tubuh manusia.
  7. Hindari meletakkan perangkat AC outdoor di tepi jalan raya sebab akan membuat mesin bekerja keras untuk mendinginkan udara yang sudah tercemar tersebut.
  8. Jangan membiarkan AC kotor berlama-lama karena tumpukan debu bisa mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek.

Silahkan hubungi kontak kami jika anda mengalami kendala dalam proses perawatan AC di rumah. Semoga membantu! 🙂