Perawatan
Sep16

Perawatan Rumput Gajah Mini yang Benar

Bagaimana cara perawatan rumput gajah mini? Desain rumah menjadi kian sempurna berkat adanya taman di depannya. Taman yang ditumbuhi berbagai macam tanaman hias serta bunga berwarna-warni terlihat menarik sekali. Di bagian bawahnya terdapat hamparan padang rumput yang tumbuh subur, asri, berwarna hijau segar. Sungguh sebuah tempat tinggal idaman semua orang.

Tahukah Anda, ada banyak jenis-jenis rumput hias yang biasa ditanam di taman depan rumah. Salah satunya adalah rumput gajah mini. Dinamakan demikian karena rumput ini mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada rumput gajah lokal. Jadi bakal kelihatan lebih indah tatkala sudah membentuk sebuah padang rumput yang luas. Oleh karena itu, kebanyakan hunian di Indonesia kini dihiasi dengan rumput gajah mini.

perawatan-rumput-gajah-mini.jpg

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh rumput gajah mini ialah perawatannya yang gampang sekali. Bahkan kalau dibandingkan dengan merawat rumput jepang, Anda lebih mudah memelihara rumput yang berjenis gajah mini. Hal ini dikarenakan rumput gajah mini hanya membutuhkan penyiraman dengan air sebanyak satu kali per hari dan pemupukan secukupnya. Karena memiliki pertumbuhan yang lambat, pemangkasan rumput ini juga tidak terlalu rutin.

  1. Penyiraman dengan Air

Semua tanaman membutuhkan air untuk mendukung kehidupannya, termasuk rumput gajah mini yang Anda tanam. Kabar baiknya adalah kebutuhan air pada rumput ini tidak terlalu banyak. Sehingga Anda bisa menyiram rumput sebanyak satu kali setiap hari. Tetapi bila Anda mempunyai waktu luang yang cukup, sah-sah saja kalau mau menyiramnya pada pagi dan sore hari.

Pada saat menyiram rumput memakai selang, jangan langsung mengarahkan air ke rumput. Sebab tekanan air yang terlalu kuat akan merusak hamparan rumput gajah mini tersebut. Sebaiknya Anda mengarahkan selang ke udara sehingga air akan berjatuhan layaknya air hujan. Kalau tidak mau repot, Anda bisa membeli alat penyiram tanaman otomatis di www.alatperabotan.com ya.

  1. Berikan Pupuk secara Berkala

Unsur hara yang terkandung di dalam media tanam lama-kelamaan akan habis tersedot oleh akar tanaman. Guna mengembalikan bahan organik tersebut, Anda wajib memberikannya pupuk. Terdapat cukup banyak jenis-jenis pupuk yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh rumput gajah mini. Di antaranya yaitu pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk urea, dan pupuk NPK.

Anda harus mau mempelajari fungsi dan kegunaan masing-masing dari pupuk tersebut agar dapat menggunakannya secara tepat. Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan berdasarkan petunjuk pada kemasannya. Hindari terlalu banyak memberikan pupuk sebab bisa mengakibatkan tumbuh terlalu cepat. Apalagi untuk pupuk kimia, di mana pemberian pupuk kimia yang berlebih justru akan menyebabkan rumput mati.

  1. Berantas Gulma yang Ada

Gulma adalah tanaman-tanaman yang tumbuh di tempat yang tidak tepat sehingga keberadaannya tidak diinginkan. Menariknya jika biasanya rumput gajah mini menjadi gulma bagi tanaman pertanian, tetapi ketika sengaja memelihara rumput maka Anda wajib membebaskannya dari gulma lain. Mayoritas gulma rumput gajah mini berasal dari tumbuhan teki-tekian dan alang-alang.

Hamparan rumput gajah akan terlihat cantik sekali tanpa adanya gulma yang tumbuh di sela-selanya. Itu sebabnya, Anda perlu memberantas semua gulma tersebut. Caranya bisa dilakukan dengan mencabut semua gulma yang tumbuh menggunakan tangan atau bantuan arit. Pastikan Anda mencabut gulma tadi sampai ke bagian akarnya. Lakukan secara berkala setiap sebulan sekali.

  1. Pemangkasan Sebulan Sekali

Rumput gajah mini akan terlihat bagus apabila tumbuh layaknya sebuah karpet berwarna hijau. Ukuran helaian-helaian daunnya kecil dan tumbuh secara rapat. Jika rumput tersebut terlalu panjang, keindahannya justru menjadi sirna. Hamparan rumput tampak terlalu rimbun, ukurannya tidak sama, dan terkesan tidak terawat. Taman Anda bakal dipenuhi oleh semak belukar.

Pemangkasan wajib dilakukan paling tidak setiap sebulan sekali tergantung tingkat pertumbuhannya. Kalau Anda sudah melihat ukuran rumput gajah mini terlalu panjang, sebaiknya lakukan pemangkasan dengan segera. Untuk dapat memangkas rumput gajah mini, silakan Anda gunakan gunting atau pisau taman khusus. Anda bisa membeli peralatan taman berkualitas terbaik di www.tokotanaman.com.

  1. Kebutuhan Sinar Matahari

Rumput gajah mini juga membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang cukup. Cahaya mentari ini akan mendukung dalam melakukan proses fotosintesis untuk mengubah bahan organik dan air menjadi makanannya. Rumput gajah mini yang mampu mendapatkan sinar matahari cukup akan tumbuh subur, pertumbuhannya menyamping, dan daunnya mini. Berbeda jika tanaman kekurangan sinar mentari akan menyebabkan pertumbuhannya ke atas dan memiliki daun yang lebar.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah pijakan. Sebisa mungkin minimalkan pijakan kaki Anda di atas rumput gajah mini sebab kekuatan dan daya tahannya tidak terlalu baik. Pertumbuhan rumput yang sering diinjak akan terganggu. Bahkan tak jarang rumput tersebut mati sehingga menyebabkan tanaman menjadi gundul. Jadi kalau bisa sediakan pijakan-pijakan khusus dari batu di taman Anda sehingga helaian daun rumput akan tetap terjaga keindahannya.